Sering Merasa Tidak Maksimal Saat Presentasi? Simak 7 Tips Ini!

cara-presentasi-yang-baik-dan-benar

Minggu lalu kamu sudah belajar tentang tips menjadi moderator yang baik. Tidak jauh dari topik tersebut, mari selami topik lain seputar presentasi. Sebagian besar dari kalian mungkin sudah pernah melakukan presentasi baik di kelas, kampus, kantor, maupun acara webinar. Melakukan presentasi tidak hanya asal bicara dan membaca materi di depan para audiens, lho. Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan presentasi. Baik cara penyajian maupun interaksi dengan audiens. Buat kamu yang akan menggelar presentasi, coba cek cara presentasi yang baik dan benar berikut, yuk!

Percaya Diri

 

cara-presentasi
Photo from Freepik

Membangun rasa percaya diri merupakan awal dari cara presentasi yang baik. Semua orang pasti sudah tahu bahwa percaya diri adalah kunci, namun tidak semua orang dapat membangun hal tersebut dengan tepat dan benar. Membangun rasa percaya diri bisa dimulai dengan rasa nyaman, baik dengan tempat, maupun topik yang akan dibawakan.

Menguasai dan Memahami Materi

 

cara-presentasi-yang-baik
Photo from Pexels

Salah satu hal yang juga bisa meningkatkan rasa percaya dirimu adalah menguasai dan paham betul dengan materi yang akan dibawakan. Maka dari itu, pastikan kamu sudah benar-benar siap membawakan materi tersebut. 

Sebelum presentasi berlangsung, kamu bisa melakukan riset lebih dalam tentang materi yang akan dipresentasikan. Semakin dalam pengetahuanmu tentang materi, presentasimu akan semakin baik.

Menyampaikan Materi Secara Jelas dan To the Point

 

cara-presentasi-yang-benar
Photo from Pexels

Setelah memahami materi, next step yang harus kamu lakukan adalah berusaha menyampaikan materi secara jelas dan to the point. Cara presentasi yang satu ini dilakukan untuk menghindari rasa bosan bagi audiens yang mendengarkan. Sampaikanlah poin-poin dengan jelas dan tidak bertele-tele. Coba untuk fokus pada bagian pembukaan dan penutupan presentasi, karena biasanya bagian ini merupakan bagian paling diingat audiens.

Eye Contact dengan Audiens

 

cara-membuka-presentasi
Photo from Freepik

Cara presentasi yang baik dan benar selanjutnya adalah melakukan eye contact dengan audiens. Melakukan kontak mata dengan audiens dapat membangun hubungan yang lebih intens. Jangan sampai kamu hanya terfokus pada materi dan salindiamu saja. Komunikasikan apa yang ingin kamu sampaikan lewat mata dan tutur kata.

Bangun Antusiasme

 

cara-presentasi-untuk-mahasiswa
Photo from Freepik

Antusiasme menjadi salah satu cara membuka dan melakukan presentasi yang baik. Selalu tunjukan antusiasme atau minat yang besar terhadap presentasimu. Dengan begitu, kamu juga akan menciptakan gairah dan gelora semangat para audiens untuk terfokus padamu.

Sense of Humor

 

tips-presentasi
Photo from Freepik

Menyelipkan sense of humor juga menjadi salah satu cara presentasi yang baik dan benar. Melemparkan humor pada audiens akan memecah suasana hening dan kaku. Sense of humor juga bisa dijadikan ice breaking, yang dapat memberi jeda agar para audiens tidak selalu dihadapkan pada situasi yang serius.

Lakukan Simulasi Sebelum Presentasi

 

cara-presentasi-yang-baik-untuk-mahasiswa
Photo from Pexels

Cara presentasi yang baik dan benar yang terakhir adalah melakukan simulasi atau latihan. Sebelum melakukan presentasi di hari H, usahakan kamu sudah pernah berlatih sebelumnya. Simulasi akan membantumu lebih lancar dan terbiasa dengan materi yang akan dibawakan. 

Nah, karena sekarang kamu sudah tahu cara-cara presentasi yang baik dan benar, jangan lupa terapkan 7 tips di atas untuk memaksimalkan presentasimu, ya!

Baca Juga: