Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk IPA & IPS

jurusan kuliah yang menjanjikan
Image by jcomp on Freepik

Sobat Cakap yang saat ini merupakan siswa kelas dua belas mungkin sedang bingung memikirkan jurusan kuliah apa yang akan diambil nantinya. Selain memilih jurusan berdasarkan minat dan bakat yang kamu miliki, kamu juga perlu mempertimbangkan jurusan kuliah yang menjanjikan pekerjaan sesuai harapan setelah lulus. 

Ada banyak jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dan peluang kerja luas yang bisa kamu ambil. Jurusan kuliah yang menjanjikan tersebut tidak hanya terbatas untuk jurusan IPA saja namun ada juga untuk jurusan IPS. Berikut Cakap berikan daftar jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi baik untuk jurusan IPA maupun IPS. 

Table of Contents

Jurusan Kuliah IPA yang Menjanjikan Pekerjaan

Jurusan kuliah IPA umumnya dinilai lebih prestisius ketimbang jurusan IPS. Salah satu penyebabnya adalah karena jurusan kuliah IPA memiliki lebih banyak jurusan dengan prospek kerja dan gaji yang tinggi. Berikut beberapa jurusan kuliah IPA yang menjanjikan pekerjaan:

1. Kedokteran

Sampai saat ini jurusan kedokteran masih menjadi jurusan kuliah IPA yang menjanjikan pekerjaan dan gaji tinggi bagi para lulusannya. Peluang kerja dari jurusan kedokteran juga terbuka lebar setiap tahun. Kamu bisa bekerja di rumah sakit, puskesmas, atau bahkan mendirikan klinik.

2. Psikologi

Jurusan psikologi terbagi dua, sebab ada sebagian universitas menggolongkannya ke dalam rumpun IPA sementara yang lain menggolongkannya ke dalam rumpun IPS. Jurusan psikologi IPA lebih berfokus pada pembahasan biologi dan kimia. Selain jadi psikolog, lulusannya juga bisa bekerja sebagai seorang konsultan, HR, peneliti dan lain sebagainya.

3. Keperawatan

Dalam jurusan keperawatan kamu akan mempelajari tentang berbagai teori dan teknologi terkini yang terkait dengan perawatan kesehatan. Keperawatan merupakan salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi bagi wanita. Lulusannya dapat bekerja sebagai perawat di rumah sakit atau puskesmas hingga menjadi seorang terapis.

4. Teknik

Meskipun identik dengan jurusan yang didominasi laki-laki, tidak sedikit perempuan yang tertarik dengan bidang ini. Hampir seluruh jurusan teknik memiliki prospek kerja yang tinggi dan menawarkan gaji yang terbilang tinggi. Ada banyak jurusan teknik yang dapat kamu ambil mulai dari teknik sipil, industri, kimia, mesin, komputer/informatika, dan lainnya. 

5. Arsitektur

Masih termasuk dalam rumpun teknik, arsitektur merupakan jurusan yang mempelajari tentang cara mendesain bangunan. Arsitektur merupakan salah satu jurusan kuliah IPA yang menjanjikan pekerjaan dengan gaji tinggi, kamu bisa bekerja di perusahaan properti, konstruksi atau bahkan membuat perusahaan sendiri. 

cara menentukan jurusan kuliah

Jurusan Kuliah IPS yang Menjanjikan Pekerjaan

Pada dasarnya jurusan kuliah IPS tidak lebih rendah ketimbang IPA. Ada cukup banyak jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan dengan gaji tinggi bagi para lulusannya. Berikut beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan untuk anak IPS:

1. Hukum

Bagi Sobat Cakap yang mencari jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan dengan gaji tinggi maka jurusan hukum bisa menjadi salah satu opsi. Ada banyak peluang kerja dengan gaji tinggi bagi para lulusan hukum mulai dari menjadi pengacara, jaksa, hakim, konsultan dan lain sebagainya.

2. Manajemen

Apabila kamu memiliki ketertarikan dalam mempelajari ekonomi, maka jurusan manajemen bisa dijadikan salah satu opsi. Dalam jurusan manajemen akan dipelajari tentang keuangan, bisnis, kewirausahaan dan lain-lain. Lulusan manajemen juga memiliki peluang kerja yang luas, mulai dari pekerjaan di bidang perbankan hingga menjadi wirausahawan.

3. Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan bergaji tinggi berikutnya adalah ilmu komunikasi. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai macam hal mulai dari tata cara berkomunikasi, media massa, fotografi, keterampilan menulis, dan lainnya. Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja dalam bidang yang sangat luas mulai dari media hingga periklanan. 

4. Hubungan Internasional

Hubungan internasional atau yang lebih populer disebut HI merupakan salah satu jurusan kuliah favorit bagi anak IPS. Lulusan HI memiliki peluang cukup besar untuk bekerja di luar negeri, terutama apabila berkarier sebagai seorang diplomat. Selain itu, lulusan HI juga berpeluang bekerja sebagai politisi, eksportir, konsultan, dan beragam profesi lainnya. 

5. Akuntansi

Suka hitung-hitungan? Maka jurusan akuntansi mungkin cocok untuk kamu. Lulusan akuntansi selalu dibutuhkan oleh perusahaan manapun, peluang kariernya pun terbuka lebar mulai dari menjadi konsultan keuangan, audit, perpajakan dan lain-lain. Selain itu, lulusan akuntansi biasanya juga dapat bekerja di bidang yang berkaitan seperti manajemen dan keuangan.

jurusan kuliah ipa ips yang menjanjikan pekerjaan

Cara Memilih Jurusan yang Tepat

Memilih jurusan kuliah berdasarkan prospek kerja yang menjanjikan peluang bagus tentu saja sangat disarankan. Meski demikian, kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum menetapkan pilihanmu. 

1. Kenali minat dan bakat

Sebelum memilih jurusan kuliah, kamu wajib memperhatikan minat dan bakat yang kamu miliki. Ada banyak kasus di mana mahasiswa merasa salah jurusan hingga di DO karena kehilangan motivasi melanjutkan studi. Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut adalah karena tidak mempertimbangkan bakat dan minat pribadi sebelum memilih jurusan tersebut. 

2. Konsultasi dan diskusi

Selanjutnya, jangan lupa diskusikan rencana studimu dengan guru, orang tua, saudara, atau konselor program bimbingan belajar. Dengan berdiskusi dan berkonsultasi dengan mereka yang lebih berpengalaman, kamu akan mendapatkan perspektif baru yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. 

3. Riset

Cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai berbagai jurusan yang disediakan oleh pihak universitas. Jangan membatasi diri dengan jurusan kuliah yang umum-umum saja, cobalah mencari tahu jurusan-jurusan kuliah yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang namun cocok dan menarik kamu kamu dalami. 

Demikian artikel tentang jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi baik untuk IPA maupun IPS. Semoga bermanfaat untuk kamu yang saat ini masih kebingungan dalam menentukan pilihan jurusan kuliah, ya! 

Bagi yang ingin mengambil jurusan kuliah yang menjanjikan prospek kerja bagus di luar negeri, konsultasi di Cakap Study Abroad, yuk! Selain layanan konsultasi, kamu juga bisa mempercayakan pengurusan studimu ke luar negeri dengan Cakap. Yuk, konsultasi sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • id.prosple.com
  • hotcourses.co.id
  • tesbakatindonesia.com

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap