9 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA Jurusan IPS

jurusan-ips-bisa-kerja-apa

Punya ijazah SMA dengan background jurusan IPS bisa kerja apa sih? Meskipun di platform pencarian kerja banyak mencari lulusan S1, tapi nggak perlu minder karena faktanya masih banyak kok loker-loker yang membutuhkan lulusan SMA, khususnya dari jurusan IPS. Tidak hanya melulu bekerja sebagai crew cashier atau waitress, lulusan SMA jurusan IPS juga bisa eksplor beberapa pekerjaan lainnya dengan gaji yang cukup besar.

Di artikel ini akan dibahas beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa coba kamu lamar! Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, cek satu per satu!

Table of Contents

Jurusan IPS Sekolah Menengah Atas

jurusan IPS
Photo from Istock

Sekolah Menengah Atas memiliki 3 peminatan atau jurusan, yaitu IPS, IPA, dan Bahasa. Jurusan ini mengajarkan banyak hal tentang ilmu sosial dan hubungannya dengan orang-orang di sekitar. Beberapa mata pelajaran wajib di jurusan IPS adalah Sosiologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan Akuntansi.

Ketika kamu lulus SMA dengan jurusan IPS, kamu bisa mengambil kuliah di jurusan-jurusan Soshum. Atau jika kamu ingin bekerja setelah lulus sekolah, kamu bisa mempertimbangan 9 rekomendasi pekerjaan di bawah ini! Simak terus artikelnya untuk mengetahui semua jawabannya!

Rekomendasi Pekerjaan untuk Jurusan IPS

Photo from Istock

Buat kamu yang mengambil peminatan IPS pada saat Sekolah Menengah Atas, berikut ini pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA jurusan IPS yang mungkin bisa coba kamu apply!

(1) PNS

Ya, kamu nggak salah baca! Lulusan SMA jurusan IPS bisa daftar sebagai Pegawai Negeri Sipil. Seperti kita tahu bahwa ranah formasi pekerjaan dalam PNS sangat banyak, tidak hanya melulu ditujukan untuk mereka yang memiliki gelar S1. Mereka yang hanya memiliki ijazah SMA juga berkesempatan untuk menjadi bagian dari pegawai negeri.

Berikut beberapa instansi yang membuka formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMA jurusan IPS:

  • Staff/Tenaga Administrasi
  • Asisten Tata Kelola Intelijen (Instansi BIN)
  • Paramedik Veteriner (Instansi Kementerian Pertanian)  
  • Petugas Lapangan Keluarga Berencana Pemula (Instansi BKKBN)
  • Petugas Lapangan (Instansi BASARNAS)
  • Pengamat Gunung Api (Instansi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral)
  • Asisten Teknisi (Instansi Kominfo)

(2) Pramugari

Untuk menjadi pramugari, kamu tidak harus memiliki ijazah strata 1 kok Sobat Cakap! Kamu hanya perlu menyelesaikan pendidikan SMA, kemudian mengikuti sekolah pramugari.

Pramugari menjadi salah satu pekerjaan jurusan IPS dengan gaji yang cukup tinggi. Jika kamu memiliki tinggi badan yang proporsional dan mahir berbahasa asing, kamu bisa mencoba mengikuti sekolah atau pelatihan pramugari untuk mendapatkan lisensi pramugari.

Berikut ini beberapa maskapai besar yang membuka lowongan pramugara/pramugari untuk lulusan SMA:

  • Lion Air
  • Super Air Jet

Tidak hanya pramugari maskapai penerbangan, kamu juga bisa melamar sebagai pramugara/pramugari di KAI Service.

Agar kamu bisa mewujudkan impianmu menjadi pramugari setelah lulus SMA, yuk tingkatkan keterampilan bahasa asingmu dengan mengikuti kelas bahasa asing di Cakap. Ada banyak kelas yang bisa kamu pilih, seperti kelas belajar bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Korea, dan bahasa Jepang.

(3) Polisi

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA jurusan IPS selanjutnya adalah polisi. Banyak dari kamu yang mungkin mengira untuk menjadi polisi kamu harus masuk sekolah Akpol. Hal tersebut memang benar, namun buat kamu yang lulusan SMA juga bisa menjadi polisi.

Lulusan SMA diperbolehkan mendaftar untuk posisi Bintara Polri dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda). Beberapa persyaratan utama yang harus dipenuhi jika kamu ingin mendaftar sebagai Bintara Polri adalah:

  • Warga negara Indonesia
  • Memiliki ijazah minimal SMA/SMK/MA
  • Tinggi badan minimal 165 cm (untuk pria) dan 160 cm (untuk wanita)
  • Usia minimal 18 tahun
  • Melampirkan SKCK
  • Belum menikah secara agama maupun secara hukum

Syarat-syarat lengkap lainnya bisa kamu cek langsung melalui website resmi penerimaan polri.

(4) Tutor Privat

Tutor privat menjadi salah satu profesi menjanjikan yang bisa kamu coba. Sebagai lulusan IPS, ada banyak mata pelajaran yang mungkin bisa kamu kuasai. Kamu bisa memberikan les privat untuk mata pelajaran, seperti:

  • Ekonomi
  • Geografi
  • Sosiologi
  • Akuntansi
  • Sejarah

Atau kamu juga bisa menjadi tutor privat anak-anak sekolah dasar dan mengajari mereka semua mata pelajaran dasar yang diperlukan.

Temukan dan Bangun Karier Masa Depan di Perusahaan Impian

(5) Barista

Kamu tertarik mempelajari jenis-jenis kopi dan filosofinya? Yuk, cobain jadi barista! Pekerjaan ini membuka peluang bagi kamu yang hanya berijazah SMA. Barista sendiri adalah seseorang yang bertugas untuk membuat dan menyajikan secangkir kopi dengan nikmat. Lebih dari itu, ternyata spesifikasi kopi yang disajikan oleh barista adalah kopi berbasis espresso (kopi pekat).

Tidak hanya membuat dan menyajikan kopi, seorang barista juga akan belajar bagaimana menggunakan alat kopi, mengetahui perbedaan antara minuman satu dengan minuman yang lainnya. Buat kamu yang tertarik dengan profesi barista, yuk coba cek selengkapnya tentang cara menjadi barista dan tugas-tugasnya!

(6) Akuntan

Lulusan IPS bisa jadi apa? Jadi akuntan jawabannya! Anak-anak SMA yang mengambil peminatan IPS pasti belajar banyak tentang Ekonomi dan Akuntansi. Kamu pasti sedikit banyak telah belajar akuntansi dasar, seperti inventory, stock, dan aset. Maka dari itu, profesi Akuntan ini bisa menjadi pilihan pekerjaan terbaik untukmu.

Kamu bisa mencoba apply pekerjaan sebagai Accounting Staff atau Assistance Accounting. Dalam profesi tersebut kamu biasanya akan ditugaskan untuk melakukan pembukuan, administrasi akuntansi, membuat laporan, dan memastikan semua transaksi sesuai dengan dokumen. Untuk menjadi akuntan, kamu perlu menguasai beberapa tools dan software, seperti Accurate.

(7) Data Entry

Rekomendasi pekerjaan ketujuh yang cocok untuk jurusan IPS adalah data entry. Pekerjaan ini cocok buat kamu yang ingin berkecimpung dalam proses penyalinan data/informasi ke media elektronik, seperti komputer atau perangkat elektronik lainnya. Mereka yang bekerja sebagai data entry bertugas untuk menambah, memverifikasi, dan mengedit data elektronik.

Bekal utama untuk menjadi seorang data entry adalah menguasai beberapa program,seperti;

  • Microsoft PowerPoint
  • Microsoft Word
  • Microsoft Excel
  • Google Drive
  • Apache Open Office

Selengkapnya tentang profesi data entry dan peluang kariernya, bisa kamu cek dalam artikel:

(8) Operator Produksi

Jurusan IPS juga bisa bekerja sebagai operator produksi lho, Sobat Cakap. Profesi ini banyak dibutuhkan di pabrik-pabrik. Operator produksi sendiri adalah profesi yang bertugas untuk mengoperasikan peralatan, mesin, atau fasilitas pabrik lainnya.

Meskipun lowongan ini lebih diprioritaskan untuk SMK dan SMA jurusan MIPA, tapi ada beberapa lowongan operator produksi yang memperbolehkan pelamar SMA sederajat semua jurusan.

Beberapa job desk pekerjaan operator produksi yang harus kamu ketahui:

  • Melakukan proses produksi
  • Mengoperasikan mesin sesuai kegunaannya
  • Mengecek utility sebelum memulai produksi
  • Melakukan perbaikan atau maintenance

(9) Host Live Streaming on TikTok

Satu lagi pekerjaan yang bisa dilamar oleh lulusan SMA jurusan IPS, yaitu host live streaming TikTok. Pekerjaan ini berhubungan erat dengan sarana streaming. Di mana mereka memanfaatkan fitur streaming pada platform tertentu untuk berinteraksi dengan audiens secara real-time.

Host live streaming menjadi pekerjaan yang banyak dicari saat ini. Maraknya fenomena jualan online di platform e-commerce dan sosial media, membuat profesi ini digandrungi dan dibutuhkan oleh banyak pengusaha atau pemilik bisnis tertentu.

Selengkapnya tentang profesi ini bisa kamu baca dalam artikel Host Live Streaming: Job Desk, Gaji, Skill, dan Fun Facts!

Nah, itu dia beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA jurusan IPS.

Buat kamu yang sedang mencari pekerjaan impian, yuk coba cek website Cakap Career! Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu cari dan mungkin cocok untukmu! Langsung cek sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.