Cara Menjadi Influencer di Berbagai Media Sosial

cara menjadi influencer
Cara Menjadi Influencer di Berbagai Media Sosial

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “influencer”? Istilah ini begitu akrab di telinga kita sebagai pengguna media sosial dalam beberapa tahun belakangan ini. Menariknya, tidak sedikit yang ingin menjadi influencer karena selain terkenal juga bisa menghasilkan uang. 

Potensi influencer sebagai sebuah profesi pun semakin terlihat, terutama dengan masifnya Social Media Marketing dari waktu ke waktu. Dalam beberapa kasus, bahkan ada influencer yang meninggalkan pekerjaan kantoran untuk menjadi full-time influencer

Nah, dalam bahasan kali ini kita akan mencari tahu lebih dalam mengenai apa itu influencer, cara menjadi influencer yang baik, serta influencer di berbagai media sosial. Simak penjelasan selengkapnya, yuk! 

Apa Itu Influencer

apa itu influencer
Photo by Los Muertos Crew from Pexels

Influencer, seperti namanya, adalah orang-orang yang dapat mempengaruhi orang lain. Dalam konteks marketing, mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi calon pembeli untuk membeli suatu barang atau jasa. Hal ini dilakukan dengan mempromosikan atau merekomendasikan barang atau jasa tersebut melalui media sosial. 

Influencer marketing termasuk cara yang cukup ampuh karena biasanya sudah memiliki audiens yang sesuai dengan target market. Tidak hanya dari kalangan selebriti, influencer juga bisa berasal dari kalangan komunitas lain yang memiliki peran tertentu. Misalnya seperti penulis, pengajar, atau sekadar orang yang memiliki minat yang tinggi terhadap suatu bidang. 

Umumnya, influencer dengan audiens atau pengikut yang setia hanya berfokus pada satu bidang yang menjadi daya tarik pengikutnya. Dengan demikian, hal tersebut dapat membuka peluang untuk bekerjasama dengan brand dari produk atau jasa tertentu untuk menjangkau target pasar mereka. 

Cara Menjadi Influencer Media Sosial

cara menjadi influencer sosmed
Photo by Gustavo Fring from Pexels

Bagi kamu yang ingin menjadi influencer, nggak ada salahnya untuk mulai dari awal meskipun saat ini followers-mu di sosmed belum mencapai angka ribuan. Kali ini Cakap ingin berbagi beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk memulai perjalanan sebagai influencer

1. Miliki Personal Branding

Jika diperhatikan, setiap influencer terkenal pasti memiliki persona atau citra diri yang selalu mereka tampilkan di media sosial. Misalnya influencer A identik dengan informasi dan tips seputar kosmetik dan kecantikan. Atau influencer B kerap berbagai info-info seputar parenting dan sering meng-endorse produk-produk ibu dan anak. 

Nah, mulai lah dari menentukan persona yang ingin kamu bangun untuk sosial mediamu yang mana berfokus pada bidang tertentu. Pastikan kamu memang memiliki ketertarikan khusus terhadap bidang yang ingin kamu dalami. Akan lebih baik juga jika kamu memiliki pengalaman yang memang relevan sesuai latar belakang pendidikan atau pekerjaan. 

2. Tentukan Target Pasar

Setelah menentukan persona yang ingin kamu tampilkan, kamu juga harus sekaligus memikirkan siapa target atau audiens dari konten-kontenmu. Audiens ke depannya akan berperan penting tidak hanya untuk konten-kontenmu, melainkan juga untuk brand yang akan melakukan endorsement ke depannya. 

Kamu harus jeli melihat apa yang lebih diminati oleh audiens atau followers sehingga ke depannya dapat menentukan brand yang akan bekerjasama. Kamu wajib mengetahui rentang usia pengikutmu serta preferensi mereka terhadap jenis konten, atau produk dan informasi yang bisa kamu berikan. 

Siapkan Dirimu Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

3. Buat Rencana Konten (Content Plan)

Konten adalah hal yang paling penting bagi seorang influencer, karena menghubungkan mereka dengan audiens atau followers. Hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset terhadap jenis-jenis konten yang biasa disajikan untuk menarik perhatian target market tertentu. Kamu bisa mencari inspirasi dari beberapa influencer di bidang yang sama, lho!

Setelah mengetahui jenis-jenis konten yang menarik, kamu bisa mulai mengaplikasikannya ke dalam rencana konten milikmu. Idealnya, seorang influencer sudah membuat rencana konten yang akan tayang dalam satu bulan ke depan. Dengan demikian, kamu punya waktu untuk mempersiapkan masing-masingnya. 

4. Posting Konten Sesuai Jadwal

Setelah menentukan jenis-jenis serta konsep dari konten yang akan ditayangkan, hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah jadwal tayang. Konsistensi penayangan konten dari seorang influencer sesuai jadwal juga akan mempengaruhi minat dan loyalitas audiens atau pengikut di media sosial. 

Akan lebih baik jika kamu selalu konsisten menayangkan konten tiga kali seminggu, misalnya, daripada hanya jika sempat. Selain lebih membuat algoritma media sosial mengenali aktivitasmu, hal ini juga akan berpengaruh terhadap minat dan loyalitas audiens. Dengan konsistensi, audiens akan mengenali pola postinganmu dan lebih berminat mengikutinya. 

5. Interaksi dengan Audiens

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, audiens atau followers memiliki peranan besar untuk keberlangsungan kontenmu. Interaksi dengan mereka bisa mempertahankan loyalitas karena membuat mereka merasa lebih terkoneksi denganmu. Selain itu, tidak jarang audiens dapat memberimu inspirasi konten untuk dibuat ke depannya juga, lho!

Cara berinteraksi di sini bisa dengan menyukai atau membalas komentar/pesan yang kamu terima. Selain itu, terkadang kamu juga bisa mendengarkan pendapat mereka dengan membuat polling atau meminta pendapat secara langsung di kolom komentar. Dengan demikian, audiens akan merasa lebih dihargai dan hubungan baik dengan followers pun akan terbangun. 

Menjadi Influencer di Beberapa Media Sosial

Photo by cloudlynx from Pixabay

Kelima hal di atas adalah hal-hal yang wajib secara umum untuk memulai karier sebagai influencer media sosial. Nah, selanjutnya, ada beberapa tips untuk kamu yang ingin menjadi influencer di media sosial tertentu. Yuk, simak! 

Tips Menjadi Influencer Instagram

Sebagai media sosial yang paling digandrungi saat ini, kamu bisa mendapatkan pengikut dengan menjadi influencer di Instagram. Berikut adalah tips yang perlu kamu tambahkan selain kelima hal di atas: 

  • Rencanakan konten dalam berbagai format seperti foto, video, gif, dll. 
  • Manfaatkan beragam fitur yang ada, mulai dari feeds, instastory, reels, instagram live, dan sebagainya. 
  • Sesekali adakan sesi tanya jawab secara langsung dengan Instagram Live.
  • Ikuti influencer lainnya dalam bidang yang sama.
  • Jangan ragu untuk mengikuti trend yang ada.
  • Pelajari perubahan algoritma.

Tips Menjadi Influencer TikTok

Saat ini TikTok tidak kalah populer dibandingkan instagram, terutama jika kamu ingin memiliki pengikut dari kalangan Millennials dan Gen Z. Terapkan kelima cara di atas untuk memulai dan lanjutkan dengan tips berikut ini ya! 

  • Format konten di TikTok hanya tersedia dalam bentuk video, oleh karena itu perlu variasi topik untuk mempertahankan minat audiens. 
  • Ikuti dan berinteraksilah dengan akun-akun dengan minat dan persona yang serupa.
  • Jangan ragu untuk mengikuti trend yang sesuai dengan personamu.
  • Gunakan musik yang sedang populer sebagai backsound.
  • Maksimalkan fitur-fitur yang ada.
  • Cobalah untuk selalu kreatif dan jangan takut mencoba hal yang baru.

Tips Menjadi Influencer Shopee

Sudah tahu belum kalau marketplace seperti Shopee sekarang punya program afiliasi? Kamu bisa mengikuti program ini tanpa minimum followers dan mendapatkan komisi, lho! 

  • Daftarkan dirimu sebagai affiliates dalam Program Afiliasi Shopee.
  • Tentukan produk yang ingin kamu ulas dan rekomendasikan melalui akun media sosialmu. 
  • Dapatkan custom link produk dan buatlah konten dengan mencantumkan link tersebut.
  • Kamu dapat mencantumkan custom link di description box YouTube, bio atau swipe up link Instagram, dalam postingan Facebook, thread Twitter, dan kolom komentar, bio, maupun caption TikTok. 

Nah, demikianlah artikel mengenai cara menjadi influencer versi Cakap untuk berbagai media sosial. Hal terpenting untuk menjadi influencer adalah menyediakan konten yang berkualitas serta relevan dengan audiens atau target pasar. Selain itu konsistensimu dalam menayangkan konten juga harus dipertahankan, ya!

Sembari mempersiapkan diri jadi influencer, kamu juga bisa banget untuk mengikuti berbagai kurus terkait Social Media Marketing di Cakap Upskill, lho! Dapatkan berbagai keterampilan baru mulai dari tips dan trik, hingga bagaimana membaca statistik dan engagement langsung dari praktisi profesional. Daftar dikelas pilihanmu sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: