Panduan Ukuran Feed Instagram untuk Semua Tipe Konten

ukuran-feed-instagram

Instagram adalah media sosial berbagi foto dan video yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Menurut laporan WeAreSocial, pengguna Instagram di Indonesia sendiri sudah mencapai 99,15 juta per 2022. Media sosial ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, tetapi saat ini Instagram dimanfaatkan dalam berbisnis.

Ada banyak konten yang bisa kita unggah di Instagram, mulai yang formatnya Story, Reels, dan Feed. Ukuran Feed Instagram sendiri juga bermacam-macam, sehingga kamu harus memilih ukuran yang tepat agar performa kontenmu maksimal. Nah, agar kamu lebih memahami bagaimana cara memilih ukuran Feed Instagram yang sesuai konten, yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut!

Table of Contents

Memahami Perbedaan Rasio dan Resolusi

Sebelum mengetahui tentang macam-macam ukuran Feed instagram, agar lebih mendalami sekiranya kamu perlu mengenal apa itu rasio dan resolusi. Rasio adalah tinggi dan lebarnya gambar yang biasanya akan dituliskan dengan format x:y. Misalnya rasio 1:1, ini berarti ukuran foto setiap sisinya sama, atau berbentuk square

Sementara, resolusi adalah jumlah pixel penyusun tinggi dan lebar suatu gambar. Besar kecilnya resolusi berpengaruh pada kualitas foto atau video kamu. Sehingga, semakin tinggi resolusi, semakin bagus kualitas fotonya.

Macam-macam Ukuran Feed Instagram Terbaru

Feed Instagram adalah halaman profil pada media sosial Instagram untuk menampilkan semua foto dan video yang kamu unggah. Feed akan terlihat jika seseorang mengunjungi profilmu, kecuali jika kamu mengaktifkan mode privasi.

Meski terlihat sama, namun ternyata kamu bisa mengunggah Feed dengan berbagai ukuran loh. Apa saja ukuran Feed Instagram? Berikut di antaranya.

1. Landscape/Horizontal Post

Landscape atau horizontal post adalah jenis ukuran Feed Instagram yang melebar ke samping, berbentuk persegi panjang. Ukuran ini sering digunakan untuk mengunggah foto pemandangan agar terlihat secara menyeluruh.

Format rasio untuk Instagram Feed berbentuk landscape adalah 16:9 dan resolusinya minimal 1080 x 608 agar kualitas konten baik dan jelas. 

2. Square Post

Square post adalah ukuran paling basic dalam Feed Instagram dan juga paling umum digunakan. Konten ini berbentuk persegi dan memiliki rasio 1:1 atau semua sisinya sama. Sementara, untuk menampilkan kualitas konten yang baik, gunakan resolusi 1080 x 1080 pixels. 

3. Instagram Stories

Selain di Feed, fitur Story Instagram juga bisa kamu manfaatkan untuk mengunggah konten. Biasanya Story justru mendapatkan lebih banyak engagement, meski terhapus dalam waktu 24 jam. Meski demikian, kini Instagram atau IG telah memiliki fitur arsip yang memungkinkan kamu bisa mengunggah ulang.

Instagram Story memiliki rasio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920. Tidak hanya fitur arsip, IG juga memiliki fitur Highlight yang memungkinakan kamu menyimpan Story di halaman profil Instagram.

4. Vertical Post

Vertical Post adalah kebalikan dari landscape post. Jenis ukuran Feed Instagram ini diunggah memanjang. Biasanya, ukuran tersebut digunakan untuk konten-konten OOTD (Outfit of The Day) agar semua elemen pakaian terlihat dari atas sampai bawah.

Sesuai dengan ketentuan Instagram, format rasio untuk foto instagram ini adalah 4:5. Jika tidak menyesuaikannya, maka foto dan video kamu akan terpotong. Sementara, agar terlihat jelas, gunakan resolusi 1080 x 1350 pixels.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

5. Video Post

Melihat perkembangan fitur Instagram saat ini, biasanya orang akan mengunggah video di Reels karena bisa memuat banyak durasi. Namun, kamu tetap bisa mengunggah video di Feed Instagram dengan berbagai ukuran.

Sesuai kebutuhan, misalnya teaser film, maka biasanya orang akan menggunakan ukuran landscape. Berikut rasio dan resolusi yang bisa diimplementasikan dalam konten video Instagram untuk Feed:

  • Video square: Resolusi 1080 x 1080 dengan rasio 1:1
  • Video horizontal/landscape: Resolusi 1080 x 608 pixels dengan rasio 16:9
  • Video vertical: resolusi 1080 x 1350 pixels dengan rasio 4:5

6. Instagram Reels

Instagram Reels adalah konten video yang akan turut muncul dalam Feed, namun IG juga menyediakan fitur menu khusus Reels. Ukuran Feed Instagram untuk konten Reels sama dengan Story.

Reels menggunakan rasio 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 pixels jika ingin konten terlihat jelas. Biasanya, ketika kamu mengambil video menggunakan HP, maka ukurannya akan sama dengan Reels.

7. Konten Carousel

Apa itu konten Carousel? Carousel adalah konten foto yang terpotong-potong namun menyambung dalam satu post. Carousel terdiri dari lebih satu foto dalam satu postingan yang terhubung satu sama lain seperti tampilan slide

Jenis postingan ini adalah yang paling sering digunakan untuk brand atau bisnis, terutama untuk konten infografis. Carousel juga disebut sebagai salah satu jenis postingan di Feed yang paling banyak mendatangkan engagement

Pentingnya Menggunakan Ukuran Feed Instagram yang Tepat

Feed Instagram adalah bagian profil yang menampilkan berbagai kontenmu. Sehingga, memperhatikan setiap elemennya, termasuk ukuran merupakan hal penting. Kualitas visual sangat dipertimbangkan dalam branding media sosial. 

Oleh karena itu, menggunakan ukuran Feed Instagram yang tepat akan membantu meningkatkan kualitas kontenmu. Misalnya begini, video pemandangan biasanya diatur dengan rasio landscape. Namun, ketika kamu menggunakan square, bisa saja bagian dari videonya terhapus dan tidak bisa dinikmati secara menyeluruh.

Selain itu, dalam konteks bisnis, konten media sosial yang tidak rapi akan berpengaruh pada first impression customer. Tidak dapat dipungkiri bahwa audiens atau calon pelanggan lebih tertarik dengan konten rapi dan berkualitas.

Itulah penjelasan mengenai apa saja ukuran Feed Instagram yang tepat dan bagaimana cara menyesuaikannya dengan konten kamu. Kini, Instagram menjadi media sosial efektif untuk promosi bisnismu, namun tetap saja kualitas konten menjadi hal penting untuk diperhatikan untuk menarik perhatian customer.

Nah, jika kamu ingin mengembangkan skill content creation bersama profesional, coba saja kelas Content Creator bersama Gita Savitri di CAKAP Upskill. Ada pula berbagai kelas di berbagai bidang yang bisa kamu pilih, lho! Yuk, kembangin skill kamu di bersama Cakap! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi 

  • Tailwindapp.com 

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.