Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia Terbaru dan Syarat Kuliahnya

universitas-kedokteran-terbaik-di-dunia

Salah satu jurusan kuliah yang berhubungan dengan praktisi kesehatan ini masih menjadi favorit banyak kalangan. Banyak masyarakat menilai bahwa profesi sebagai dokter memiliki jenjang karier yang sangat menjanjikan. Tak heran jika banyak orang tua berbondong-bondong ingin menyekolahkan anaknya di Fakultas Kedokteran terbaik di dunia. Kalau kamu dan orang tuamu adalah salah satunya, kalian butuh banget nih referensi tentang universitas kedokteran terbaik di dunia. Kira-kira ada daftar universitas incaranmu nggak ya? Langsung aja deh yuk intip nama-nama kampusnya!

Table of Contents

Kuliah Jurusan Kedokteran di Luar Negeri

Ilmu kedokteran adalah bagian dari ilmu kesehatan yang fokus studinya terarah pada bagaimana cara menjaga kesehatan, mencegah penyakit, dan memberikan saran tentang pengobatan yang tepat. Kuliah jurusan kedokteran akan mempelajari seluk beluk tentang kesehatan baik pada manusia maupun hewan.

Sebelum memutuskan untuk mengambil kuliah kedokteran, kalian perlu mengenal terlebih dahulu beberapa hal penting tentang informasi basic seputar kuliah kedokteran di luar negeri.

(1) Syarat Penerimaan

Syarat penerimaan mahasiswa untuk dapat berkuliah di kampus kedokteran terbaik di dunia tentu berkaitan dengan beberapa faktor. Beberapa faktor yang paling penting adalah prestasi akademik, sudah menyelesaikan pendidikan SMA/S1, memiliki kemampuan yang fasih dalam bahasa asing yang menjadi pengantar mata kuliah, dan bagi beberapa universitas memberlakukan syarat kuliah di luar negeri yang berbeda-beda.

(2) Lamanya Waktu Pendidikan Kedokteran di Luar Negeri

Lamanya waktu pendidikan di fakultas kedokteran terbaik di dunia bergantung pada universitas masing-masing. Namun, secara umum untuk menyelesaikan program S1 kedokteran di luar negeri, kamu bisa menempuh waktu studi selama 4-6 tahun. Sedangkan untuk program S2, biasanya waktu studinya selama 2-4 tahun.

(3) Gelar Dokter Lulusan Luar Negeri

Kamu mungkin sudah tahu betul tentang gelar lulusan dokter di Indonesia, yaitu (S.Ked.). Kalau di luar negeri gelarnya beda lagi, lho. Gelar yang disematkan bagi lulusan kedokteran luar negeri ternyata berbeda-beda, bergantung lulusannya, S1, S2, atau S3. Untuk S1 Dokter di Luar Negeri, gelar yang didapat adalah B.Med (Bachelor of Medicine)

(4) Biaya Kuliah Kedokteran di Luar Negeri

Mengambil kuliah di fakultas kedokteran luar negeri mahal nggak ya? Dibandingkan dengan di Indonesia, biaya kuliah di universitas jurusan kedokteran terbaik di dunia tentu lebih mahal. Biaya kuliah juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti lokasi universitas, biaya praktikum, dan lamanya durasi pendidikan. Biasanya, rata-rata biaya yang dihabiskan untuk kuliah kedokteran di luar negeri mencapai ratusan hingga milyaran rupiah per tahun.

Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia

Masuk pada pembahasan utama dalam artikel ini, yaitu universitas kedokteran terbaik di dunia 2022 berdasarkan riset dari Time Higher Education World University. 

Di top 5 daftar universitas di bawah ini, manakah yang paling ingin kamu tuju? Sambil melihat daftar kampus kedokteran terbaik di dunia kamu bisa mulai mencari tahu persiapan kuliah di luar negeri dari sekarang. Yuk, langsung saja mulai dari daftar kampus yang pertama!

(1) University of Oxford

Melihat nama University of Oxford di urutan pertama kayaknya udah nggak heran lagi ya, secara universitas ini memang terkenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Universitas yang terletak di Inggris raya ini fokus pada pengembangan praktikum secara langsung. Lamanya waktu pendidikan kedokteran di kampus ini biasanya mencapai waktu 6 tahun. Di mana di tahun ketiga, mahasiswa mendapatkan gelar BA di bidang ilmu medis.

(2) Harvard University

Di posisi kedua universitas kedokteran terbaik di dunia ditempati oleh Harvard University. Kampus ini memiliki beberapa program pendidikan kedokteran, seperti Medical Program, PhD Program, Master’s Degree Program, dll. Harvard University sangat ketat dalam penyeleksian pendaftaran masuk fakultas kedokteran, dari total pendaftaran, biasanya hanya sekitar 3-4% saja lho yang diterima. Buat kamu yang ingin lanjut kuliah di Amerika, universitas ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik!

(3) University of Cambridge

Masih di Benua Eropa, tepatnya negara Inggris, universitas jurusan kedokteran terbaik di dunia selanjutnya adalah University of Cambridge. Kampus ini memiliki riset biomedical terbaik dan terbesar di Eropa.  Di sini, kamu juga bisa lho mengambil program postgraduate di bidang Haematology, Psychiatry, dan masih banyak lainnya.

(4) Imperial College London

Pernah dengan nama kampus ini sebelumnya? Yap, Imperial College London juga menjadi salah satu universitas kedokteran terbaik di dunia. Universitas yang berpusat di Kota London ini berdiri sejak 25 tahun lalu. Ada banyak program studi kedokteran yang ditawarkan untuk undergraduate dan postgraduate. Di sini kamu juga bisa mengambil short course, lho.

(5) University of Toronto

Beralih ke Kanda, di urutan ke-lima universitas kedokteran terbaik di dunia ada University of Toronto. Universitas ini merupakan universitas kedokteran tertua di Kanada yang berdiri sejak tahun 1843. Fakultas kedokteran ini namanya makin dikenal sejak berhasil menemukan insulin dan sel punca. Wah keren banget ya?

Itu dia daftar kampus kedokteran terbaik di dunia lengkap dengan fakta-fakta tentang kuliah jurusan kedokteran di luar negeri. Biar jalan menuju study abroad kamu makin lancar, yuk persiapkan bekal bahasamu melalui kursus bahasa Inggris online Cakap!

Referensi:
-databoks.katadata.co.id
-idp.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.