Jurusan Digital Marketing: Daftar Universitas, Prospek Kerja & Program Studi

jurusan-digital-marketing

Jurusan Digital Marketing kian naik popularitasnya dan peminatnya. Kamu pasti merasakan bahwa alur marketing dan pemasaran akhir-akhir ini dilakukan secara digital melalui internet. Di zaman yang serba digital ini, tak heran banyak orang tua dan pelajar lulusan SMA yang mengincar jurusan Digital Marketing sebagai program studi impiannya.

Meskipun namanya sudah dikenal banyak orang, namun tak jarang yang masih mempertanyakan tentang apa sih jurusan Digital Marketing itu? Kuliahnya belajar tentang apa, bagaimana prospek kerja jurusan Digital Marketing, dan universitas yang ada jurusan Digital Marketingnya itu di mana saja? Buat kamu yang punya banyak pertanyaan tentang jurusan satu ini, tenang! Di sini sudah ada jawaban lengkapnya! Yuk, cek!

Table of Contents

Jurusan Digital Marketing

Jurusan Digital Marketing atau juga dikenal dengan Pemasaran Digital adalah program studi yang berfokus pada pembelajaran pemasaran produk melalui peranan media digital. Di sini kamu akan banyak belajar bahwa pemasaran produk bisa dilakukan secara lebih efektif, kreatif, cepat, dan tepat.

Program studi ini mengarahkan mahasiswanya untuk belajar tentang bagaimana pemasaran secara digital, strategi pasar, optimalisasi sosial media, sampai mata kuliah tentang analisis pasar juga akan dipelajari di jurusan ini. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah seputar Komunikasi Bisnis, Periklanan, Ekonomi Makro, Pemasaran E-commerce, SEO, dan masih banyak lainnya.

Untuk durasi dan lamanya waktu belajar, bergantung pada program yang kamu ambil, apakah program Diploma atau Sarjana. Umumnya untuk program diploma kamu akan menempuh waktu kurang lebih 3 tahun. Sedangkan untuk program S1 biasanya ditempuh dalam kurun waktu 4 tahun.

Prospek Kerja Jurusan Digital Marketing

Memilih dan memutuskan kuliah di jurusan Digital Marketing adalah pilihan yang tepat. Kamu tidak perlu khawatir tentang prospek kerja ke depannya karena prospek kerja jurusan Digital Marketing ini cukup luas, lho. Kira-kira apa saja sih prospek kerja jurusan Digital Marketing? Check this out!

(1) Email Marketing Specialist

Lulusan Digital Marketing bisa lho jadi Email Marketing Specialist. Profesi ini memberikan tugas untuk membuat kampanye pemasaran melalui email yang bertujuan untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Jadi, kamu fokus melakukan pemasaran produk perusahaan melalui campaign-campaign Email.

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk menguasai beberapa skill, seperti desain, penulisan, dan periklanan yang tepat.

(2) SEO Specialist

Jangan salah, pekerjaan sebagai SEO Specialist tidak hanya terbuka untuk mereka yang merupakan lulusan Teknik Informatika saja, lho. Kalian yang memiliki ijazah Digital Marketing juga bisa menggeluti pekerjaan sebagai pakar SEO.

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk lewat website-website perusahaan. Tidak hanya itu, SEO Specialist juga bertugas untuk menyediakan keyword-keyword potensial yang bisa meningkatkan traffic website dan tentunya memantau analitik situs web perusahaan.

(3) Advertising Manager

Advertising Manager atau Manajer Periklanan menjadi prospek kerja jurusan Digital Marketing yang sangat potensial. Berbekal mata kuliah pemasaran dan periklanan yang didapat di bangku kuliah, tentu kamu akan lebih mudah dalam merancang dan merencanakan kampanye iklan, berkolaborasi dengan tim dan media publikasi iklan, serta merancang pemasaran produk dengan semenarik mungkin.

 (4) Content Strategist

Last but not least ada Content Strategist. Lulusan Digital Marketing yang bekerja di bidang content, mengadukan keterampilan mereka dalam membuat, mengedit, dan menerbitkan konten.

Konten-konten yang dibuat oleh Content Strategis biasanya dimuat di berbagai platform, baik blog, media cetak, media sosial, maupun email. Biasanya, Content Strategist berada di bawah naungan divisi marketing atau kreatif. 

Universitas Jurusan Digital Marketing di Indonesia

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia juga sudah ada lho universitas swasta dan negeri yang ada jurusan Digital Marketingnya. Berikut daftar universitasnya!

(1) Universitas Padjadjaran

Universitas negeri yang ada jurusan Digital Marketing di dalamnya adalah Unpad. Program Studinya lebih ke arah Bisnis Digital yang berada langsung di bawah naungan Fakultas Ekonomi Bisnis. Mereka yang ingin mengambil kuliah jurusan Digital Marketing akan menempuh pendidikan di kampus Unpad Jatinangor.

(2) BINUS University

BINUS merupakan kampus top swasta yang juga membuka program studi untuk Digital Marketing. Mengambil jurusan Digital Marketing di BINUS menjadi langkah dan pilihan yang tepat, pasalnya di sini kamu juga akan mendapatkan peluang belajar dan memaksimalkan kompetensi dalam dunia pemasaran di ruang lingkup internasional.

(3) Universitas Ciputra

Universitas Ciputra memiliki program studi Digital Marketing dengan fokus pembelajaran pada aspek strategi pengembangan perusahaan dan manajemen pemasaran. Universitas yang berlokasi di Surabaya ini, sudah mengantongi akreditasi A untuk jurusan Digital Marketing, lho.

Demikian penjelasan tentang jurusan Digital Marketing, prospek kerja, dan daftar universitas jurusan Digital Marketing di Indonesia. Kalau kamu tertarik menjelajahi bidang ini, kamu bisa langsung mengikuti pelatihan digital marketing bersertifikat untuk pemula.

Referensi:
-indeed.com
-rencanamu.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.