Reporter: Pengertian, Tugas, Skill, dan Bedanya dengan Wartawan

reporter adalah
© freepik

Profesi reporter adalah profesi yang terdengar cukup familiar bagi kita, bukan? Hanya saja, tidak sedikit yang ragu apakah reporter itu orang yang membawakan berita, melakukan liputan, atau orang yang menulis berita. Ada pula yang bingung apakah reporter dan wartawan itu merupakan profesi yang sama. Apakah kamu salah satunya?

Nah, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai profesi reporter, mulai dari pengertian, gaji, tugas, hingga cara menjadi reporter. Simak sampai habis, ya!

Apa Itu Reporter? 

Menurut KBBI, reporter adalah orang yang pekerjaannya melaporkan (berita, peristiwa, dan sebagainya). Biasanya reporter bekerja pada sebuah media dan secara khusus mencari dan melaporkan berita untuk media tersebut. 

Puluhan tahun lalu profesi reporter mungkin identik dengan media seperti surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Seiring berkembangnya teknologi, saat ini profesi reporter juga dapat menuliskan dan melaporkan berita untuk media online bahkan kanal media sosial.  

Sementara itu, seseorang yang diwawancarai oleh reporter disebut narasumber. Dari narasumber itulah reporter akan mendapatkan informasi sebagai berita.

Tugas Reporter

Terdapat beberapa job desc reporter yang perlu kamu ketahui, berikut di antaranya:

1. Mengumpulkan informasi dan mendokumentasikannya

Dalam melakukan tugas ini, tidak heran jika reporter identik dengan alat rekaman, kamera, serta catatan kecil. Tidak jarang reporter juga harus melakukan wawancara terhadap beberapa narasumber untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang suatu peristiwa. 

2. Melaporkan berita dalam bentuk lisan atau tulisan

Sesuai dengan namanya, tugas reporter selanjutnya adalah melaporkan sebuah informasi atau berita yang didapatkan kepada publik. Laporan ini tidak terbatas dalam bentuk tulisan, namun juga bisa disampaikan langsung secara lisan lewat tayang berita seperti di radio atau televisi. 

Perbedaan Jurnalis, Reporter, dan Wartawan

Setelah mengetahui apa itu reporter dan juga tugas-tugasnya, sekarang kamu pasti bertanya-tanya apakah reporter sama dengan wartawan. Selain itu, ada pula istilah jurnalis yang juga sepertinya berkaitan dengan keduanya.

Dalam KBBI sendiri, kata “wartawan” termasuk ke dalam salah satu definisi dari kata “reporter” dan kata “jurnalis” termasuk dalam definisi kata “wartawan”. Dengan kata lain, ketika istilah ini sebenarnya memiliki makna yang sama dan dapat menjadi sinonim satu sama lain.

Selain itu, dalam buku Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature, dan Esai (2006) karya F. Rahardi disebutkan bahwa definisi pekerjaan ketiganya adalah sama. Jadi, perbedaannya hanya terletak pada penggunaan istilah untuk merujuk pekerjaan yang sama.

Belajar Skill Bersertifikat di Upskill Cakap dan Raih Karier Impianmu!

Cara Menjadi Reporter yang Baik

Setidaknya ada dua syarat menjadi reporter yang bisa kamu lakukan jika ingin berkarir sebagai reporter di mana depan, yaitu: 

Pendidikan di bidang Jurnalistik atau ilmu terkait

Jurusan kuliah untuk menjadi seorang reporter adalah S1 di bidang Jurnalistik atau yang berkaitan. Misalnya seperti Broadcasting, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Komunikasi, dan sebagainya.

Dalam jurusan-jurusan tersebut biasanya akan ada mata kuliah yang berkaitan dengan peliputan berita, penulisan, dan penyampaian berita. Ini lah yang nantinya akan menjadi bekal dasar bagimu dalam menjalani profesi reporter. 

Mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) & Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ)

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengikuti UKW dan UKJ untuk mendapatkan sertifikasi yang menunjukkan bahwa kamu berkompetensi. Ujian ini memiliki tiga tingkatan yaitu Level Muda, Level Madya, dan Level Utama

Ujian ini diadakan langsung dibawah Dewan Pers sehingga akan mengukuhkan kredibilitas dan profesionalisme reporter/wartawan/jurnalis yang mengikuti. Wartawan sudah mengikuti ujian ini akan terdaftar namanya di database Dewan Pers.

Skill yang Dibutuhkan Reporter

Adapun beberapa skill yang dibutuhkan oleh reporter adalah:

1. Rasa Ingin Tahu Tinggi

Untuk melakukan pekerjaan dengan baik, tentunya kamu harus meningkatkan rasa ingin tahu ke tingkat yang lebih tinggi. Pasalnya, pencarian berita membutuhkan tingkat keingintahuan yang sangat tinggi untuk mendapatkan informasi sedetail mungkin.

Hal ini untuk memberikan informasi yang lengkap yang dibutuhkan audiens, bukan sekedar “kulit” atau informasi yang tidak berisi. Selain itu, rasa ingin tahu juga berguna saat kamu ingin mengecek sumber pesan yang kamu terima.  Ingat, jangan hanya percaya satu sumber, kamu harus melihat sumber lain untuk memverifikasi kebenarannya.

2. Sikap Objektif

Pada dasarnya, manusia memiliki kemampuan alami untuk mengamati keadaan atau lingkungan. Untuk menyelesaikan tugas sebagai reporter, kamu perlu meningkatkan keterampilan observasi. Hal ini penting dilakukan agar berita diterima dengan baik oleh pembaca atau pemirsa.

Namun, perhatikan bahwa kamu harus dapat berpikir analitis untuk menghilangkan subjektivitas saat menulis pesan.  Saat menulis, subjektivitas dalam hal gaya masih terlihat. Namun, jangan sampai isi berita menjadi subyektif dan kemudian dianggap mempengaruhi opini publik. Oleh karena itu penelitian dan data sangat penting sebagai dasar pembuatan berita, agar tidak melibatkan emosi penulis. 

3. Komunikasi Interpersonal

Hubungan interpersonal adalah kemampuan seseorang untuk berinteraksi secara efektif dengan orang lain dan rekan kerja. Reporter harus memiliki keterampilan interpersonal untuk melakukan pekerjaannya mencari berita. Misalnya, mendengarkan dengan seksama, mengungkapkan pendapat dengan jelas, dan bekerja sama dalam tim.

Kemampuan ini berguna untuk melaporkan tugas. Misalnya, kamu harus memiliki empati ketika berhadapan dengan berita bencana.

Jenjang Karir Reporter

Dilansir dari Rishi Career, untuk memulai karir di media, kamu harus terlebih dahulu memulai sebagai jurnalis dan baru kemudian naik ke level berikutnya. Puncak karir jurnalis biasanya adalah pemimpin redaksi. Meski begitu, dunia media yang begitu luas bisa saja membawamu pada posisi lain.

Psst, Sudah Tau Level Bahasa Inggris Kamu? Cek Sekarang di Cakap!

Contoh CV Reporter

Berikut adalah contoh template CV reporter yang bisa menjadi referensimu:

Contoh format CV Reporter Bahasa Inggris

Nama Lengkap
Alamat Lengkap
Domisili, Kota
Email: [email protected]
Telepon: (123) 456-7890

Profil: Seorang reporter yang berdedikasi dan berpengalaman dengan keahlian dalam jurnalisme investigasi. Memiliki minat yang tinggi dalam melaporkan berita yang akurat, informatif, dan memiliki dampak yang signifikan. Berkomitmen untuk menyajikan cerita-cerita berita yang menarik dan inspiratif.

Pendidikan:

  • Sarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia, Jakarta
  • Mata kuliah terkait: Jurnalisme Berita, Wawancara, Etika Jurnalistik, Jurnalisme Investigasi

Pengalaman Kerja:

  1. Reporter, Media Utama, Jakarta

    • Melakukan riset mendalam, wawancara, dan verifikasi fakta untuk artikel berita
    • Menulis cerita berita yang menarik dan informatif, mencakup berbagai topik seperti politik, kejadian lokal, dan tokoh masyarakat
    • Berkolaborasi dengan fotografer dan editor untuk memastikan konten yang akurat dan menarik secara visual
    • Menjunjung tinggi etika dan standar jurnalistik

  2. Magang, Harian Terkini, Surabaya

    • Membantu reporter senior dalam mengumpulkan informasi dan melakukan wawancara
    • Menulis berita singkat dan rilis pers dengan waktu yang ketat
    • Memantau tren berita dan media sosial untuk mencari potensi berita menarik
    • Berkontribusi dalam diskusi tim mengenai sudut pandang dan pengembangan konten berita


Keahlian:

  • Kemampuan komunikasi secara tertulis dan lisan yang baik
  • Kemampuan riset dan investigasi yang kuat
  • Mahir dalam melakukan wawancara dan mengumpulkan informasi
  • Familiar dengan penulisan berita dan pedoman penulisan AP
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dan memenuhi tenggat waktu
  • Mahir menggunakan alat dan perangkat lunak digital untuk melaporkan berita


Prestasi:

  • Menerima Penghargaan Keunggulan dalam Peliputan Berita pada tahun 2020
  • Menerbitkan 20 artikel di media berita terkemuka


Referensi: Dapat diberikan atas permintaan

Belajar Bahasa Inggris Lebih Efektif, Hanya di Cakap!

Contoh Teks Reporter

Berikut ini adalah contoh teks berita yang ditulis oleh seorang reporter:

“Kecelakaan lalu lintas yang terjadi pagi ini di jalan raya utama kota Jakarta mengakibatkan kemacetan panjang. Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 07.30 WIB di depan Simpang Dua Jalan Merdeka. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari petugas kepolisian, kecelakaan melibatkan dua mobil penumpang dan sebuah truk.

Menurut saksi mata, tabrakan terjadi ketika mobil penumpang warna hitam melaju dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba kehilangan kendali. Mobil tersebut kemudian menabrak mobil penumpang yang sedang berhenti di depannya. Akibatnya, kedua mobil tersebut mengalami kerusakan parah di bagian depan.

Sementara itu, truk yang melaju di belakang kedua mobil tersebut tidak dapat menghindar dan menabrak kedua mobil tersebut dari belakang. Akibat tabrakan itu, truk terguling di tengah jalan dan menghambat arus lalu lintas.

Tim medis dari rumah sakit terdekat segera dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan kepada para korban. Hingga saat ini, belum ada laporan resmi mengenai jumlah korban yang terluka dalam kecelakaan ini. Namun, petugas kepolisian menyebutkan bahwa beberapa orang telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat dengan kondisi yang serius.

Karena kecelakaan ini terjadi di jalan raya utama, kemacetan lalu lintas yang terjadi cukup parah. Beberapa petugas kepolisian telah diterjunkan untuk mengatur arus lalu lintas dan mencoba membersihkan jalanan dari puing-puing kendaraan yang berserakan.

Pihak kepolisian saat ini sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan ini. Beberapa saksi mata telah dimintai keterangan guna membantu dalam proses penyelidikan tersebut.

Warga dan pengguna jalan diimbau untuk memperhatikan kecepatan dan tetap berhati-hati saat berkendara. Kecelakaan lalu lintas yang terjadi tidak hanya mengancam nyawa pengemudi dan penumpang, tetapi juga dapat menyebabkan kemacetan dan gangguan lainnya dalam aktivitas sehari-hari.”

Gaji Reporter

Hal menarik lainnya yang perlu diketahui mengenai profesi reporter adalah penghasilan atau gaji yang akan didapatkan. Perlu diketahui, masalah gaji biasanya akan sangat relatif tergantung lokasi tempat kerja, pengalaman, serta besar kecilnya perusahaan tempat bekerja.

Meski demikian, rata-rata reporter di Indonesia minimal sudah mendapatkan gaji setara UMR masing-masing daerah. Berdasarkan Salary Survey Report 2022 oleh HRDBacot, rata-rata gaji reporter di daerah Jakarta adalah Rp5.550.000 per bulan. Sementara itu, data gaji untuk profesi jurnalis dicantumkan terpisah yaitu Rp5.000.000 per bulan. 

Nah, demikianlah beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar profesi reporter dan seluk-beluknya. Semoga memberikan gambaran bagi kamu yang tertarik untuk berkarir secara profesional sebagai reporter, wartawan, atau jurnalis, ya. 

Saat ini, kesempatan tersebut terbuka sangat lebar dan kamu perlu untuk mempersiapkan diri untuk itu, salah satunya dengan mengikuti kursus online bersertifikat. Nah, kamu bisa banget mengikuti Pelatihan Menjadi Reporter TV Nasional dari Cakap Upskill. Kelas ini dapat dinikmati oleh mahasiswa atau siapa saja yang berencana memulai karier sebagai reporter TV nasional, dan reporter.

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 4+ years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.