10 Pekerjaan untuk Lulusan SMA Terbaik dengan Gaji Besar

pekerjaan untuk lulusan SMA
Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Kamu lulusan SMA? Tidak hanya pekerjaan untuk anak SMA yang bisa dicoba selama kamu bersekolah, kamu juga bisa memilih berbagai pekerjaan untuk lulusan SMA dari berbagai jurusan. Pilihan ini bisa jadi alternatif jika kamu ingin bekerja dibandingkan melanjutkan studi. Lalu, apa saja rekomendasi pekerjaan yang bisa dicoba? Langsung scroll aja, yuk!

10 Rekomendasi Pekerjaan Terbaik untuk Lulusan SMA

Kali ini Cakap akan memberi 10 rekomendasi pekerjaan untuk lulusan SMA yang mungkin cocok untuk kamu. Check it out!

1. Sales Representative

Pekerjaan pertama yang cocok untuk lulusan SMA adalah sebagai Sales Representative atau Sales di sebuah perusahan. Saat ini masih banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan SMA untuk menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan. Selain mendapatkan gaji, Sales biasanya juga mungkin mendapatkan bonus tergantung dengan performa penjualan, lho. Kamu tertarik? 

2. Administrasi 

Pekerjaan administrasi yang berhubungan dengan dokumen perkantoran masih sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Selain berurusan dengan dokumen, kamu mungkin juga akan terlibat dalam proses input data di perusahaan sehingga ketelitian dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Penghasilan untuk admin biasanya akan tergantung pada jenis perusahaan yang menyediakan pekerjaan. 

3. Operator Produksi

Selanjutnya, kamu juga dapat bekerja di pabrik sebagai operator mesin atau operator produksi yang tugasnya mendukung proses produksi barang. Seiring dengan banyaknya industri manufaktur, tenaga kerja di bidang produksi masih akan terus dibutuhkan. Biasanya pekerjaan ini memiliki banyak prosedur yang wajib diikuti, oleh karena itu kamu tentunya akan mendapatkan training terlebih dahulu. 

4. Pelayan atau Karyawan Toko

Pekerjaan untuk lulusan SMA selanjutnya adalah menjadi pelayan atau karyawan toko. Pekerjaan seperti pelayanan di restoran atau cafe biasanya terbuka untuk lulusan SMA selama kamu bisa mengikuti standar pelayanan yang ditentukan. Selain itu, kamu juga bisa menjadi karyawan atau kasir di toko retail yang tentunya juga akan terlebih dahulu menerima pelatihan. 

5. Call Center Agent 

Seperti namanya, Call Center Agent bertugas melayani pelanggan melalui telepon. Kamu dapat bekerja di berbagai bidang seperti perbankan, telekomunikasi, e-commerce, atau layanan pelanggan dari perusahaan lain. Call Center Agent dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi kamu yang suka bekerja dengan orang dan terampil menyelesaikan masalah. 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

6. Customer Service

Customer service adalah pekerjaan yang bisa dicoba bagi lulusan SMA selanjutnya. Sebagai Customer Service, kamu akan bertanggung jawab untuk menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan mengenai suatu produk atau jasa. Pekerjaan ini dapat dilakukan melalui berbagai media seperti telepon, email, live chat, atau tatap muka langsung. Customer Service harus memastikan pelanggan merasa puas dan setia dengan produk atau jasa yang diterima. 

7. Pekerja logistik 

Bekerja di bidang logistik juga dapat dijadikan pilihan pekerjaan untuk lulusan SMA. Logistik bertanggung jawab untuk mengatur transportasi, penyimpanan, dan distribusi produk dan memastikannya sampai ke tangan konsumen. Kamu dapat menjadi pekerja logistik di bagian distribusi perusahaan maupun di perusahaan khusus logistik dan pengiriman. 

8. Pramugari atau pramugara

Tahukah kamu bahwa lulusan SMA bisa menjadi pramugari atau pramugara? Tidak sedikit maskapai penerbangan yang membuka lowongan pekerjaan pramugari atau pramugara untuk lulusan SMA. Meski demikian, seleksinya biasanya sangat ketat dan kamu harus mengikuti pelatihan khusus serta lulus ujian yang ditentukan oleh maskapai. 

9. Penulis

Pekerjaan untuk lulusan SMA selanjutnya adalah menjadi penulis. Kamu bisa menjadi penulis fiksi, maupun penulis komersial yang bekerja untuk perusahaan atau bisnis. Agar dapat menjadi penulis profesional sebagai lulusan SMA, kamu harus memiliki keterampilan menulis dan penguasaan bahasa Indonesia dan Inggris yang baik. 

Lihat panduan : Content Writer 101: Pengertian, Tugas, Skill Wajib, dan Gaji

10. Membuka usaha sendiri

Selain menjadi karyawan perusahaan atau bekerja untuk bisnis orang lain, kamu juga dapat membuka sendiri usaha atau bisnismu. Kamu bisa mulai dari hal yang sederhana dan tanpa modal seperti menjadi dropshipper sekaligus mengumpulkan modal. Memiliki bisnis sendiri cocok untuk kamu yang mau bekerja lebih keras daripada orang lain, berpikiran terbuka, serta ahli melihat peluang. 

Itulah 10 pekerjaan untuk lulusan SMA yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin segera produktif dan berpenghasilan. Kamu juga bisa mengambil kursus online atau keterampilan yang dapat mendukung pekerjaan di atas di Cakap Upskill, lho! Dengan mengambil pelatihan, kamu tentunya akan lebih siap untuk menghadapi dunia kerja sebagai lulusan SMA. Yuk, pilih kursusnya sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap