Associate Degree: Bedanya dengan Bachelor Degree dan Diploma

associate degree

Associate Degree adalah gelar pendidikan yang tentunya kurang familiar bagi kita yang selama ini menempuh pendidikan di dalam negeri. Sementara itu, banyak institusi pendidikan kuliah di luar negeri yang menawarkan program tersebut untuk lulusan SMA. Kira-kira apa sih Associate Degree itu dan apa bedanya dengan Bachelor Degree? Yuk, cari tahu! 

Table of Contents

Apa Itu Associate Degree?

Associate degree adalah jenjang pendidikan tinggi yang biasanya ditempuh dalam waktu 2-3 tahun setelah lulus dari sekolah menengah atas. Pendidikan Associate Degree setara dengan Diploma III (D3) di Indonesia dengan pilihan program studi spesifik seperti bisnis, teknologi informasi, dan kesehatan. 

Sama dengan program gelar sarjana (S1) atau Bachelor Degree, Associate Degree juga termasuk dalam level undergraduate degree. Program gelar ini ditawarkan oleh college atau universitas yang mengkhususkan satu bidang studi tertentu. 

Perlu diketahui, program Associate Degree adalah program yang berorientasi pada aplikasi praktis sehingga lebih pendek daripada Bachelor Degree. Setelah lulus dari program Associate Degree, kamu bisa melanjutkan ke program sarjana atau bekerja sesuai bidang pendidikan. 

Jenis-jenis Associate Degree

Ada beberapa jenis Associate Degree yang dapat ditempuh sesuai dengan bidang studi yang dipilih, di antaranya:

  1. Associate of Arts (AA) → Associate of Arts adalah jenis Associate Degree yang fokus pada bidang studi liberal arts, seperti sastra, ilmu sosial, atau seni.
  2. Associate of Science (AS) → Associate of Science adalah jenis Associate Degree yang fokus pada bidang studi ilmu alam, seperti matematika, fisika, atau kimia.
  3. Associate of Applied Science (AAS) → Associate of Applied Science adalah jenis Associate Degree yang fokus pada bidang studi yang lebih praktis dan aplikatif, seperti teknik, desain, atau kesehatan.
  4. Associate of Fine Arts (AFA) → Associate of Fine Arts adalah jenis Associate Degree yang fokus pada bidang studi seni rupa, seperti lukis, patung, atau desain.
  5. Associate of Business Administration (ABA) → Associate of Business Administration adalah jenis Associate Degree yang fokus pada bidang studi bisnis, seperti akuntansi, manajemen, atau pemasaran.

Perbedaan Associate Degree dengan Bachelor Degree

Berikut adalah beberapa poin perbedaan Associate Degree dengan Bachelor Degree yang perlu sobat cakap ketahui sebagai bahan pertimbangan. 

1. Durasi

Hal pertama yang membedakan Bachelor Degree dan Associate Degree adalah durasi pendidikan. Kamu bisa menyelesaikan pendidikan Associate Degree dalam waktu 2-3 tahun saja, sementara Bachelor Degree umumnya diselesaikan dalam waktu 4 tahun. 

2. Bidang studi

Associate Degree biasanya lebih fokus pada satu bidang studi tertentu yang banyak dibutuhkan industri. Sementara Bachelor Degree memberikan pengalaman belajar yang lebih luas dan menyeluruh dengan pilihan bidang studi yang lebih beragam. 

3. Kualifikasi

Associate Degree biasanya menyediakan kualifikasi yang lebih spesifik dan terbatas, sementara Bachelor Degree menyediakan kualifikasi yang lebih umum dan luas. Hal ini termasuk hal yang harus dipertimbangkan jika kamu masih ragu untuk memilih satu di antara keduanya. 

4. Aplikasi praktis

Pendidikan Associate Degree adalah pendidikan yang berfokus pada aplikasi praktis daripada teori akademik. Sebaliknya, Bachelor Degree lebih fokus pada teori akademik dan memberikan keterampilan yang lebih luas. 

5. Persyaratan masuk

Untuk memasuki program Associate Degree, kamu hanya perlu lulus dari sekolah menengah atas. Sementara untuk memasuki program Bachelor Degree di luar negeri, biasanya dibutuhkan kurikulum internasional atau harus mengambil program persiapan terlebih dahulu. 

Perbedaan Associate Degree dengan Diploma

Selain berbeda dengan gelar Bachelor Degree, Associate Degree juga tidak sama dengan gelar Diploma di luar negeri. Meskipun dapat dianggap setara dengan Diploma III di Indonesia, Associate Degree tidak setara dengan gelar Diploma di luar negeri. 

Hal ini karena gelar Diploma di Indonesia semuanya digunakan untuk pendidikan tinggi setelah SMA. Sementara gelar Diploma di luar negeri diberikan oleh High School (SMA), Trade School/College (SMK), atau tempat kursus. 

Associate Degree sendiri biasanya adalah gelar yang diberikan jika kamu menempuh pendidikan di College, Community College, atau universitas. Gelar ini hanya dapat diambil setelah kamu memiliki ijazah SMA atau yang juga disebut sebagai High School Diploma. 

Jadi, program gelar Associate Degree adalah setara dengan D3 di dalam negeri ya, Sobat Cakap. Demikianlah pembahasan mengenai Associate Degree mulai dari pengertian, jenis-jenisnya, hingga perbedaannya dengan Bachelor Degree dan Diploma. Bagi Sobat Cakap yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, yuk, diskusikan rencanamu dengan Cakap Study Abroad! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • hotcourses.com
  • topuniversities.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.