Semua tentang Freelance: Arti, Jenis, Kelebihan & Contohnya

freelance-adalah

Begitu banyak kategori pekerjaan yang bisa dipilih oleh para pekerja. Dari mulai full-time, part-time, hingga freelance. Dari ketiga kategori tersebut, bekerja sebagai seorang freelance adalah pilihan paling fleksibel, terlebih buat kamu yang ingin melakukan double-job sekaligus. Freelance adalah jenis pekerjaan yang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Setelah sebelumnya telah mengupas tuntas apa itu kerja part-time, sekarang giliran freelance nih yang akan dibahas lengkap dari mulai pengertian, jenis, cara/syarat, sampai contoh kerjaannya pun di sini ada! Yuk, simak!

Table of Contents

Apa itu Freelance?

Freelance artinya dalam bahasa Indonesia adalah pekerja lepas. Secara lebih detail, freelance adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang secara fleksibel tanpa terikat kontrak yang ribet atau jangka panjang. 

Lantas, kerja freelance itu seperti apa sih? Para pekerja freelance bebas mengatur waktu kerjanya sendiri. Asal pekerjaan dilakukan sesuai dengan deadline yang ditetapkan, semuanya aman. Karena pekerja freelance tidak terikat oleh waktu/jam kantor.

Sebutan bagi orang yang melakukan/pemburu pekerjaan freelance adalah freelancer. Freelancer biasanya melakukan pekerjaan sesuai dengan keahlian di bidangnya. Misalnya, seorang yang bekerja penuh waktu sebagai graphic designer, umumnya akan mencari pekerjaan freelance sebagai graphic designer atau pekerjaan yang masih relate dengan bidang tersebut.

 

Perbedaan Freelance dan Magang

Jika perbedaan part-time dan freelance sangat mencolok pada waktu kerja dan upah yang diberikan. Lalu, gimana ya dengan perbedaan freelance dan magang?

Seperti diketahui, magang atau intern lebih berfokus pada pelatihan yang biasanya menjadi syarat bagi mahasiswa untuk lulus suatu mata kuliah tertentu sebelum menyandang gelar sarjana. Magang juga biasanya dilakukan oleh para fresh graduate yang ingin menambah pengalaman sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Sedangkan freelance adalah kerja lepas yang tentunya bertujuan untuk menambah penghasilan di waktu senggang. Para freelancer bebas memilih atau mengambil pekerjaan lain di luar projectnya saat itu.

Cara menjadi Freelancer untuk Pemula

Untuk menjadi seorang freelancer handal, kamu harus tau nih cara jadi freelance dan syarat-syarat mutlak yang wajib kamu patuhi. 

Cari Situr Freelance Terpercaya

Cara jadi freelance yang pertama adalah mencari situs freelance terpercaya. Kian maraknya pekerjaan freelance membuat kamu makin mudah mencari situs freelance Indonesia. Beberapa situs freelance Indonesia terpercaya yang bisa kamu jelajahi adalah Sribulancer, Freelancer Indonesia, Project.co.id, dan masih banyak situs freelance Indonesia terpercaya lainnya.

Seperti sudah disebutkan di atas, kamu bisa pilih satu atau dua situs freelance di Indonesia yang paling cocok denganmu. Jika sudah, kamu bisa langsung bergabung dan segera upload dan isi data dirimu.

Tentukan Bidang Pekerjaan

Setelah menemukan website freelance yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan bidang pekerjaan yang nantinya akan kamu ambil. Jika kamu menguasai bidang kepenulisan, kamu bisa ambil freelance sebagai copywriter, content writer, atau script writer.

Bagikan Profil dan Portfolio

Melanjutkan dari poin-poin sebelumnya. Setelah kamu resmi bergabung dengan situs freelance di Indonesia, kamu bisa langsung mengisi profil dan mengunggah portofolio kamu. Portfolio bagi seorang freelancer sangatlah penting, karena dari situ klien akan dapat menilai hasil kerjamu sebelum mereka memutuskan untuk mempekerjakan kalian. Kamu bisa melihat contoh portofolio yang mudah diadaptasi untuk bekal melamar kerja. 

Tentukan Harga atau Rate Kamu

Mematok atau memasang harga bagi pekerjaan freelance kalian juga harus diperhatikan, lho. Jangan sampai kalian mematok harga asal-asalan tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Apa sih yang bisa jadi pertimbangan dalam memasang harga saat melakukan freelance? Kalian bisa memperitmbangkan dari sisi pengeluaran bulanan, harga freelancer lain di bidang yang sama, serta kualitas dan kuantitas pekerjaan yang akan dijalani.

Keuntungan menjadi Freelancer

Selain memiliki kelebihan pada jam dan waktu kerja yang fleksibel, menjadi seorang freelance juga memiliki beberapa kelebihan, lho. Berikut beberapa di antaranya!

(1) Bebas Mengatur Lokasi Kerja

Senang ya kalau bisa mengatur lokasi kerja sendiri tanpa terikat peraturan yang mengharuskan ke kantor? Salah satu manfaat ini bisa kamu dapatkan kalau kamu bekerja sebagai freelancer. Kamu bisa bekerja di tempat dan lokasi mana saja yang menurutmu nyaman. Bahkan bisa mobile dari luar kota sekali pun.

(2) Bisa Memiliki Beberapa Pekerjaan Sekaligus

Meskipun kamu sudah terikat kontrak sebagai freelancer di suatu perusahaan, kamu tetap bisa lho memiliki kontrak dengan perusahaan lain. Kamu bisa memiliki dua atau beberapa pekerjaan freelance sekaligus. Kendati demikian, tetap utamakan profesionalisme dan tanggung jawab, ya.

(3) Meningkatkan Jumlah Pendapatan

Semakin banyak pekerjaan freelance yang kamu ambil, maka akan semakin banyak pula pundi-pundi uang yang masuk ke dalam rekening. Terlebih jika kamu melakukan pekerjaan full-time dan dibarengi dengan freelance, tentu kamu berpotensi memiliki pendapatan yang lebih banyak dari sebelumnya.

Contoh Pekerjaan Freelance

Berikut ini macam-macam freelance yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan. Jangan lupa sebelum memilih bidang pekerjaan, pastikan terlebih dahulu ya bahwa kamu menguasai bidang pekerjaan tersebut. 

(1) Fotographer

Contoh pekerjaan freelance ini pas banget buat kalian yang suka memotret objek dengan kualitas yang bagus. Jangan biarkan skill fotographer kamu dianggurin begitu saja. Kamu bisa menjadi freelance photographer di banyak acara, seperti wedding, engagement, bahkan kamu juga bisa lho jadi photographer untuk model iklan.

(2) Content Writer

Bidang pekerjaan ini sepertinya sudah sangat akrab ya dengan para freelancer. Pasalnya, sekang jumlah situs freelance yang khusus menyediakan jasa tulis sudah cukup banyak, seperti Saungwriter, LaskarSEO, dll.

Nah buat kamu yang biasa nulis artikel dan paham sedikit-sedikit tentang SEO, bisa banget nih dapetin penghasilan tambahan dengan menjadi freelance content writer.

(3) Designer

Setiap perusahaan baik berskala kecil maupun yang sudah berskala besar, semuanya membutuhkan peran desainer untuk promosi dan nilai estetika.

So, bagi kalian yang hobi mendesain dan memiliki selera desain yang oke, bisa banget nih salurin bakat kalian dengan jadi desainer freelance.

(4) Voice Over

Apa sih voice over itu? Kalian pasti pernah dengar bukan suara iklan di TV, suara karton, instruksi e-learning, dsb? Nah, biasanya yang mengisi suara-suara tersebut adalah voice over.

Kalian yang memiliki bakat dan suara khas, bisa cobain jadi voice over freelance nih Sobat Cakap!

(5) SEO Specialist

Kalau kamu pernah berpengalaman menjadi SEO, yuk tambahin lagi pengalaman kamu dengan menjadi freelance SEO Specialist! 

SEO Specialist tidak hanya berhubungan dengan blog dan artikel. Seorang ahli SEO juga bertugas untuk meningkatkan website dan traffic yang masuk ke dalamnya. So, SEO juga akan banyak berhubungan dengan digital marketing.

Rata-rata Gaji Freelancer

Bicara soal gaji, tentu setiap orang di setiap bidang pekerjaan yang berbeda akan mendapatkan upah atau pendapatan yang berbeda pula. Begitu pun dengan freelancer. Gaji freelancer biasanya tergantung dari project yang didapat dan harga yang dipatok oleh freelancer itu sendiri.

Misalnya, seorang writer memasang harga untuk setiap artikelnya seharga 300 ribu, maka jika dalam project yang diambil mengharuskannya membuat 20 artikel, dia akan mendapatkan upah/gaji sebanyak 6 juta.

Apakah pekerja freelance dapat THR?

Nah, yang menjadi pertanyaan selanjutnya, apakah pekerja freelance dapat THR? Jawabannya, iya! Pekerja freelance berhak mendapatkan THR apabila dia sudah bekerja di suatu perusahaan selama lebih dari satu bulan atau satu tahun berturut-turut.

Namun, sama dengan pekerja penuh waktu, pekerja lepas atau freelance juga dikenakan yang namanya pajak. Pajak freelance dihitung sesuai dengan NPPN (Norma Penghitungan Penghasilan Netto).

So, sekarang kamu sudah tahu kan kalau freelance adalah pekerja lepas yang waktu kerjanya fleksibel? Ternyata jadi freelancer punya banyak keuntungan juga, ya. Kalau kamu, lebih suka bekerja secara freelance atau full time? Atau mau keduanya? Apa pun itu, jangan lupa tetap tingkatkan skill dan aktif mengikuti kelas-kelas webinar, ya! Kamu bisa mengikuti kelas webinar dengan topik bahasan yang super lengkap dan menarik di kelas Cakap Upskill.

Referensi:
-talenta.com
-ekrut.com
-kata.data.co.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.