Ingin Jadi Penyiar Radio? Cek Syarat, Tugas, dan Skill Wajibnya!

penyiar-radio

Seorang penyiar radio adalah yang menggeluti profesi di bidang industri penyiaran. Banyak orang yang memiliki skill berkomunikasi dengan baik, memilih profesi sebagai penyiar radio. Kira-kira kenapa ya? Apa sepenting itu kelihaian berkomunikasi dalam profesi yang satu ini? Skill berkomunikasi tentu sangat diperlukan, karena pada dasarnya profesi ini didominasi dengan perbincangan yang asik dan nggak bikin bosan pendengar.

Di artikel Upskill kali ini, kami akan mengajak Sobat Cakap sekalian untuk lebih mengenal profesi yang satu ini. Tidak hanya pengertian, akan ada penjelasan seputar tugas, skill yang harus dimiliki, cara menjadi penyiar yang baik, dan contoh naskah penyiar radio. Tunggu apa lagi, let’s check it out!

Table of Contents

Pengertian Penyiar Radio

Penyiar radio atau radio announcer adalah seseorang penyeru yang bertugas menyiarkan informasi kepada para pendengar radio. Siaran yang dilakukan biasanya menampilkan banyak acara, seperti membacakan berita terbaru secara langsung (baik berita yang bernuansa politik, ekonomi, sosial, maupun olahraga), mengadakan acara bincang-bincang, atau bahkan memutar musik-musik terupdate.

Untuk menjadi penyiar radio profesional, kamu perlu perbanyak latihan dan belajar dari proses magang, tidak hanya itu, pada umumnya kamu juga memerlukan gelar sarjana dengan jurusan yang berkaitan dengan penyiaran.

Jurusan kuliah terkait yang bisa kamu ambil saat ingin menjadi penyiar radio adalah jurusan Sastra dan Bahasa Asing, Ilmu Komunikasi, Film dan Televisi. Hal tersebut dikarenakan beberapa jurusan tersebut mempelajari ilmu mata kuliah broadcasting, ilmu komunikasi, serta film dan televisi.

Tugas Penyiar Radio

Selain menyiarkan acara di radio dan menjadi wajah yang membangun citra program radio yang dibawakan, ada juga lho tugas dan tanggung jawab lain yang diemban oleh penyiar radio.

  •  Menyiapkan skrip untuk siaran. Apabila skrip sudah disiapkan, maka penyiar radio tetap harus membaca ulang menganalisa skrip tersebut sebelum siaran.
  • Membawakan siaran dengan materi yang sudah ditentukan.
  • Memberikan informasi ter-update yang sedang hangat dibicarakan atau yang belum banyak diketahui.
  • Menciptakan suasana yang mampu membangun mood dan semangat bagi para pendengar.
  • Memimpin jalannya wawancara (apabila ada bintang tamu).
  • Memutar lagu-lagu dalam daftar playlist yang sudah dibuat atau menerima request lagu dari pendengar.

     

 

Skill yang Harus Dimiliki

Skill apa saja sih yang harus dimiliki dan dikuasai jika ingin menjadi penyiar radio profesional dan terkenal? Cek penjelasan di bawah, yuk!

(1) Terampil dan Pandai Berkomunikasi

Ini dia nih salah satu skill kunci yang harus dimiliki penyiar radio. Tidak hanya mampu, tetapi seorang penyiar radio harus memiliki keterampilan dalam berkomunikasi. Skill ini sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi secara efektif, membangun siaran yang nyaman, asyik, dan menyenangkan para audiens.

(2) Berpikir Kritis

Menjadi seorang penyiar radio, berarti harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis. Mampu mengolah argumen dengan cepat, serta dapat memikirkan solusi dengan gesit apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi dalam sebuah siaran.

(3) Memiliki Wawasan Musik

Biasanya salah satu program dalam siaran radio pasti ada section playlist musik dari berbagai macam genre. Maka, mau tidak mau para penyiar radio harus memiliki wawasan musik yang luas, tidak hanya mendengarkan dan update musik-musik dengan genre kesukaan saja, musik-musik genre lain juga harus digali lebih dalam lagi.

(4) Reading Comprehension

Tidak hanya cukup dengan membaca naskah siaran saja, tetapi penyiar radio juga harus memiliki skill reading comprehension atau pemahaman terhadap naskah bacaan. Singkatnya, baca naskahnya, pahami isinya, baru mulai siarannya.

penyiar-radio-adalah
Photo from Freepik

Jenjang Karier Penyiar Radio

Ada pun jenjang karier yang bisa diraih oleh seorang penyiar radio adalah sebagai berikut:

(1) Reporter

Biasanya dalam sebuah industri televisi maupun radio, sebelum kamu memulai karier sebagai penyiar, kamu bisa memulainya dengan menjadi seorang reporter. Reporter dan wartawan adalah kedua yang berbeda, ya.  Kamu bisa mulai mengenal cara menjadi reporter yang pernah Cakap kulik di artikel sebelumnya. 

(2) Penyiar

Setelah menjadi reporter, kamu bisa melanjutkan perjalanan kariermu menjadi seorang penyiar radio atau news anchor yang bertugas untuk memberikan informasi pada masyarakat lewat medium radio.

(3) Produser

Tangga karier selanjutnya yang bisa kamu jajaki setelah menjadi seorang penyiar radio profesional adalah produser. Pada tingkatan produser, kamu menjadi orang yang bertanggung jawab untuk mengatur program radio yang berjalan. Produser memastikan kelancaran dan kelangsungan program radio, serta memberikan pengarahan pada penyiar.

Tidak hanya sampai pada jenjang karier sebagai produser saja, penyiar radio juga bisa menjadi produser eksekutif atau bahkan stasiun manager, lho.

Contoh Teks Opening Penyiar Radio

Gimana sih contoh naskah penyiar radio yang seru untuk opening? Lanjut baca, yuk!

Contoh 1

Radio Kreatif Space

Yap, hai, hai, hai! Selamat siang Sobat Kreatif di mana pun kalian berada. Seneng banget nih, Ayana Syamsir bisa menyapa kalian lagi. Seperti biasa udah jam 3 nih, saatnya Kreatif Space menemani siangmu di weekend kali ini selama 1 jam ke depan.

Ada banyak informasi keren yang sudah menunggu untuk dibacakan nih Sobat Kreatif, ada juga jadwal-jadwal performing-arts di seluruh Indonesia, dan tentunya ada musik-musik kece yang bakal temenin kalian ngegalau. So, stay tuned terus ya, Ayana juga siap banget menerima request lagu serta salam-salam dari Sobat Kreatif di rumah.

Contoh 2

Radio Kreasi Warna

Kreasi Friends, apa kabarnya nih? Semoga kalian selalu sehat-sehat dan bahagia ya di mana pun berada. Rasanya seneng banget nih di Senin yang cerah ceria ini bisa hadir lagi menyapa kalian semua.

Siang-siang jam 12 gini enaknya dengerin siaran radio bareng Gritte buat nemenin makan siang kalian di hari pertama kerja. Buat nambah semangat dan mood di hari Senin, Gritte udah siapin rangkuman berita viral minggu ini. Tapi sebelum itu, kita dengerin dulu yuk, playlist keren yang satu ini.

Itu dia pembahasan lengkap tentang profesi penyiar radio. Tidak hanya dari segi pengertian, penjelasan di atas juga memberikanmu gambaran tentang naskah atau skrip opening radio yang singkat lugas. 

Buat kamu yang ingin menekuni profesi satu ini, jangan lelah untuk terus mengasah skill yang kamu miliki. Atau, kamu juga bisa lho mengambil kelas kursus penyiar radio di Upskill bersama para ahli dilengkapi ilmu yang dibutuhkan dunia kerja saat ini. Semoga bermanfaat!

Referensi:
-bestaccreditedcolleges.org
-romeltea.com
-purbakuncara.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.