Contoh Kerja Part Time serta Keuntungan & Surat Lamaran yang Benar

kerja-part-time-adalah

Part time adalah salah satu istilah dalam dunia kerja yang cukup terkenal di berbagai kalangan. Jenis pekerjaan ini tidak hanya bisa diambil oleh para orang-orang yang sudah tidak terikat dengan pendidikan, para pelajar atau mahasiswa juga dapat mengambil kerja part time di samping kesibukan kuliah.

Ada banyak jenis kerja part time yang bisa diambil untuk menambah pundi-pundi rupiah. Buat kamu yang tertarik ingin bekerja secara part time, baca dulu yuk pengertian, jam kerja normalnya, dan apa saja contoh pekerjaanya!

Table of Contents

Apa Itu Part Time?

Jika dilihat dari arti per katanya, part time dalam bahasa Inggris berarti “setengah/paruh waktu”. Secara lebih luas, part time adalah sebuah jenis pekerjaan setengah waktu yang cukup fleksibel. Jika kamu kebetulan tidak bisa bekerja sesuai jadwal shift, kamu bisa bertukar shift dengan rekan kerjamu.

Para pekerja part time hanya bekerja setengah waktu dari para pekerja full-time. Jika pekerja full time biasanya bekerja selama 8 jam per hari, maka jam kerja part time biasanya hanya selama 3-4 jam saja per hari. Atau jika dihitung per minggu maka hanya bekerja selama 20 jam. Untuk pembagian waktu bekerja, biasanya ditetapkan oleh pekerjaan.

Perbedaan Freelance dan Part Time

Apa sih perbedaan pekerja lepas dengan pekerja paruh waktu? Kebanyakan orang cenderung mencampurkan pengertian keduanya menjadi satu hal yang sama. Padalah, dedua jenis pekerjaan tersebut jelas memiliki perbedaan. Meskipun keduanya dilakukan di luar jam kerja full-time, namun ada poin yang mendasari perbedaan kedua jenis pekerjaan tersebut.

(1) Waktu Kerja

Jika para pekerja part time tidak dapat mengatur waktu kerjanya secara bebas (jam kerja diatur sesuai kebutuhan pekerjaan), maka lain halnya dengan freelance. Para pekerja freelance lebih diberi kebebasan dalam mengatur jam kerjanya. Asalkan deadline terpenuhi, maka semua bisa aman terkendali.

(2) Upah yang Diberikan

Upah atau gaji part time biasanya mencapai angka kurang lebih 50% dari gaji para full-time atau pekerja tetap. Penghasilan yang didapat pun sudah ditulis sejak awal dalam surat kontrak. Sedangkan freelance biasanya diberi upah sesuai dengan proyek yang dikerjakan. Jadi, sistem freelance biasanya tidak mengenal adanya upah pasti setiap bulannya.

Keuntungan Bekerja Secara Part Time

Salah satu keuntungan mengambil pekerjaan secara part time adalah kamu bisa bekerja di beberapa tempat sekaligus. Berikut ini beberapa keuntungan lain yang bisa kamu dapat saat memilih kerja secara part time:

(1) Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya adalah dengan mengambil kerja part time. Bagi para karyawan yang ingin mendapat tambahan penghasilan, kalian bisa mengambil pekerjaan part time setelah menyelesaikan jam kerja full time-nya. Atau bagi para mahasiswa dan pelajar yang ingin menambah uang jajan dan tabungan, kalian juga bisa mencoba jenis pekerjaan part time yang bisa disambi dengan kegiatan kuliah.

(2) Mendapat Pengalaman dan Skill Baru

Kerja part time memberikanmu kesempatan untuk menambah pengalaman dan skill baru yang yang bisa kamu asah untuk meningkatkan karier di masa depan. Dengan begitu, kamu akan lebih banyak mempelajari sesuatu dan menambah bekal ketika kelak akan memasuki dunia kerja sebagai seorang full-time.

Pengalaman dan skill baru yang kamu dapatkan selama melakukan part time juga bisa menambah tulisan di CV kamu.

(3) Mengatur Waktu dengan Baik

Menjadi part time berarti kamu sudah selangkah lebih maju, karena mampu membagi waktu luangmu untuk melakukan hal yang bermanfaat dan menghasilkan uang.

(4) Menyalurkan Hobi

Kamu juga bisa menyalurkan hobi lewat kerja part time, lho. Misalnya, saat ini kamu bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi sebagai designer. Namun, di samping itu kamu adalah pencinta kopi dan suka mengeksplor resep-resep kopi yang lezat, maka kamu bisa mengambil pekerjaan part time sebagai barista di sore atau malam hari. 

Contoh Kerja Part Time

Beberapa contoh kerja part time di bawah ini bisa menjadi referensimu. Kira-kira ada nggak ya pekerjaan yang paling cocok untuk kamu?

(1) Waiter/Barista

Seiring membludaknya kedai-kedai kopi & kafe-kafe di kota-kota besar dan sekitarnya, waiter atau barista menjadi salah satu pekerjaan part time yang bisa kamu pilih. Selain banyak dibutuhkan, pekerjaan ini juga bisa dilakukan pada sore atau malam hari. Sehingga, kamu bisa melakukan pekerjaan tersebut seusai menyelesaikan kuliah atau pekerjaan lainnya.

(2) Fotografer

Untuk kamu yang cukup lihai dalam memotret sebuah objek, kamu bisa mencoba part time sebagai fotografer. Ada banyak pilihan pekerjaan fotografer yang bisa kamu ambil, seperti fotografer untuk pre-wedding, wedding, atau bahkan fotografer untuk model dan iklan.

(3) Content Writer

Memiliki kemampuan menulis, jangan disia-siakan. Manfaatkan sepenuhnya untuk berbagi ilmu dan menambah jumlah uang di tabungan. Kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai content writer part time untuk mengisi suatu blog. Atau bahkan jika kamu memiliki bidang keahlian, kamu bisa menulis artikel ilmiah bersama para ahli-ahli lain.

(4) Desainer

Satu lagi contoh pekerjaan part time yang bisa kamu ambil, yaitu desainer atau ilustrator. Kamu bisa mengambil peran di industri kreatif dengan menampilkan karya-karya hasil desain-mu. Selain lumayan menjanjikan, kamu juga bisa menambah portofolio kerjamu, lho. 

Contoh Surat Lamaran Kerja Part Time

Setiap akan melamar pekerjaan ke suatu perusahaan, pasti membutuhkan yang namanya CV dan surat lamaran. Lalu, bagaimana ya contoh surat lamaran kerja untuk para pekerja part time? Lihat contoh di bawah, yuk!

                                                                                     Bandung, 1 Maret 2022

Kepada Yth,
Bapak/Ibu HRD Perfect Coffee
Di tempat

Perkenalkan, saya Grace Putri, seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Panutan Bangsa. Bersama dengan surat lamaran kerja ini, saya bermaksud  ingin melamar pekerjaan sebagai part time Barista di Perfect Coffee.

Saya sangat tertarik melamar pekerjaan di posisi ini. Kecintaan saya pada kopi tidak hanya sekedar mencicipi dan menikmati seduhannya, tetapi saya juga sudah paham betul tentang seluk beluk dan jenis-jenis kopi di dunia. Bahkan saya sering terjun langsung ke perkebunan kopi yang ada di Lembang.

Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai part time waiter di beberapa restoran bintang lima. Saat ini saya juga masih aktif bergabung dengan komunitas pencinta kopi Bandung.

Saya sangat berantusias untuk belajar lebih lagi tentang kopi dan cara menyajikannya. Saya juga siap untuk bekerja dengan jadwal shift yang ditentukan perusahaan.

Untuk melengkapi dokumen lamaran saya, di bawah ini saya lampirkan CV dan portfolio saya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan yang baik.

Terima kasih atas waktu dan peritmbangannya.

Hormat Saya
Grace Putri

Itulah penjelasan selengkapnya tentang apa itu kerja part time. Buat kamu yang tertarik mengasah dan menambah skill baru, kamu bisa terus pantengin kelas webinar Cakap Upskill!

Referenci:
-my.skil.co.id
-workmate.asia
-talenta.co.id
-glints.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.