10+ Cara Menjadi Content Writer untuk Pemula yang Efektif

cara-menjadi-content-writer

Content writer adalah pekerjaan yang banyak dibutuhkan, terlebih di era digital seperti sekarang. Jadi, banyak yang ingin tahu bagaimana cara menjadi content writer.

Di era digital yang terus berkembang, konten menjadi salah satu elemen paling penting dalam strategi pemasaran dan komunikasi perusahaan

Meski kini sudah banyak AI untuk content creator, namun sebagai content writer tetap memiliki peran yang krusial dalam menciptakan karya tulis yang menarik, informatif, dan berpengaruh.

Nah, Jika kamu memiliki ketertarikan dalam mengekspresikan ide dan penulisan, menjadi seorang content writer bisa menjadi pilihan karier yang menarik.

Lantas, bagaimana cara menjadi content writer yang mampu menciptakan konten berkualitas? Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Menjadi Content Writer bagi Pemula

Ingin memulai karir sebagai content writer? Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kreatif

Seorang penulis konten membutuhkan kreativitas untuk menemukan topik dan menulis konten. Ingat bahwa kamu bersaing dengan banyak pesaing yang menulis tentang topik yang sama dengan kamu.

Oleh karena itu, kamu perlu meningkatkan kreativitas agar konten yang kamu sajikan menonjol dari yang lain dan menarik perhatian audiens untuk membacanya.

Simak strategi ampuh content marketing di sini:  7 Strategi Content Marketing & Manfaatnya untuk Bisnis

2. Detail

Saat menulis konten, tidak jarang pembuat konten secara tidak sengaja membuat kesalahan ketik. Meskipun ini tampak seperti kesalahan sederhana, namun  dapat merusak kredibilitas di mata publik. 

Jadi, pembuat konten harus memiliki detail yang baik untuk memperbaiki kesalahan sekecil apa pun. Mereka juga harus mengoreksi kata atau kalimat  yang sulit dipahami.

3. Memahami SEO

Sebagai content writer, kamu perlu memahami cara memaksimalkan teknik SEO agar konten kamu berada di halaman pertama mesin pencari.

Pemahaman dasar tentang SEO, termasuk kata kunci, metadata, dan hyperlink, adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki oleh penulis konten.

SEO kini menjadi elemen penting dalam bisnis. Tak heran jika memahami SEO sering kali menjadi salah satu syarat menjadi content writer yang tertulis dalam kualifikasi.

4. Mulai dengan Menulis di Blog

Jika kamu sudah memiliki keterampilan menulis konten dan memahami dasar-dasar menulis konten, maka beranikan diri dan mulailah menulis untuk blog atau majalah. kamu dapat menulis tentang topik apa pun yang kamu suka seperti musik, film, mode, dan lainnya.

Menulis secara teratur memungkinkan kamu untuk melatih keterampilan dan pengetahuan kamu, serta meningkatkan kecepatan menulis.

Cobalah untuk mempelajari cara membuat artikel yang baik dan benar, unik, informatif, serta orisinal. Hindari plagiarisme untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan kamu.

Jika kamu tidak memahami topik yang kamu tulis, luangkan waktu terlebih dahulu untuk belajar dan membaca. Ini dapat membantu kamu lebih mendalami topik yang akan ditulis.

5. Membuat Portofolio

Membuat portofolio adalah  dokumen penting yang digunakan untuk menunjukkan keterampilan dan kemampuan menulismu.

Dengan memasukkan karya terbaik dalam portofolio, kamu dapat membuktikan kredibilitas kamu sebagai penulis konten. 

Kini, sudah banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat portofolio online, lho. Jadi, kamu bisa lebih mudah membuatnya dan tentunya lebih rapi.

Beberapa tips membuat portofolio untuk content writer adalah sebagai berikut:

  • Menentukan tujuan portofolio dan menyesuaikan isinya.
  • Gunakan tulisan terbaikmu.
  • Tentukan variasi topik dari artikel yang akan dimasukan.
  • Jelaskan target audiens untuk masing-masing sampel artikel.
  • Mencantumkan data kinerja.
  • Menyertakan testimoni, misalnya review dari client.erbe

Belajar Skill Bersertifikat di Upskill Cakap dan Kembangkan Karirmu!

6. Rajin Latihan Menulis

Cara menjadi content writer selanjutnya adalah terus meningkatkan kemampuan menulis kamu. Setelah kamu berlatih menulis dan membaca hasil tulisanmu, kamu dapat melanjutkan untuk mencoba latihan lainnya dengan target lebih tinggi.

Latihan menulis yang teratur membantu kamu mengembangkan kecepatan dan produktivitas dalam menulis.

Semakin sering kamu menulis, semakin cepat kamu akan menjadi lebih mudah dalam menulis artikel atau konten lainnya. Hal ini memungkinkanmu untuk menghasilkan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

7. Tingkatkan Kebiasaan Membaca

Bagaimana kamu menjadi penulis jika kamu tidak pernah membaca? Dari mana kemampuan menulis kamu berasal jika kamu tidak pernah membaca? 

Membaca dapat meningkatkan kemampuan menulis kamu. Mulai dari penulisan, gaya bahasa dan teknik penulisan bacaan lainnya. 

Oleh karena itu, cara menjadi content writer yang harus dilakukan dan diperhatikan adalah  membiasakan diri membaca.

Kamu bisa memilih metode membaca yang sangat fleksibel, mulai dari berbagai topik maupun bahasa. Semakin terbiasa membaca, maka kemampuan menulismu juga meningkat.

8. Bergabung dengan Komunitas

Cara menjadi content writer selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas content writer. Bergabung dengan komunitas freelance untuk pemula, misalnya, akan membantu kamu berbagai pengetahuan dan sudut pandang lain mengenai cara menulis yang baik dan benar.

Selain itu, jika kamu bertanya-tanya di mana tempat cari lowongan kerja content writer, maka bergabung dengan komunitas ini juga akan membantumu mendapatkan info lowongan.

9. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Disiplin juga menjadi salah satu cara menjadi content writer yang perlu diterapkan. Sulit bagi content writer menyelesaikan pekerjaannya jika tidak mampu disiplin.

Seorang penulis lepas harus menyelesaikan beberapa artikel dalam satu hari. Jika kamu tidak memiliki disiplin diri, pekerjaan akan ditolak. 

Jadi, mulailah juga berlatih manajemen waktu. kamu harus berlatih dan menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis satu artikel.

10. Memiliki Etos Kerja Tinggi

Sebenarnya tidak hanya content writer, namun setiap pekerjaan pasti memiliki beban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi. Nah, dengan etos kerja yang tinggi, setiap tanggung jawab atau pekerjaanmu akan segera terpenuhi. 

Selain itu, bekerja sebagai content writer juga membutuhkan banyak artikel dalam waktu singkat. Hal ini dapat dicapai dengan etos kerja yang baik.

11. Mengikuti Kursus Online Bersertifikat

Jika kamu masih baru dalam dunia menulis, tips dan cara pertama untuk menjadi penulis lepas adalah  melatih keterampilan tersebut.

Kamu bisa mengikuti kursus menulis online, workshop, atau pelatihan menulis. Ada banyak bahan pelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis kamu.

Jangan ragu untuk bertanya dan belajar, serap semua ilmu tertulis. Terutama jenis tulisan yang  dibutuhkan  media atau perusahaan saat ini.

Inilah cara kamu dapat mulai menulis secara efektif dan  segera mewujudkan impian kamu menjadi penulis lepas.

Dalam kursus, biasanya kamu akan belajar tentang teknik menulis yang efektif untuk berbagai jenis konten, mulai dari artikel, blog, hingga konten pemasaran. Kamu akan diajarkan bagaimana menghasilkan tulisan yang menarik, informatif, dan menginspirasi.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan wawasan tentang SEO dan strategi pemasaran konten yang efektif. Kursus ini memberikan fleksibilitas penuh, sehingga kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja sesuai keinginanmu

Psst, Sudah Tau Level Bahasa Inggris Kamu? Cek Sekarang di Cakap!

Ingin menjadi seorang content writer yang handal dan sukses? Yuk, bergabunglah dalam kursus online bersertifikat untuk content writer di Cakap Upskill.

Cek kelasnya sekarang dan daftarkan dirimu #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup