12 Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar, Pemula Harus Tahu!

cara membuat artikel yang baik dan benar

Mengetahui cara menulis artikel yang baik dan benar merupakan keterampilan penting dalam dunia komunikasi dan publikasi. Bagi seorang penulis profesional, blogger, atau siswa yang ingin meningkatkan kemampuan menulis, memahami cara membuat artikel yang baik dan benar adalah langkah pertama menuju kesuksesan.

Kalau tulisanmu sudah berkembang, kamu bisa menjadikan kemampuan menulismu sebagai usaha freelance. Karena freelance adalah salah satu pekerjaan yang paling fleksibel dan pastinya dapat menambah uang saku. Artikel dikatakan berhasil apabila bisa menyampaikan pesan dengan jelas, dan menarik minat pembaca.

Dalam artikel ini, akan dikupas tuntas mengenai cara menulis artikel yang baik dan benar. Penasaran seperti apa? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Table of Contents

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar agar Mudah Dipahami

Dalam cara membuat artikel yang baik dan benar, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, di antaranya:

1. Buat Artikel yang Nyaman Dibaca

Konten artikel yang menarik tidak ada gunanya jika user tidak mau membacanya. Memangnya kenapa? Karena, meskipun materinya menarik, namun jika penulis tidak mengetahui cara menyusunnya dengan baik, artikel yang dihasilkan pasti akan berantakan, sehingga pembaca kehilangan keinginan membaca hingga akhir paragraf.

Selain  bahasa yang digunakan dan urutan kata, penampilan artikel juga sangat penting untuk diperhatikan.

Ada beberapa tips untuk membuat artikel yang padat dan jelas, antara lain:

  • Batasi isi setiap paragraf sekitar 3–4 baris. Hal ini  untuk menghindari isi paragraf yang terlalu bertele-tele.
  • Buat paragraf yang solid dan informatif yang membuat pembaca betah saat menggulir hingga akhir.
  • Beri sedikit gaya pada font, agar huruf tidak terlalu monoton.
  • Gunakan bahasa yang tepat dan mudah dipahami.

2. Mengenal Niche

Topik tentang ekonomi dan gaya hidup memiliki metode penulisan yang berbeda. Biasanya, artikel keuangan menggunakan bahasa formal daripada konten gaya hidup. Untuk menentukan metode penyampaian yang tepat, pastikan kamu telah mengidentifikasi niche yang kamu tentukan.

3. Menentukan Target Pembaca

Mengetahui audiens target kamu penting dalam menentukan gaya penggunaan bahasa. Terkadang penyajian bahasa artikel yang ditujukan untuk remaja  berbeda dengan versi bahasa artikel yang ditujukan untuk orang dewasa.

Belajar Skill Bersertifikat di Upskill Cakap dan Raih Karier Impianmu!

Langkah-Langkah Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Berikut adalah langkah-langkah membuat artikel yang baik dan benar selengkapnya.

1. Menentukan Topik

Hal pertama yang harus dilakukan saat menulis artikel adalah mengidentifikasi ide tulisan atau  masalah yang ingin kamu jawab dan selesaikan dengan tulisan. 

Ide ini nantinya akan menjadi topik artikel yang menjadi fokus pembahasanmu. Topik Ini juga berhubungan dengan kata kunci yang akan membantu meningkatkan visibilitas artikel di mesin pencariMendefinisikan ide ini merupakan langkah  penting karena  penulis sering kali kekurangan ide, tidak mempercayai idenya, dan merasa idenya tidak semenarik  orang lain.  

Beberapa alasan tersebut pada akhirnya menyebabkan penulis tidak berkembang,  malas menulis,  kehilangan semangat dan niat untuk menulis.

Jika kamu merasa mandek dan kehabisan ide, mulailah dengan ide-ide sederhana, seperti masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Sekalipun masalahnya sederhana,  jika bisa memberikan solusi, tulisan kamu akan membantu orang lain.

Catat setiap ide yang muncul, sekecil apapun ide tersebut, kamu tetap bisa mengembangkan ide tersebut agar menjadi  ide yang lebih menarik. Jangan berkecil hati karena apa yang menurut kamu normal mungkin memiliki arti yang berbeda bagi orang lain. Ada banyak  hal yang bisa dipikirkan untuk menjadi ide artikel.

Coba liat di sekitarmu, bisa saja kamu mendapatkan ide dengan menyaksikan apa yang terjadi di sekitar kamu. Membaca dan menonton film dapat mengasah imajinasi dan kreativitas kamu untuk memunculkan ide tulisan baru.

2. Membuat Outline

Hal selanjutnya yang harus dilakukan saat menulis artikel adalah membuat garis besar. Menulis rangkuman atau review artikel merupakan hal yang penting, terutama bagi pemula.

Garis besar artikel atau outline akan membantu penulis menentukan struktur artikel yang benar. Sehingga, kemungkinan penulis mengalami writer’s block di tengah jalan bisa dicegah. Meski berhenti di tengah-tengah proses menulis, mereka akan mengingat apa yang ingin mereka sampaikan. 

Selain itu, menentukan struktur artikel membantu menghindari pengulangan dan redundansi. Kamu jadi bisa memastikan bahwa setiap bagian artikel memiliki tujuan dan berkontribusi pada pesan yang ingin disampaikan keseluruhan.

3. Mencari Referensi Terpercaya

Cara menulis artikel yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan mencari referensi dan referensi terpercaya. Tidak seperti menulis fiksi imajinatif, menulis artikel membutuhkan sumber atau referensi yang tepat.

Caranya adalah dengan membaca makalah penelitian atau buku yang berhubungan dengan topik artikel yang kamu tulis.

Menyertakan referensi yang kamu gunakan dalam artikel akan membantu mendapatkan kepercayaan pembaca terhadap artikel yang kamu tulis.

4. Membuat Judul Menarik

Cara menulis artikel yang baik dan benar berikutnya adalah dengan membuat judul yang menarik. 

Judul sangat penting saat menulis artikel karena judul adalah faktor pertama yang membuat pembaca terus membaca atau melewatkan artikel yang kamu tulis.

Dalam penulisan judul harus memperhatikan unsur-unsur SPOK agar kalimat  pada judul dapat dipahami dengan jelas. Jangan membuat judul terlalu panjang, tetapi susun semenarik mungkin.

5. Menulis Paragraf Pembuka yang Singkat

Paragraf pertama  artikel sangat mempengaruhi pembaca untuk melanjutkan membaca artikel sampai akhir atau melewatinya.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menulis paragraf pengantar yang tidak terlalu panjang, tetapi menarik dan memikat pembaca untuk membaca artikel tersebut sampai akhir.

Cek tips ampuh menulis kreatif di sini: 7 Tips Menulis Kreatif yang Bisa Buat Karyamu Makin Menarik

6. Menulis Artikel yang Padat dan Jelas

Cara menulis artikel selanjutnya adalah dengan menulis kalimat efektif yang mudah dipahami dan singkat.

Hindari pengulangan kata hanya untuk memperluas artikel dan menambah jumlah kata, karena  ini dapat membuat kalimat tertulis kamu membingungkan dan membosankan.

Tulis informasi dengan kata-kata yang jelas agar pembaca dapat memahami topik atau ide  yang kamu tulis sebaik mungkin.

7. Gunakan Sumber dan Kutipan

Dukung kredibilitas tulisanmu dengan sumber-sumber terpercaya dan kredibel. Saat mengutip atau menggunakan informasi dari sumber lain, pastikan untuk memberikan kredit dan sumber referensi yang tepat.

8. Mengecek Ulang Artikel

Cara menulis artikel yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan membaca ulang artikel tersebut. kamu harus melakukan ini untuk memeriksa kalimat yang telah kamu tulis.

Agar kamu dapat mengevaluasi tulisan kamu, perbaiki kalimat yang tampak canggung dan perbaiki kesalahan ejaan atau tipografi.

9. Berlatih Terus

Menulis adalah keterampilan yang bisa diasah, caranya adalah dengan latihan menulis setiap hari.

Jika tidak bisa menulis setiap hari, setidaknya buatlah jadwal rutin menulis. Dengan begitu kamu dapat terus meningkatkan dan menulis lebih baik.

10. Menambahkan Gambar

Cara menulis artikel yang baik dan benar juga bisa dilakukan dengan menambahkan gambar atau image. Ilustrasi atau gambar dapat membantu pembaca tetap tertarik untuk membaca tulisan kamu karena gambarnya menarik.

11. Tambahkan Kesimpulan atau Ringkasan

Akhiri artikel dengan kesimpulan singkat atau ringkasan dari poin-poin utama yang telah kamu sampaikan dalam tulisan kamu.

Ingatlah bahwa praktik penulisan yang baik adalah proses yang terus-menerus. Terus berlatih dan minta feedback dari orang lain untuk membantu meningkatkan kemampuan penulisanmu seiring waktu.

12. Edit dan Periksa

Setelah menulis, luangkan waktu untuk mengedit dan memeriksa kesalahan tata bahasa, ejaan, atau kesalahan lainnya. Baca ulang artikel kamu untuk memastikan alur logis dan kelancaran dalam penulisan. 

Pemeriksaan tata bahasa ini juga berlaku di penulisan artikel Bahasa Inggris ya. Grammar adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Jika kamu mau tau lebih lanjut tentang cara menulis artikel yang baik dalam Bahasa Inggris kamu bisa belajar grammarnya di sini: Panduan Grammar atau Tata Bahasa Inggris yang Benar. 

Psst, Sudah Tau Level Bahasa Inggris Kamu? Cek Sekarang di Cakap!

Nah, setelah mengetahui beberapa cara membuat artikel yang baik dan benar di atas, kini kamu sudah bisa mempraktekkannya, bukan? Intinya, membuat artikel yang baik memang diperlukan latihan dan latihan terus.

Jika kamu ingin belajar menjadi content writer secara mendalam, kamu bisa mengikuti kelas online menjadi content writer bersertifikat untuk meningkatkan kemampuan menulis konten di Cakap Upskill.

Yuk, cek kelasnya sekarang juga dan daftarkan dirimu! #SiapaCakapDiaDapat.

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup