Dari Pengalaman Expert, Apa Aja Manfaat Public Speaking?

public speaking

Nervous, cold-sweat, shaking hands, siapa yang pernah mengalami itu ketika hendak berbicara di depan banyak orang? Public speaking bisa terdengar menakutkan bagi sebagian orang. However, the power of good public speaking is why we’re drawn to Kick Andy’s show and Raditya Dika’s jokes. 

Kedua figur publik tersebut nggak asing untuk kita. Kemampuan public speaking membuat keduanya dikenal baik oleh masyarakat luas. Nggak hanya itu, banyak banget manfaat yang bisa kamu ambil dari kemampuan public speaking. Kalau dilihat dari mereka yang sudah expert di bidang ini, kira-kira apa saja sih?

Simak dulu yuk, manfaat public speaking yang bisa kita lihat dari public speaker di bawah ini!

To Create Your Own Personal Branding

source: giphy.com

Percaya diri dan lucu merupakan dua kata yang bisa mendeskripsikan Pandji Pragiwaksono. Yup, itu adalah personal branding yang dibangun olehnya melalui kemampuan public speaking yang ia miliki. 

Kemampuan public speaking dapat mengembangkan personal branding kamu agar dirimu kerap diingat oleh banyak orang. Dengan memiliki skill public speaking dan membangun personal branding kamu ke publik, opportunity dalam karir hingga koneksi juga akan ikut berkembang.

Ditambah lagi, kalau kamu fasih dialog bahasa Inggris dan bisa berbicara di depan publik menggunakan bahasa Inggris dengan lancar, personal branding mu bisa kamu kembangkan ke kancah internasional lho!

To Develop Your Career

source: giphy.com

Pernah dengar nama Oprah Winfrey? Winfrey memulai karir public speaking-nya sebagai news anchor untuk kantor berita lokal CBS. Salah satu acaranya yang paling terkenal adalah “The Oprah Winfrey Show” yang sukses ditayangkan dari tahun 1986 hingga 2011.

Memiliki kemampuan public speaking dalam dibuktikan oleh Winfrey sebagai aspek yang sangat penting dalam perkembangan karir. Melalui public speaking, kamu juga dapat menambah leadership skill, persuasion skill, dan menambah network dalam karir. 

Kalau kamu lancar dalam pidato bahasa Inggris, skill tersebut dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan. Fresh graduates, this is your time to learn public speaking!

To Improve Your Self Confidence!

source: giphy.com

Coba bayangkan kalau kamu harus presentasi di depan client, eh, kamu malah takut dan nggak percaya diri. Kamu seharusnya bisa mempersuasi client, tapi rasa nggak percaya diri membuat kamu gugup. 

Najwa Shihab pernah bercerita, di siaran pertamanya, ia sangat gugup hingga salah menyebut nama sendiri. Yup, being nervous is normal. Maka dari itu, untuk menambah rasa percaya diri dalam public speaking, kita juga harus sering berlatih. Hal yang sama juga pernah dirasakan Najwa Shihab hingga akhirnya ia terkenal sebagai public speaker yang kritis dan tegas.

Public Speaking for Advocacy

source: giphy.com

Oprah Winfrey memenangkan penghargaan Cecile B. DeMille Award dalam ajang Golden Globes di tahun 2018. Speech yang ia bawakan berhasil memainkan perasaan pendengarnya. Alasannya karena ia menceritakan kisah mengenai perempuan people of color yang berani berbicara yang merupakan isu krusial baginya.

Selain untuk mengembangkan diri, public speaking juga dapat menjadi wadah untuk kita menyuarakan isu-isu dengan tujuan meningkatkan kesadaran publik. Pidato yang dibawakan Winfrey tidak hanya menunjukkan bahwa ia merupakan public speaker yang handal, namun juga menyuarakan suara dari mereka yang tidak memiliki kesempatan tersebut.

To Enhance Your Research Skill

source: giphy.com

Public speaker yang baik tidak berbicara dengan membaca teks, tapi mereka menyiapkan apa yang mau disampaikan sebelumnya. Kemampuan research mengenai suatu topik sangat dibutuhkan dalam dunia kerja profesional. Nggak mau kan, berbicara di depan umum tapi kamu juga nggak paham dengan apa yang mau dibicarakan?

This is where research skill is needed. Kamu bisa memulai dengan mengetahui jenis teks apa yang ingin kamu bawa untuk speech mu, bisa descriptive text maupun narrative. Pastikan research yang kamu tulis nanti juga berhasil mengembangkan critical thinking kamu ya!

To Learn to be Calm in the Middle of Pressure

source: giphy.com

Tekanan memang ada ketika melakukan public speaking. Namun, jika kamu sering berlatih, kamu juga akan semakin mengetahui cara-cara mu dalam mengelola diri ketika di bawah tekanan. Kalau di awal kamu masih berkeringat dingin, dengan sering berbicara di depan publik, kamu akan lebih santai berbicara di depan orang banyak.

Hillary Clinton pernah mengatakan, “If you’re not comfortable with public speaking – and nobody starts out comfortable; you have to learn how to be comfortable – practice.” Kunci dari public speaking ada di seberapa sering kamu mengasah kemampuan tersebut. Ingat, nggak ada yang langsung sempurna. Semuanya butuh proses!

Wah, ternyata manfaat public speaking banyak banget, ya? Kemampuan public speaking sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, mulai dari lingkup kampus hingga dunia kerja. Kalau kamu sudah bisa menguasai kemampuan yang satu ini, say no more fear to presentation! Kemampuan berkomunikasi kamu pun juga akan ikut berkembang!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google