10 Lowongan CPNS untuk Lulusan SMA dan Jurusannya

cpns lulusan SMA kerja apa
Image by pressfoto on Freepik

Walaupun dunia bisnis berkembang secara pesat dan membuka banyak lapangan pekerjaan, menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS masih menjadi impian banyak orang sejak dulu. Meskipun persaingan CPNS setiap tahunnya selalu ketat, kesempatan masih terbuka lebar, termasuk untuk lulusan SMA. 

Meskipun seleksi CPNS 2024 belum dimulai, penting bagi kamu untuk mempersiapkan diri sejak dini. Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah mengetahui posisi-posisi apa saja yang biasanya terbuka bagi lulusan SMA. Ingin tahu lebih lanjut? Ini dia beberapa opsi yang mungkin bisa jadi pilihan kamu: 

Table of Contents

Lowongan untuk Lulusan SLTA/SMA Sederajat

Bila kamu lulusan SLTA/SMA sederajat dengan jurusan apapun, berikut ini adalah posisi yang bisa kamu pilih. 

1. Penjaga Tahanan

Posisi Penjaga Tahanan atau sipir dibuka oleh Kementerian Hukum dan HAM. Penjaga tahanan bertugas untuk melakukan pengawasan, pengelolaan, dan pemeriksaan keamanan area lapas. 

2. Pemadam Kebakaran

Seorang pemadam kebakaran bertugas untuk memadamkan kebakaran dan melakukan penyelamatan berdasarkan laporan masyarakat. Cita-cita masa kecil bagi banyak orang ini dibuka oleh pemerintah daerah. 

3. Pranata Pencarian dan Pertolongan (Tim SAR)

Posisi ini umumnya lebih dikenal dengan nama petugas Tim SAR (Search and Rescue). Tim SAR bertanggung jawab untuk melaksanakan pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi korban pada keadaan darurat seperti kecelakaan dan bencana alam. Posisi ini juga dibuka oleh pemerintah tingkat daerah. 

4. Manggala Agni

Posisi Manggala Agni yang dibuka oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bertugas untuk melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahat (karhutla). Dalam kata lain, Manggala Agni adalah pemadam kebakaran untuk hutan. 

5. Asisten Pranata Siaran

Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka kesempatan untuk bekerja sebagai Asisten Pranata Siaran yang bertugas untuk melaksanakan penyelenggaraan di tahap produksi hingga penyiaran untuk Radio Republik Indonesia atau RRI. 

6. Asisten Penata Kelola Intelijen

Suka menonton film mata-mata? Ada kesempatan untuk bekerja di dunia intelijen, nih! Badan Intelijen Negara memiliki posisi Asisten Penata Kelola Intelijen yang bertanggung jawab untuk memberi dukungan teknis penyelenggaraan intelijen. 

Lowongan untuk Lulusan SMA Jurusan IPA

Jika posisi-posisi sebelumnya terbuka untuk seluruh jurusan, posisi yang berikut ini terbuka untuk kamu yang lulusan SMA jurusan IPA. 

1. Pengamat Gunung Api

Bila kamu tertarik dengan alam, posisi Pengamat Gunung Api yang dibuka oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mungkin saja cocok untuk kamu! Seorang pengamat gunung api melakukan pengamatan dan pengukuran aktivitas gunung untuk menentukan tingkat kegiatan gunung api. 

Temukan dan Bangun Karier Masa Depan di Perusahaan Impian

2. Asisten Teknisi Siaran

Bila Asisten Pranata Siaran bertanggung jawab atas penyelenggaraan produksi, Asisten Teknisi Siaran bertanggung jawab atas pengoperasian peralatan teknik produksi dan penyiaran untuk Radio Republik Indonesia atau RRI. 

3. Posisi di Bidang Kelautan dan Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki berbagai posisi yang dibuka untuk lulusan SMA IPA. Beberapa di antaranya adalah Teknisi Akuakultur dan Teknisi Kesehatan Ikan. Keduanya bertanggung jawab untuk teknis dan operasional pengelolaan budidaya ikan. Selain kementerian, pemerintah daerah juga memiliki posisi dalam bidang sejenis yaitu Asisten Pengelola Produksi Perikanan Tangkap. 

4. Posisi di Bidang Sarana dan Prasarana

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membuka kesempatan bagi lulusan SMA IPA untuk mengisi posisi Penata Laksana Jalan dan Jembatan. Posisi tersebut bertugas untuk melakukan survei, pemeliharaan, dan pelaksanaan pekerjaan jalan, jembatan, atau terowongan. Bidang serupa juga dibuka oleh pemerintah daerah dengan posisi Penata Laksana Bangunan Gedung dan Kawasan Permukiman. 

Itulah dia beberapa contoh posisi yang tersedia bagi lulusan SMA di CPNS. Dengan ragam pilihan posisi yang tersedia, tidak perlu khawatir jika kamu hanya memiliki ijazah SMA. Perlu diketahui, bahwa posisi yang dibuka untuk setiap tahunnya dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan lembaga atau instansi pemerintahan terkait. 

Jika kamu sedang mencari lowongan pekerjaan, kamu bisa menemukan posisi yang tak kalah menarik di Cakap Career Hub. Cakap Career Hub bekerja sama dengan ratusan perusahaan terbaik di dalam dan luar negeri. Status lamaranmu juga akan di-update secara real-time. Jadi nggak akan digantungin, deh! Yuk, temukan karier impianmu di Cakap Career Hub

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.