Panduan Cara Jualan di Tiktok Shop untuk Pemula serta Tipsnya

Cara jualan di TikTok Shop

TikTok adalah salah satu media sosial yang kini banyak digunakan untuk melakukan marketing maupun berjualan. Bagi kamu yang belum tau, TikTok menyediakan layanan TikTok Shop yang membuka peluang bagi siapapun untuk menjual produk atau jasa yang ditawarkan. 

Nggak main-main, perusahaan TikTok telah melengkapi berbagai fitur yang dapat mempermudah bisnis para seller-nya, lho. Cara jualan di TikTok Shop juga mudah untuk dilakukan seorang pemula. 

Tertarik untuk mencoba berjualan di salah satu media sosial dengan pengguna tertinggi satu ini? Kamu bisa membaca panduan cara jualan di TikTok Shop untuk pemula berikut terlebih dahulu, ya. Siapkan persyaratan yang dibutuhkan dan lakukan tips agar jualan kamu bisa terjual dan tinggi peminatnya. Selamat membaca!

Table of Contents

Apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop adalah fitur TikTok yang dapat digunakan untuk berjualan dan mempromosikan produk atau jasa. Fitur TikTok Shop sendiri bisa digunakan untuk akun bisnis maupun akun pribadi biasa. Sehingga pemilik akun pribadi tidak hanya bisa berbelanja, tapi juga bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan berjualan. 

TikTok Shop sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk menjual produk atau bisnis sendiri saja. Ada juga sebuah metode bernama affiliate TikTok yang menjadi alternatif untuk mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba. Keduanya memiliki sistem yang berbeda, namun untuk menjual suatu produk, maka TikTok Shop sangat disarankan untukmu. 

Syarat jualan di TikTok

Sebelum mulai berjualan, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut sebagai syarat jualan di TikTok Shop, ya. 

1. Mendaftar di TikTok Shop Seller Center

2. Berusia minimal 18 tahun 

3. Memiliki KTP atau Paspor

4. Mempunyai rekening bank

5. TikTok tidak menentukan batasan minimal postingan atau followers untuk berjualan di TikTok Shop. Tetapi kalau kamu ingin lebih optimal, kelola dengan baik akun kamu.  

Cara daftar di TikTok Shop

Untuk bisa mengakses berbagai fitur di TikTok Shop, kamu perlu mendaftar diri ke TikTok Shop Seller Center terlebih dahulu. Selain untuk berjualan, akun di TikTok Shop Seller Center ini juga menjadi hal yang wajib saat kamu mau melakukan affiliate di TikTok. Yuk ikuti cara daftar di  TikTok Shop berikut ini!

Masuk ke situs TikTok Shop Seller Center

Langkah pertama yang kamu perlu lakukan adalah mengunjungi halaman seller-id.tiktok.com. Saat pertama kali berkunjung, kamu akan diarahkan untuk memilih negara atau kawasan kamu. Pilih Asia Seller dan pilih negara dimana kamu ingin berjualan, kemudian klik enter. 

Pilih akun untuk mendaftar

Setelah memilih negara, kamu akan masuk ke halaman login. Namun, jika belum memiliki akun, klik Sign up  di bagian kanan atas halaman. Ada dua pilihan untuk melakukan pendaftaran. Kamu bisa menggunakan email dan mengisi kolom yang dibutuhkan atau mendaftar dengan akun TikTok. 

Isi kelengkapan

Untuk mendaftar menggunakan email, kamu perlu mengisi beberapa informasi seperti nomor telepon, alamat email, dan password. Lakukan verifikasi pada email dan nomor telepon, setelah itu klik Simpan atau Submit. Kini, kamu sudah terdaftar di akun TikTok Shop dan sudah siap untuk menjual barang. 

Cara jualan di TikTok

TikTok

Setelah memenuhi syarat utama, kini kamu bisa mulai belajar cara jualan di TikTok untuk pemula secara bertahap. 

Tambah produk yang dijual

Ketika berhasil melakukan proses pendaftaran, kamu akan mendapatkan sambutan selamat datang dan terdapat tombol “Mulai Menjual” yang perlu kamu klik. Isi terlebih dahulu alamat lengkap toko sebagai tempat untuk me-return barang dan salah satu syarat jualan di TikTok.  

Langkah pertama, kamu perlu menambahkan produk apa saja yang akan kamu jual. Di tiap produk, kamu perlu menambahkan beberapa informasi berikut : 

  • Nama produk 
  • Nama brand ( jika tanpa brand, pilih no brand )
  • Foto produk dengan rasio 1:1, direkomendasikan memakai resolusi 1080×1080 px
  • Deskripsi tentang produk
  • Informasi tambahan seperti berat dan dimensi produk serta cara klaim garansi
  • Variasi produk
  • Ukuran, rasa, dan warna
  • Harga produk
  • Stok produk

Setelah mengisi semua, kamu juga bisa mengaktifkan fitur COD layaknya di e-commerce pada umumnya. Namun itu opsional, ya. Jika kamu tidak ingin mengaktifkannya, kamu bisa melewati pilihan tersebut.

Lakukan verifikasi dokumen

Selesai menambahkan daftar produk yang ingin kamu jual, kamu perlu melakukan verifikasi dokumen mengenai toko yang kamu miliki. Ada dua pilihan jenis penjual di TikTok Shop, yaitu penjual individu dan badan korporasi. 

Keduanya memerlukan kelengkapan dokumen yang berbeda. Untuk penjual individu, kamu perlu mengunggah KTP dengan tampak depan dan belakang atau menggunakan paspor. Sedangkan untuk badan korporasi, kamu perlu mengunggah nomor induk berusaha versi asli dan softcopy fotokopi nomor induk berusaha tersebut. 

Kemudian kamu perlu memberi nama toko di TikTok Shop tersebut. Setelah semua dokumen dimasukkan, kamu perlu menunggu waktu beberapa saat hingga data kamu diverifikasi oleh TikTok. Perlu diingat, data yang kamu masukkan pada tahap ini harus benar, ya. Karena setelah di submit, data tersebut tidak bisa diubah. 

Hubungkan dengan nomor rekening bank

Tahap terakhir, kamu hanya perlu memasukkan nomor rekening yang valid dan terdaftar. Nantinya, jika ada pembeli yang membeli barang kamu, maka pembayaran akan dikirimkan ke nomor rekeningmu. Kini kamu sudah mengerti cara jualan di TikTok dan bisa terus kamu kembangkan. 

Keuntungan jualan di TikTok

Menjual barang di TikTok ternyata bisa membawa beberapa keuntungan untuk penjual individu maupun bisnis. Selain dari banyaknya pengguna TikTok yang memungkinkan bisnis kamu lebih dikenal oleh banyak orang, berikut beberapa keuntungan jualan di TikTok yang perlu kamu ketahui. 

Tingginya eksposure tiktok untuk melakukan transaksi 

Menurut sebuah riset, TikTok menduduki peringkat yang cukup tinggi sebagai sosial media dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Seperti yang kita tahu juga beberapa media sosial juga sudah banyak dipenuhi dengan konten yang berasal dari TikTok. 

Dengan tingginya minat pengguna dan fitur transaksi sekaligus, ini adalah sebuah kemudahan yang membuat orang-orang suka membeli barang di TikTok Shop

Produk yang dijual bervariasi

Tidak kalah dengan e-commerce, TikTok Shop juga menawarkan pilihan produk yang bervariasi. Tidak ada batasan bagi para penjual untuk menawarkan produk atau jasa mereka selama produk yang mereka jual tersebut tidak melanggar hukum, legal, dan bukan termasuk barang yang dilarang, ya. 

Berbelanja sekaligus melihat review produk

TikTok seringkali menjadi tempat untuk membagikan inspirasi OOTD, membagikan tips atau memberikan inspirasi dengan berbagai produk rumah tangga. Nah, ketika kamu tertarik untuk memiliki barang tersebut, kamu tidak perlu mencarinya di e-commerce karena kamu bisa membelinya di TikTok Shop..

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Tips jualan di TikTok

Mau jualan kamu makin laku di TikTok? Kamu bisa mengikuti beberapa tips jualan di TikTok berikut untuk menunjang strategi penjualan di TikTok Shop. 

Konsisten mengunggah konten

Kunci agar jualan di TikTok kamu semakin berkembang adalah konsistensi. Cobalah untuk mengunggah konten TikTok secara berkala. Konsisten disini artinya kamu bisa rutin upload content berkualitas, ya. Bukan berarti dengan banyaknya video yang kamu hasilkan harus menurunkan kualitas dan hanya sekedar share konten saja. 

Gunakan hashtag

Hampir sama dengan media sosial pada umumnya, di TikTok, hashtag juga menjadi trik jualan yang bisa kamu coba terapkan. Gunakan hashtag yang relevan dan yang banyak dicari agar video kamu bisa tampil jika ada pengguna yang sedang mencari kata kunci tersebut. 

Buat konten dan caption yang menarik

Di dunia marketing ada namanya inbound marketing. Pengertian inbound marketing sendiri adalah metode marketing yang bertujuan memberikan solusi terhadap sebuah masalah dengan produk kamu. 

Cara soft selling ini bisa kamu kemas dengan membuat konten yang mengangkat permasalahan di kehidupan sehari-hari yang kamu tau kalau produk kamulah yang bisa menjadi solusi permasalahan tersebut. Kemas secara menarik dan tambahkan caption yang sesuai dengan produk serta menarik juga untuk dibaca. 

Ikuti tren

Mengikuti sesuatu yang sedang tren dan dikaitkan dengan produkmu dapat menjadi tips jualan di TikTok yang bisa kamu coba. Misalnya dengan mengikuti challenge atau menggunakan lagu yang sedang viral. Pastikan kamu membuat konten yang masih relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, ya. 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang bisa kamu coba. Cara yang dituliskan sangat mudah untuk kamu coba. Selain untuk berbagi momen, kamu juga bisa mendapatkan uang dengan cara berjualan di TikTok sehingga waktu akan lebih bermanfaat. 

Selain mengikuti tips yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mendapatkan tips-tips berguna di kelas kembangkan bisnis di TikTok bersama profesional dengan materi yang praktis dan bisa jadi bekal kamu untuk memulai karir. Yuk mulai perkaya diri dengan skill baru bersama Cakap Upskill sekarang! 

Referensi

– dailysocial.id

– tiktok.com faq page

Baca juga: 

Ketahui Ukuran Thumbnail YouTube yang Ideal dan Tipsnya!

Affiliate Marketing: Pengertian, Jenis dan Tips Menjalankan

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.