Macam-Macam Jurusan Kuliah & Prospek Kerjanya, Banyak Peminat!

macam-macam jurusan kuliah

Setelah kamu lulus dari SMA, tentu selanjutnya berencana untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bukan? Tetapi, masih banyak di antara siswa SMA yang merasa bingung ingin memilih kuliah jurusan apa. Padahal, macam-macam jurusan kuliah yang tersedia cukup banyak, lho.

Buat kamu yang masih bingung mengenai jurusan apa yang akan dipilih, maka kamu perlu mengenai minat dan bakatmu terlebih dulu. Sehingga, hal tersebut bisa menjadi acuan untuk memilih jurusan kuliah. Selanjutnya, kamu akan menempuh lama waktu kuliah selama 4 tahun untuk menamatkan pendidikan formal tersebut.

Maka dari itu, pastikan kamu tidak salah pilih dan sudah mempertimbangkannya dengan matang. Nah sebagai salah satu pertimbangan, yuk kenali dulu jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya yang banyak diminati.

Macam-Macam Jurusan Kuliah di Indonesia

Indonesia memiliki sejumlah kota yang terkenal dengan kota pelajar karena banyaknya mahasiswa yang menempuh berbagai pendidikan tinggi di sana. Inilah bukti bahwa ada banyak universitas baik negeri maupun swasta, dan tentunya  dengan masing-masing jurusan yang berbeda di dalamnya.

Ada berapa macam jurusan kuliah? 

Sebenarnya telah ada berbagai jenis jurusan yang tersedia, dan semakin hari semakin berkembang. Bahkan, setiap universitas tidak selalu menyediakan jurusan yang sama. Sebagai referensi untuk pilihanmu, berikut beberapa jurusan populer yang banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Macam-Macam Jurusan Kuliah IPA

benzoix on freepik

Bila kamu tertarik mengambil bidang keilmuan sains atau mungkin kamu lulusan SMA jurusan IPA, maka salah satu dari macam-macam jurusan kuliah IPA berikut ini bisa menjadi pilihan kamu.

1. Kedokteran

Kedokteran bisa dikatakan sebagai salah satu dari macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak peminatnya, khususnya anak IPA. Meski terkenal dengan biayanya yang fantastis, namun prospek kerja dari jurusan kedokteran sudah terjamin.

Ilmu kedokteran memiliki peran penting dalam keberlangsungan hidup masyarakat, itulah mengapa jurusan ini memiliki banyak peminat. Pada jurusan kedokteran, kamu akan mendapatkan pengajaran dan pengarahan seputar kesehatan, termasuk pengobatan, diagnosis, pencegahan, administrasi rumah sakit, dan sebagainya.

Mau Kuliah? Cek Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia Terbaru dan Syarat Kuliahnya

2. Farmasi

Farmasi atau apoteker adalah jurusan yang mempelajari seputar pembuatan obat-obatan. Dalam program studi ini, kamu akan belajar mengenai cara mengidentifikasi, meracik, memformulasikan, memproduksi, mengombinasi, analisis, hingga standarisasi obat.

Lulusan Sarjana Farmasi memiliki prospek karir yang cukup beragam, di antaranya sebagai apoteker, asisten apoteker, peneliti dan pengembang obat, bekerja di perusahaan kosmetik/makanan/obat, atau menjadi staf regulasi distribusi obat-obatan. 

3. Keperawatan

Jurusan keperawatan tak kalah populer dari kedokteran. Namun, kedua jurusan ini biasanya berada dalam satu fakultas yang sama, yaitu fakultas kedokteran. Pada jurusan keperawatan, kamu akan mempelajari seputar teori untuk merawat pasien.

Lulusan keperawatan nantinya dapat bekerja sebagai tenaga kesehatan di rumah sakit, puskesmas., poliklinik, atau Dinas Kesehatan. Kamu juga bisa lho membuka praktik di rumah, tentunya dengan memenuhi syarat perizinan yang berlaku.

4. Teknologi Pangan

Macam-macam jurusan kuliah IPA yang populer selanjutnya adalah teknologi pangan. Jurusan ini fokus mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan keamanannya untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi.

Pada program studi ini juga kamu akan mempelajari bagaimana efek sosial dari makanan yang kita konsumsi, termasuk pengaruhnya pada budaya. Setelah lulus dari sini kamu dapat bekerja di Instansi Pemerintah atau perusahaan boga dan pangan.

5. Ilmu Gizi

Ilmu gizi adalah jurusan kuliah yang cocok untuk kamu penggemar mata pelajaran kimia atau biologi. Karena, jurusan ini akan membuatmu berkutat dengan dua pelajaran tersebut. Ilmu gizi akan mempelajari seputar kesehatan gizi serta kualitas tubuh manusia.

Bila kamu memilih jurusan ini saat kuliah, maka ketika lulus kamu dapat bekerja di bidang yang berkaitan dengan ahli diet dan nutrisi, atau perusahaan yang berhubungan dengan produksi makanan. 

6. Statistika

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses pengolahan data, mulai dari perencanaan, pengumpulan, analisis, interpretasi, hingga presentasi suatu data. Ketika masuk dalam jurusan ini, kamu pasti akan langsung akrab dengan angka dan data.

Oh iya, prospek karir dari jurusan statistika ini juga cukup luas, lho. Sarjana statistika berpeluang untuk bekerja sebagai peneliti survei, aktuaria, ahli statistik, dan masih banyak lagi. 

7. Bioteknologi

Macam-macam jurusan IPA selanjutnya adalah bioteknologi, yang merupakan salah satu cabang dari ilmu biologi. Jurusan ini mempelajari seputar pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar guna menghasilkan produk.

Mahasiswa jurusan bioteknologi akan familiar dengan penerapan teknik fermentasi, teknologi enzim, mikroorganisme, dan sejenisnya. Untuk prospek kerjanya, kamu bisa bekerja di bidang kesehatan, makanan, farmasi, hingga kosmetika.

Macam-Macam Jurusan Kuliah IPS atau Soshum

Sebelumnya, kamu sudah mengetahui beberapa jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya dalam keilmuan IPA. Untuk sekarang, yuk simak macam-macam jurusan kuliah IPS berikut ini.

1. Sastra

Jurusan yang satu ini banyak diminati karena bisa membantu kamu dalam memahami bahasa baru dari berbagai negara. Tidak hanya Indonesia, namun jurusan ini terdiri atas beberapa cabang, di antaranya Sastra Inggris, Jepang, Jerman, Mandarin, hingga Prancis.

Prospek kerjanya yang luas juga menjadi salah satu alasan mengapa jurusan ini banyak diminati. Lulusan jurusan sastra berpeluang menjadi dosen. penerjemah, jurnalis atau bahkan di kedutaan besar. 

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi (ilkom) bisa dibilang sebagai jurusan paling netral, hal ini karena lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai jenis bidang. Meski begitu, kamu akan lebih sering menjumpai lulusan ilkom di bidang broadcasting. 

Di dalam jurusan ilmu komunikasi, kamu akan belajar banyak hal, lho. Apa saja itu? Mulai dari jurnalistik, periklanan, pembuatan konten, kepenulisan, hingga marketing. Sehingga tak heran jika prospek kerjanya cukup luas.

3. Hubungan Internasional (HI)

Tak jarang seseorang yang bermimpi ingin keliling dunia memilih hubungan internasional sebagai jurusan kuliahnya. Mengapa? Hal ini karena di jurusan HI, kamu akan belajar mengenai pola komunikasi politik dan diplomasi dalam skala global. 

Selain itu kamu juga akan belajar mengenai hukum internasional, kerja sama internasional, politik luar negeri, dan sebagainya. Di mana, dengan ilmu tersebut kamu berkesempatan untuk bekerja sebagai kedutaan besar, perwakilan negara, jurnalistik, atau konsultan internasional.

4. Administrasi Bisnis

Dalam jurusan administrasi bisnis, kamu akan belajar mengenai cara mengembangkan sekaligus meraih kesuksesan dalam berbisnis. Dengan menekuni ilmu ini, kamu akan menguasai hal-hal yang berkaitan dengan operasional bisnis. 

Lulusan administrasi bisnis tidak harus menjadi seorang pengusaha. kamu bisa juga bekerja sebagai staf administrasi umum, perpajakan, pengelolaan SDA, konsultan pengembangan bisnis, dan sebagainya. 

5. Psikologi

Macam-macam jurusan kuliah IPS yang juga banyak diincar adalah psikologi. Dengan mempelajari keilmuan ini, kamu akan lebih memahami tentang karakter manusia hingga bagaimana cara mengelola kesehatan mental.

Sebagai lulusan psikologi, kamu dapat bekerja sebagai staf HR, di mana peluang pekerjaan ini cukup besar. Mengingat, setiap perusahaan pasti membutuhkan peran HR guna mengelola sumber daya manusia di dalamnya.

6. Ilmu Politik

Ilmu politik menjadi salah satu dari macam-macam jurusan kuliah yang cukup menarik, terlebih bagi kamu yang suka mengikuti isu politik baik di dalam negeri maupun internasional. Seperti namanya, tentu saja jurusan ini akan mempelajari terkait perkembangan serta strategi politik

7. Akuntansi

Akuntansi juga menjadi salah satu dari macam-macam jurusan kuliah yang banyak diincar. Bila kamu suka bergelut dengan angka, maka jurusan ini akan cocok denganmu. Lulusan Sarjana Akuntansi memiliki prospek karir cerah karena setiap perusahaan pasti akan membutuhkan peran pentingnya untuk mengelola keuangan perusahaan.

Baca juga : Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk IPA & IPS

Macam-Macam Jurusan Kuliah Teknik

mindandi on freepik

Selain dari jurusan IPA dan IPS di atas, kamu juga bisa memilih salah satu dari beberapa jenis jurusan teknik. Lulusan teknik dikenal memiliki gaji besar jika bekerja di bidang yang selinier. Adapun beberapa jenis jurusan teknik yang umumnya ada di universitas di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Teknik Informatika
  • Teknik Sipil
  • Teknik Industri
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Elektro
  • Teknik Arsitektur
  • Teknik Pengelolaan Wilayah dan Kota

Nah, itu dia ulasan terkait macam-macam jurusan kuliah yang banyak diminati serta bagaimana prospek karirnya di masa depan. Semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat, ya!

Apapun jurusan yang kamu pilih nantinya, tentu akan kamu gunakan sebagai bekal untuk terjun dalam dunia kerja setelah lulus. Selain menempuh pendidikan formal, kamu juga bisa lho mengasah kemampuan melalui kursus online yang ada di Cakap Upskill. Kami menyediakan berbagai kelas yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Cek sekarang juga! #SiapaCakapDiaDapat.

Baca juga :

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap