Host Live Streaming : Job Desk, Gaji, Skill Wajib, dan Fun Facts

host-live-streaming

Live streaming jadi salah satu kegiatan hits yang eksis dilakukan oleh selebgram maupun pemilik bisnis online. Biasanya, mereka melakukan live streaming di beberapa platform e-commerce dan social media, seperti TikTok, untuk mempromosikan dagangan atau bisnisnya. Seiring maraknya kegiatan live streaming untuk promosi, banyak perusahaan memilih untuk meng-hire host live streaming yang membantu menghandle siaran langsung di website-website perusahaannya.

Di artikel ini, Cakap akan mengajakmu mengulik lebih dalam lagi apa itu profesi host live streaming, job desk yang dilakukan, skill yang harus dimiliki, dan gaji yang didapat. So, stay tuned, ya!

Table of Contents

Host Live Streaming

Host live streaming adalah profesi yang berhubungan erat dengan sarana streaming. Di mana mereka memanfaatkan fitur streaming pada platform tertentu untuk berinteraksi dengan audiens secara real-time. Tujuan utamanya adalah mempromosikan produk mereka. Pada dasarnya, host live streaming sama-sama mengambil alih peranan marketing, hanya bedanya mereka berjualan di pasar online.

Profesi yang kerap disebut juga sebagai host streamer ini cukup efektif dalam membantu banyak marketers dan pemilik usaha kecil. Terutama untuk membangun merek mereka dan mendapatkan klien baru.

Di era yang serba digital dan online ini, live streaming dijadikan sebagai gaya pemasaran baru (new marketing style). So, sarana streaming dan host live streaming jadi hal yang fresh yang bisa dicoba buat para marketer atau pengusaha yang mencoba menemukan cara untuk terhubung dengan customer atau target market secara real time.

Alasan Memilih Karier sebagai Host Live Streaming

Kenapa harus memilih karier jadi host live streaming? Berikut beberapa alasan memilih karier sebagai host live streaming biar kamu makin yakin!

(1) Jelajahi Peluang Karier Baru

Fenomena live streaming di berbagai platform melahirkan sebuah peluang karier baru. Apalagi akhir-akhir ini live streaming menjadi pusat perhatian yang menyedot atensi banyak orang. Profesi ini cocok banget buat kamu yang suka tampil dan berbicara di kamera dengan tone berbicara non-formal dan menyenangkan.

(2) Banyak Diburu Perusahaan

Seiring dengan maraknya fenomena live streaming, banyak perusahaan-perusahaan mencari talent untuk menjadi host live streaming. Setiap perusahaan atau penjual yang melakukan praktik marketing di platform e-commerce atau sosial media, biasanya selalu membutuhkan host live streaming. So, ini adalah peluang karier baru yang banyak diburu perusahaan!

(3) Belajar Dunia Pemasaran Online

Bekerja sambil banyak hal seputar pemasaran dan pengembangan produk. Saat kamu bekerja sebagai host live streaming, otomatis kamu akan belajar pasar online dan bagaimana menjalankannya. Mencari cara agar para audiens tertarik dan ingin membeli barang atau produk yang kamu jual.

(4) Bisa Menghasilkan Bayaran Tinggi

Jangan salah, host live streaming bisa mendapatkan bayaran yang sangat tinggi, apalagi jika kamu mampu menjual produk secara masif dalam setiap live streaming yang kamu leads. Salah satu influencer dengan bayaran dan penjualan tinggi dalam sekali live adalah Louise Scarlett. 

Job Desk Host Live Streaming

host-live-streaming-job-desk
Photo from Freepik

Tugas utama seorang steaming host adalah melakukan interaksi real time dan menjelaskan informasi detail produk. Namun, selain itu, ada lagi job desk host live streaming yang perlu kamu ketahui:

  • Planning and making script for content
  • Menghafal nama-nama produk dan keunggulannya
  • Mempresentasikan produk yang akan dijual dengan baik
  • Menjelaskan satu per satu produk yang ada di etalase penjualan
  • Memberikan saran terbaik bagi customer yang masih bingung menentukan pilihan produk yang akan dibeli.
  • Berinteraksi langsung dengan audiens dan berusaha membangun interaksi positif
  • Meningkatkan traffic penjualan
  • Berusaha mencapai target dan menaikkan angka penjualan
  • Melakukan interaksi dan membuat konten menarik yang bisa menambah jumlah penonton live streaming

Tangkap Peluang dan Kesempatan Karier Bersama Cakap

Skill yang Harus Dimiliki Host Live Streaming

Untuk menjadi host live streaming, kamu perlu menguasai 5 skill utama berikut ini! Simak satu per satu yuk, kira-kira skill nomor berapa saja yang sudah kamu miliki?

(1) Skill Komunikasi 

Hal pertama yang menjadi kunci dari profesi yang satu ini adalah skill berkomunikasi. Seorang host live streaming perlu memiliki public speaking yang kuat. Mampu berbicara dengan jelas, memiliki ciri khas dalam nada dan gaya berbicaranya. 

(2) Confident atau Percaya Diri

Menjadi seorang host live streaming berarti menghabiskan sebagian besar waktu kerja di depan kamera. Maka dari itu, penting untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Jika kamu phobia kamera atau tidak suka berlama-lama berada di depan kamera, mulai sekarang harus biasakan dirimu muncul di depan kamera dengan confidence yang tinggi.

(3) Time Management

Time management atau manajemen waktu adalah skill ketiga yang harus dimiliki. Meskipun live streaming bukanlah hal yang terlalu formal, tapi biasanya tim content akan menyeting siaran langsung dalam durasi tertentu. Kamu perlu memastikan bahwa apa yang sudah dijadwalkan terlaksana dengan waktu yang sesuai. 

Misalnya, durasi siaran langsung selama 1-2 jam. Selama waktu tersebut kamu harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin, mulai dari menyapa audience, mempromosikan produk, memberi promo, hingga membaca komen netizen.

(4) Audience Engagement

Audience engagement ini berkaitan dengan keterlibatan penonton. Dalam live streaming kamu tidak hanya melakukan komunikasi satu arah, tetapi dua arah, antara host dan netizen. Seorang host live streaming profesional harus tahu bagaimana cara melibatkan penontonnya dan membuat mereka menjadi bagian dalam siaran langsung tersebut.

Menjalin hubungan yang baik dengan audiens dan mendorong mereka berpartisipasi, akan membantu menciptakan pengalaman yang mengesankan. Sehingga, mereka akan langsung join kapan pun kamu melakukan live streaming.

(5) Adaptability

Last but not least adalah kemampuan beradaptasi. Ketika siaran langsung berjalan tidak sesuai rencana atau ada kendala tak terduga, kamu harus dapat menangani hal tersebut. Misalnya, jika kamu memiliki kendala teknis berupa koneksi yang tidak stabil saat live streaming, kamu bisa mengganti penggunaan WiFi dengan internet berkabel khusus.

Atau jika ternyata produk yang sedang kamu jual di live streaming ternyata sudah habis, maka kamu bisa langsung sigap memberi tahu audiens dan langsung beralih mempromosikan produk lain.

Fun Facts Profesi Host Live Streaming di Indonesia

Berikut beberapa fun facts yang mungkin juga kamu sadari saat menonton live streaming di berbagai platform dan negara tertentu.

(1) Memiliki Ciri Khas Saat Melakukan Live Streaming

Kalau kamu pernah melihat live streaming di negara lain selain Indonesia, kamu pasti menyadari hal ini. Host live streaming di setiap negara memiliki ciri khas masing-masing.

Misalnya di Indonesia, para host live streaming cenderung menjelaskan produk jualannya sambil membaca komen, atau sebaliknya. Sedangkan di Tiongkok, host live streaming cenderung menjelaskan produk sambil memperlihatkan/menguji coba produk dengan sangat cepat. 

(2) Gaya Berbicara

Jika diperhatikan, hampir semua host live streaming di platform e-commerce atau sosial media, menjelaskan produk dengan gaya bicara yang sama. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki nada yang mirip antara satu dengan lainnya.

(3) Kata-Kata Andalan

Kata-kata andalan yang pasti akan muncul saat live streaming adalah:

  • Silakan klik keranjang kuningnya kakak
  • Langsung aja yuk di checkout barangnya
  • Langsung checkout, langsung payment
  • Produk A ada di etalase 1 ya kakak
  • Buruan di check out, diskonnya cuma sampai jam 8 kakak

Gaji Host Live Streaming

Berbicara mengenai gaji, tentu setiap pekerja memiliki gaji yang berbeda bergantung perusahaan dan pengalaman. Namun, berdasarkan data yang dibagikan oleh platform pencari kerja, Glassdoor, gaji host live streaming di Indonesia berada di angka Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000 per bulan.

Angka yang lumayan besar bukan? Bahkan jika kamu sudah jadi profesional, kamu bisa mendapatkan bayaran yang sangat fantastis dalam sekali siaran langsung.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai profesi host live streaming. Buat kamu yang ingin menemukan karier impian sebagai host live streaming atau peluang karier lainnya, yuk cek Cakap Career sekarang! Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa kamu lamar! Buka dan apply pekerjaanmu sekarang karena#SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga: 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.