Contoh dan Template CV Lamaran Kerja untuk Berbagai Profesi

Membuat Curriculum Vitae atau CV adalah langkah awal yang krusial dalam melamar pekerjaan. Sebuah CV yang baik dapat memberikan kesan positif kepada recruiter dan meningkatkan peluang kamu diterima. Namun, setiap profesi memiliki kebutuhan tersendiri yang perlu diperhatikan dalam penyusunan CV. Selain itu, setiap pelamar juga memiliki keunikan dan keterbatasan masing-masing dalam menyusun CV lamaran kerja mereka.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir! Keterbatasan tersebut dapat diatasi dengan menyesuaikan CV sesuai kebutuhan. Mau tau contohnya? Simak beberapa contoh CV lamaran kerja di bawah ini, ya!

Table of Contents

Contoh CV untuk Lulusan SMA & SMK

Umumnya, pelamar yang baru lulus dari SMA ataupun SMK merasa bingung harus menulis apa dalam CV-nya karena belum pernah bekerja. Bila kamu mengalami hal ini, kamu bisa menuliskan pengalamanmu selama sekolah dan keterampilan yang kamu pelajari jika kamu lulusan SMK. Cek contohnya di bawah ini!

Contoh CV untuk Fresh Graduate

Seperti halnya lulusan SMA dan SMK, para pelamar yang baru saja lulus kuliah umumnya memiliki keterbatasan yang sama, yaitu pengalaman kerja yang minim. Tapi, kamu tetap bisa mengatasinya dengan mengisi kegiatanmu selama kuliah. Simak contoh CV untuk Fresh Graduate di bawah, ya!

Contoh CV untuk Magang

Hampir seluruh universitas mewajibkan setiap mahasiswanya untuk magang di tahun akhir kuliah. Tapi, bagaimana kalau kamu tidak punya pengalaman apa pun selama kuliah? Berikut contoh CV untuk mahasiswa atau untuk magang.

Siapkan Dirimu Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Contoh CV untuk Berbagai Profesi

Berikut ini contoh-contoh CV lamaran kerja untuk berbagai profesi bila kamu sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya.

1. Contoh CV Lamaran Kerja untuk Guru

2. Contoh CV Lamaran Kerja untuk Perawat

3. Contoh CV Lamaran Kerja untuk Admin

4. Contoh CV Lamaran Kerja untuk Digital Marketing

5. Contoh CV Lamaran Kerja untuk Web Developer

6. Contoh CV Lamaran Kerja untuk Barista

Contoh dan Template CV dalam Berbagai Format

Penyusunan CV juga dapat dilakukan dalam berbagai format mulai dari digital hingga tulis tangan. Setiap format memiliki karakteristik dan keunggulannya sendiri. Simak perbedaan dan contoh CV lamaran kerja dalam berbagai format di bawah ini!

1. CV dengan Format PDF

Format PDF adalah yang format paling populer karena file PDF menawarkan keunggulan tampilan yang stabil bila dibuka lintas gawai. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir bila CV yang kamu buat akan berantakan bila dibuka di komputer yang berbeda.

Berikut ini adalah contoh CV dengan format file PDF.

Contoh CV PDF.pdf

2. CV dengan Format Word

Sama seperti PDF, CV format Word juga merupakan format umum yang dapat dibuka dengan berbagai aplikasi umum. Format ini juga memberikan kemudahan dalam mengedit isinya sesuai kebutuhan. Akan tetapi, format ini berisiko memiliki tampilan yang berbeda bila dibuka di komputer yang berbeda.

Berikut ini adalah template CV dengan format file DOCX yang bisa edit sesuai dengan riwayat pengalamanmu.

Contoh CV Word.docx

3. CV dengan Format Tulis Tangan

Walaupun CV yang ditulis tangan akan menunjukkan dedikasi yang besar dari pelamar, format ini memiliki risiko ketidakrapian yang lebih tinggi. Terlebih lagi, saat ini format CV tulis tangan sudah tergantikan dengan digital. Jadi, usahakan untuk buat CV-mu dalam format digital, ya!

Itu dia beberapa contoh dan template CV yang bisa menjadi inspirasimu dalam menyusun CV yang baik. Jangan lupa untuk sesuaikan CV-mu dengan posisi yang dilamar dan tunjukkan nilai lebih dari dirimu! Dengan cara tersebut, CV-mu akan menarik perhatian recruiter sehingga meningkatkan peluang untuk lolos. Semoga berhasil, ya!

Jika CV-mu terasa kurang menarik, jangan khawatir! Kamu bisa coba ambil kelas dari Cakap Upskill yang menawarkan beragam pelatihan di berbagai bidang pekerjaan. Sertifikat yang akan kamu dapatkan setelah menyelesaikan pelatihan tersebut bisa menjadi nilai tambah di mata recruiter. Yuk, tingkatkan kualifikasimu dengan Cakap Upskill karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup