Ketahui Ukuran Thumbnail YouTube yang Ideal dan Tipsnya!

ukuran-thumbnail-youtube

Bagi seorang content creator yang aktif mengunggah kontennya di YouTube, penting lho bagi kamu untuk mengetahui berbagai ukuran thumbnail YouTube. Kenapa, karena elemen ini merupakan pintu utama yang akan dilihat oleh penonton.

Tak sekedar ukuran, sebenarnya kamu juga perlu tahu bagaimana tips dan trik membuat thumbnail yang menarik dan bikin penasaran. So, kira-kira berapa ukuran thumbnail YouTube yang pas? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Table of Contents

Apa itu Thumbnail YouTube?

Sebelum mempelajari tentang ukuran thumbnail YouTube, sudahkah kamu tahu apa yang dimaksud dengan thumbnail dan apa fungsinya pada YouTube? Perlu kamu ketahui bahwa persaingan menjadi content creator kini sudah sangat sengit, sehingga banyak orang berharap mendapatkan viewers dan traffic yang banyak.

Nah, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan detail-detail kecil seperti thumbnail. Thumbnail YouTube halaman muka dari sebuah video yang bisa di klik untuk mengantarkanmu melihat kontennya.

Ketika membuka YouTube, kamu pasti akan langsung melihat beragam thumbnail yang muncul di Homepage. Biasanya, kemunculan thumbnail ini sesuai dengan apa yang sering kamu lihat sehari-harinya, sehingga konten tersebut muncul sebagai suggestion.

Ada dua jenis thumbnail yang bisa kamu pilih saat akan mengunggah video di YouTube, diantaranya yaitu:

  • Default atau automatic thumbnail, yaitu pilihan gambar thumbnail yang secara otomatis disarankan oleh YouTube, biasanya diambil dari bagian videomu.
  • Custom thumbnail, adalah gambar thumbnail yang kamu buat sendiri, bisa dipilih untuk menggantikan default thumbnail.
 

Apa Fungsi Thumbnail YouTube?

Sebagai pintu utama suatu konten, tentu pembuatan thumbnail bukan tanpa tujuan. Lantas, apa fungsi thumbnail dalam konten YouTube? Berikut diantaranya:

  • Memberikan gambaran singkat mengenai video kamu.
  • Menarik rasa penasaran dari audiens.
  • Meningkatkan conversion rates.
 

Cara Menambahkan Thumbnail YouTube

Ketika kamu akan menambahkan thumbnail, YouTube sudah menyediakan tiga pilihan automatic thumbnail yang bisa langsung kamu tambahkan untuk videomu. Tentu saja pilihan ini sudah sesuai dengan standar sehingga tidak perlu di otak-atik lagi.

Namun, untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa membuat thumbnail YouTube. Mengapa? Karena kamu paling tahu karakteristik penontonmu. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan custome thumbnail sesuai apa yang disukai penonton.

Bahkan, informasi dari Animaker menyebutkan bahwa 90% video terbaik di YouTube menggunakan custom thumbnail. Lalu, bagaimana cara memasukkan custom thumbnail di YouTube? Berikut langkah-langkahnya.

  • Klik icon create berbentuk logo kamera plus di atas kanan untuk mengunggah video.
  • Setelah video berhasil terunggah, klik upload thumbnail di bagian menu thumbnail.
  • Bagi video yang sudah diunggah sebelumnya, kamu bisa langsung menuju YouTube Studio.
  • Pilih video yang akan kamu tambahkan thumbnail-nya.
  • Klik custom thumbnail.
  • Pastikan ukuran thumbnail YouTube sudah sesuai standar.
  • Lalu, pilih gambar yang akan kamu gunakan dan klik save.
 

Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas

Setelah mengetahui penjelasan mengenai thumbnail dan fungsi pentingnya dalam YouTube. Kini, kamu juga perlu tahu berapa ukuran thumbnail YouTube yang ideal dan sesuai dengan standar platform ini.

Mengacu pada rekomendasi dari YouTube Studio App Help Center, detail ukuran thumbnail YouTube yang pas adalah sebagai berikut:

  • Buat aspek rasio 16:9.
  • Buat resolusi thumbnail YouTube dengan lebar 1280×720 dan lebar 640 px.
  • Beberapa format gambar yang bisa digunakan diantaranya PNG, GIF, BMP, dan JPG.
  • Ukuran maksimal dari gambar thumbnail adalah 2 Mb.

Nah, itu dia standar ukuran thumbnail YouTube yang perlu kamu perhatikan dan terapkan di kontenmu. 

Baca juga : Panduan Ukuran Feed Instagram untuk Semua Tipe Konten

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Tips Membuat Thumbnail YouTube yang Eye Catching

Selain memperhatikan detail ukurannya, kamu juga perlu membuat thumbnail yang menarik perhatian penonton. Anggap saja elemen ini menjadi first impression dalam kontenmu, sehingga perlu dibuat semenarik mungkin. Nah, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Hiasi Gambar Thumbnail Menggunakan Grafis

Jika hanya menampilkan cuplikan video, kesannya akan monoton dan kurang menarik di mata penonton. Agar lebih eye catching kamu bisa mengkombinasikannya dengan grafis. Percantik tampilan dan ukuran thumbnail YouTube di Photoshop atau aplikasi lain.

Oh iya, usahakan penambahan grafis ini bisa menonjolkan hal unik yang menjadi highlight dalam kontenmu kali ini. Tunjukkan kreativitasmu sebaik mungkin untuk menarik perhatian para penonton.

2. Gunakan Potongan Video yang Membuat Penasaran

Guna mendatangkan rasa penasaran audiens, carilah gambar paling menarik dari video yang kamu unggah. Dengan begitu, penonton tidak akan segan meng-klik video tersebut untuk tahu kelanjutan dari potongan yang ditampilkan dalam thumbnail.

3. Tambahkan Judul Menarik 

Bukan hanya gambarmu namun pemilihan judul juga sangat mendukung thumbnail YouTube. Dengan adanya judul, audiens akan langsung tahu apa yang kamu sajikan dalam video tersebut. Nah, pastikan kamu membuat judul seunik mungkin, tidak ada salahnya mencoba teknik clickbait agar penonton penasaran.

4. Hindari Gambar yang Tidak Pantas

Menjadi tampilan utama di YouTube, pastikan kamu membuat thumbnail yang pantas, dalam artian tidak menampilkan konten atau gambar menyesatkan. Hindari juga thumbnail yang tidak sesuai dengan isi video. Karena, hal tersebut akan membuat penonton merasa terbohongi dan akan berdampak buruk pada citra channel kamu.

5. Coba Beberapa Kali Desain

Guna mendapatkan thumbnail yang menarik, kamu bisa mencoba beberapa desain kemudian pilih mana yang membuatmu bisa membuat penonton langsung mengambil aksi klik pada konten tersebut. Buat diri kamu ada di posisi audiens yang akan menonton videomu.

Thumbnail merupakan elemen penting dalam konten YouTube, bahkan hal ini akan berpengaruh pada pilihan audiens dalam memilih konten yang akan di tonton. Untuk itu, perlu kamu perhatikan lagi, apakah thumbnail yang kamu buat sudah cukup menarik.

Nah, agar lebih paham mengenai bagaimana pembuatan konten YouTube yang menarik, kamu bisa bergabung dengan kursus online menjadi YouTuber profesional bersama Gita Savitri di CAKAP UpSkill. Yuk jangan lewatkan kesempatanmu untuk mengembangkan diri dan karir bersama CAKAP!

Referensi

  • Qwords.com
  • Glints
  • Techsmith.com 

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.