Cara Mengirim CV Lewat WA serta Contoh Kata Pengantarnya

cara-mengirim-cv-lewat-wa

Umumnya, CV dikirim melalui alamat email atau pun dikirim secara manual melalui alamat perusahaan. Namun, ada juga lho beberapa kondisi di mana kandidat pelamar bisa mengirim CV lewat WA. Jika hal tersebut sedang terjadi kepadamu, maka kamu bisa menerapkan beberapa cara mengirim CV lewat WA dengan sopan.

Mengirim CV lewat WA adalah hal yang mudah dan cepat untuk melamar pekerjaan. Di artikel ini, kamu akan belajar bagaimana tips dan cara mengirim CV lewat WA, lengkap dengan contoh kata pengantarnya. Let’s check this out!

Table of Contents

Apa Boleh Mengirim CV Lewat WA?

Boleh dan sopan nggak sih kirim CV lamaran kerja melalui Whatsapp? Sebenarnya, jawaban ini bergantung kebijakan perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang mengarahkan calon kandidatnya untuk mengirim CV melalui Whatsapp. Biasanya mereka akan mencantumkan nomor WA HRD/perusahaan dalam iklan lowongan kerjanya.

Kondisi lain yang juga memungkinkan seseorang mengirim CV lewat WA adalah ketika mereka sudah mengirim surat lamaran melalui email, namun HRD mengarahkan mereka untuk forward CV lamaran kerja lewat Whatsapp.

Namun perlu dicatat bahwa ketika kamu mengirim CV lewat WA harus tetap waspada dan hati-hati karena terkadang ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang bisa menggunakan Whatsapp untuk lamaran pekerjaan palsu yang memungut uang dari calon kandidat.

Tips Mengirim CV Lewat WA

cara-dan-tips-mengirim-cv-lewat-wa
Photo from Istock

Apa saja hal yang perlu kamu lakukan agar bisa tetap etis dan sopan ketika mengirim CV lewat WA? Berikut ini ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan saat akan mengirim CV lewat WA:

(1) Pastikan Kevalidan Nomor WA Perusahaan

Saat akan mengirim CV lewat email, pastikan bahwa nomor perusahaan atau HRD yang dituju adalah nomor yang valid dan benar. Bagaimana cara kamu tahu bahwa nomor tersebut adalah nomor yang benar? 

Kamu bisa mengeceknya melalui media sosial atau website resmi perusahaan. Biasanya di sana tertulis alamat email dan nomor telepon perusahaan yang dihubungi melalui nomor biasa maupun via Whatsapp.

Tips yang pertama ini menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan. Pasalnya, maraknya penyalahgunaan dalam proses rekrutmen rentan terhadap tindak penipuan dan ilegal.

(2) Gunakan Profil WA yang Terkesan Sopan dan Profesional

Tips mengirim CV lewat WA yang kedua adalah mensetting profil di Whatsapp-mu. Gunakan foto profil yang cukup formal dan sopan. Perhatikan juga status Whatsapp, pastikan kamu menulis status yang baik, relevan, dan mengedukasi.

Membangun personal branding melalui Whatsapp adalah langkah yang sangat cerdas. Hal ini sangat penting untuk membuat kesan yang baik di mata HRD atau tim rekrutmen.

(3) Beri Nama yang Jelas pada File CV

Beri nama pada file CV yang akan kamu kirim. Ketika kamu akan mengirim CV, cantumkan judul CV yang jelas. Tidak hanya CV, bahkan jika kamu mengirim portofolio atau pun surat lamaran kerja, pastikan filenya diberi nama.

Contoh nama file pada CV:

  • Curriculum Vitae – nama lengkap
  • CV – nama lengkap
  • CV – job title – nama lengkap

(4) Tulis Subjek dan Kata Pengantar

Sebelum mengirim CV, jangan lupa untuk menuliskan subjek dan kata pengantar. Jangan sampai kamu mengirim lampiran CV tanpa kata pembuka karena hal tersebut dianggap tidak sopan dan tidak etis.

Untuk bagian subjek sendiri, kamu bisa menuliskan di bagian teratas dengan kata “Lamaran Pekerjaan …. (posisi yang dilamar).

Sedangkan untuk kata pengantarnya, kamu bisa menuliskan kata pengantar yang straight to the point, singkat, profesional, namun masih terkesan ramah. 

(5) Kirim CV di Waktu yang Tepat

Kapan sih waktu yang tepat untuk mengirim lamaran via WA? Kirim CV dan lamaranmu di waktu atau jam kerja. Misalnya, dari Senin sampai Jumat, dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 16.00 sore. Jangan sampai mengirim CV di waktu-waktu atau jam-jam istirahat.

Cara Mengirim CV Lewat WA

Bagaimana cara mengirim CV lewat WA? Gampang kok! Kamu hanya perlu mengikuti step by step berikut untuk bisa mengirim CV lamaran kerjamu melalui Whatsapp.

(1) Siapkan CV

Siapkan CV terbarumu yang sudah di-update dan sudah diberi judul file.

(2) Buka aplikasi Whatsapp

Buka aplikasi WA kamu, baik dari ponsel pribadi maupun melalui website. Gunakan akun Whatsapp yang aktif dan akan selalu kamu pakai untuk berkomunikasi.

(3) Pilih Kontak HRD yang Akan Kamu Tuju

Masuk ke room chat Whatsapp HRD. Pastikan nomor yang kamu tuju benar dan masih aktif ya, Sobat Cakap!

(4) Tulis Subjek dan Kata Pengantar

Sebelum kamu melampirkan CV, jangan lupa untuk tulis terlebih dahulu subjek dan kata pengantar.

(5) Pilih Icon Lampiran

Pilih Icon lampiran yang berbentuk seperti gambar “klip kertas” (lihat yang diberi tanda kota merah).

(6) Pilih Dokumen

Klik gambar dokumen tempat CV terbarumu disimpan.

(7) Cari Dokumen

Gunakan kolom search untuk memudahkanmu mencari dokumen atau CV yang kamu tuju. Kamu hanya perlu memasukkan keyword judul CV-mu, misalnya “curriculum vitae”. Setelah itu pilih dokumen yang kamu inginkan.

(8) Klik Tombol Kirim

Langkah terakhir adalah menekan tombol kirim.

Dan yap! Selamat CV-mu berhasil terkirim! Pastikan saat mengirim CV, jaringan internet kamu stabil ya agar dokumen terkirim dengan cepat.

Tangkap Peluang dan Kesempatan Karier Bersama Cakap

Contoh Kata Pengantar untuk Mengirim CV Lewat WA

Buat kamu yang masih bingung bagaimana menulis kata pengantar atau kata-kata cara mengirim CV lewat WA, berikut beberapa contoh yang mungkin bisa menjadi referensimu:

(1) Contoh Kata Pengantar dalam Bahasa Indonesia

Perihal: Lamaran Desain Grafis

Kepada YTH:

Bapak/IBU HRD PT Sumber Sejahtera

Salam sejahtera, semoga bapak/ibu selalu dalam keadaan baik di mana pun berada.

Perkenalkan, saya Richard Sanchez. Melalui pesan Whatsapp ini, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi Desain Grafis. Saya sangat tertarik dengan posisi tersebut karena sangat sesuai dengan background pendidikan dan pengalaman kerja saya sebagai desain grafis selama 5 tahun.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan CV dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. 

Terima kasih atas perhatiannya. Saya berharap bapak/ibu berkenan untuk memberikan saya kesempatan mengikuti proses seleksi selanjutnya.

Salam,

Richard Sanchez

 

(2) Contoh Kata Pengantar dalam Bahasa Inggris

Subject: Graphic Design Job Application

Dear Human Resources Department PT Sumber Sejahtera

I hope this message finds you well.

Allow me to introduce myself. I am Richard Sanchez. Through this Whatsapp message, I would like to apply for the Graphic Design position within your company. I am highly interested in this role as it aligns perfectly with my educational background and 5 years’ experience in graphic design.

For your consideration, I have attached my CV and the required documents.

Thank you for your attention. I hope you would kindly consider giving me the opportunity to participate in the further selection process.

Best regards,

Richard Sanchez

Itu dia tips dan cara mengirim CV lewat WA serta contoh kata-kata pengantarnya. Buat kamu yang sedang mencari dan ingin melamar pekerjaan impian, yuk coba intip website Cakap Career! Ada banyak pilihan pekerjaan yang mungkin cocok untukmu dan bisa langsung kamu lamar. Cek sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.