Double Degree: Syarat, Contoh Gelar, Cara, dan Biaya Kuliah Lengkap

double degree adalah
Image by Freepik

Tahukah kamu bahwa kamu bisa mendapatkan dua gelar sekaligus dalam satu masa studi? Double Degree adalah pilihan yang menantang tapi menguntungkan bagi mahasiswa dengan komitmen akademik yang tinggi dan ingin memperluas bidang keahlian. 

Lalu bagaimana sistem perkuliahan Double Degree dan kira-kira apa saja ketentuannya? Nah, kali ini kita akan membahas berbagai seluk beluk Double Degree yang perlu Sobat Cakap ketahui, mulai dari pengertian hingga biayanya. Check it out!

Table of Contents

Apa Itu Double Degree

Secara sederhana, Double Degree adalah program gelar yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar akademik dalam satu masa studi. Seringkali Double Degree adalah program kerjasama khusus institusi pendidikan dalam negeri dengan institusi luar negeri. 

Dengan demikian, saat lulus kamu akan mendapatkan satu gelar dari dalam negeri dan juga satu gelar internasional. Sistem pembelajarannya pun biasanya disesuaikan dengan beban studi program studi yang diambil, tentunya dengan kesempatan belajar di luar negeri. 

Umumnya, Double Degree adalah program yang didesain untuk mendapatkan dua gelar akademik dalam satu jenjang studi yang sama. Meski demikian, ada pula program Double Degree yang menawarkan program gelar sarjana dengan lanjutan program gelar magister.  

Double degree dalam jenjang yang sama di Indonesia disebut program Gelar Ganda Reguler, misalnya sama-sama S1 atau S2. Sementara untuk Double Degree dengan dua jenjang yang berbeda disebut Gelar Ganda Akselerasi, misalnya S1 dan S2.  

Lama kuliah untuk program Double Degree biasanya tergantung jenjangnya, untuk Gelar Ganda reguler S1 bisanya dapat ditempuh dalam 4–5 tahun. Hal ini tentunya lebih cepat daripada mengambil masing-masing program studi yang memakan waktu hingga 8 tahun. 

Contoh gelar Double Degree antara lain: 

  • Sarjana Manajemen (S.M) dan Bachelor of Management (BBM)
  • Bachelor of Art in Psychology (BA) dan Bachelor of Business Administration (BBA).

Perbedaan Double Degree dan Double Major

Double Degree sering dianggap sama dengan Double Major, padahal keduanya cukup berbeda. Kedua istilah ini umum digunakan dalam pendidikan di luar negeri tetapi masih kurang familiar di dalam negeri sehingga sering dikira sama. 

Double Degree adalah program untuk mendapatkan dua gelar sekaligus dalam satu waktu, seringkali dari dalam dan luar negeri. Program ini memiliki nama lain Dual Degree yang dalam sistem pendidikan Indonesia disebut program Gelar Ganda. 

Sementara Double Major adalah jurusan yang memungkinkan kamu mengambil dua jurusan yang berbeda dengan gelar akademik yang sama. Double Degree juga berbeda dengan Associate Degree yang merupakan gelar untuk tingkat pendidikan setara dengan Diploma III. 

Istilah lainnya yang sering dianggap sama adalah Joint Degree yang dalam bahasa Indonesia disebut Gelar Bersama. Joint Degree sendiri adalah satu program gelar yang dihasilkan oleh kerjasama dua perguruan tinggi atau lebih.

syarat double degree
Image by Freepik

Peraturan dan Syarat Double Degree

Berdasarkan kemendikbud, program Gelar Ganda di Indonesia memiliki beberapa ketentuan Double Degree, di antaranya:

  • Minimal 2 PT (dalam dan luar negeri)
  • Program studi yang berbeda dengan minimal 50% beban studi kedua prodi memiliki persamaan
  • Berada dalam jenjang yang sama dengan dua gelar dan 2 ijazah. 
  • Dilengkapi Surat Keterangan Pendamping Ijazah/Diploma Supplement.

Sementara syarat untuk dapat mendaftar di program Double Degree adalah tergantung universitas serta jenis program studi yang diambil. Syarat umum Double Degree antara lain: 

  • Terdaftar di kelas internasional di universitas program studi pertama
  • Telah menyelesaikan 25% beban studi di program studi pertama dengan IPK minimal 3.51
  • Fasih berbahasa Inggris yang ditunjukkan dengan iBT TOEFL (minimal 80) atau IELTS (minimal 6.0)
  • Memiliki paspor
  • Mengisi form untuk mengambil program Double Degree

Cara Kuliah Double Degree

Setiap universitas dan institusi pendidikan memiliki ketentuan yang berbeda untuk setiap program Double Degree mereka. Ada yang harus diambil sejak awal, ada pula yang dapat diambil setelah menyelesaikan kuliah sampai semester tertentu. 

Idealnya, kamu harus sudah merencanakan untuk Double Degree sejak sebelum memasuki universitas. Kamu harus telah mencari tahu terlebih dahulu program yang akan kamu ambil serta persyaratan untuk mengambil program tersebut. 

Meskipun ada program Double Degree yang dapat diambil setelah mengikuti perkuliahan sampai semester tertentu, biasanya tetap ada syarat khusus. Misalnya harus sudah terdaftar di kelas internasional atau terdaftar dalam program khusus sejak awal. 

Biaya Kuliah Double Degree

Mengambil dua program gelar dalam satu waktu tentunya akan memakan lebih banyak biaya daripada program reguler. Biayanya pun juga akan sangat bervariasi tergantung program gelar atau program studi yang diambil dan universitas yang menyediakan program tersebut. 

Jika program yang kamu ambil termasuk studi di luar negeri untuk beberapa waktu, kamu juga harus mempertimbangkan biaya hidup di sana. Hal ini tentunya harus didiskusikan dengan matang bersama orang tua atau wali yang akan membiayai. 

Mudahnya, untuk biaya kuliah Double Degree kamu perlu mempersiapkan uang kuliah dan biaya hidup dua kali lipat daripada perkuliahan reguler. Sementara untuk angka pastinya, kamu bisa mencari tahu langsung di universitas penyedia program Double Degree yang kamu minati. 

Double Degree adalah salah satu cara yang dapat ditempuh untuk Sobat Cakap yang ingin merasakan kuliah di luar negeri. Selain mengambil Double Degree, kamu juga bisa mendaftar langsung untuk studi ke luar negeri melalui Cakap Study Abroad, lho. Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • lldikti5.kemdikbud.go.id
  • bestcolleges.com
  • kliping.um.ac.id
  • hotcourses.co.id

Baca juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap