Syarat Live di TikTok Lengkap dengan Cara dan Tipsnya

syarat-live-tiktok

Melakukan siaran langsung di sosial media saat ini menjadi hal yang lumrah ditemui. Salah satu yang sedang happening banget adalah TikTok Live. Mereka yang memiliki akun dengan jumlah followers yang cukup banyak berbondong-bondong menghidupkan saluran media sosialnya dengan melakukan live di TikTok. Namun, tahu nggak sih kamu bahwa tidak serta merta semua yang memiliki akun TikTok bisa melakukan siaran langsung. Ada beberapa syarat live TikTok yang wajib dipenuhi penggunanya sebelum bisa melakukan TikTok live di salurannya.

Apa saja sih kira-kira syarat live TikTok? Berapa followers minimal untuk live TikTok? Buat kamu yang ingin menjadi sosial media influencer khususnya di channel TikTok, yuk cek selengkapnya di artikel berikut!

Table of Contents

Apa Itu Live TikTok?

TikTok LIVE adalah bagian streaming langsung dari TikTok yang memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk melakukan interaksi dan terhubung secara real-time dengan pengikut/followers-nya.

Di live TikTok kamu bisa menanggapi secara langsung komentar dan pertanyaan yang diberikan oleh penonton live-streaming TikTok-mu. Bahkan ada yang lebih menarik dari itu, di live TikTok kamu juga bisa menerima virtual gift berupa mawar, singa, dll yang nantinya bisa ditukar dengan uang sungguhan. Menarik, bukan?

Syarat-Syarat Live di TikTok

Syarat live di TikTok sebenarnya tidak serumit dan sebanyak itu. Kamu hanya perlu memenuhi tiga syarat live TikTok berikut untuk bisa melakukan siaran langsung di akun TikTok-mu!

(1) Jumlah Follower Minimal 1,000

Kalau kamu bertanya berapa followers minimal untuk live TikTok? Jawabannya adalah 1,000 followers. Jika kamu sudah mencapai 1,000 followers, kamu baru bisa melakukan siaran langsung di TikTok. Jika kamu tidak memiliki banyak pengikut, tombol live-streaming di akun-mu tidak tersedia. So, apakah 100 followers bisa live TikTok? Sudah pasti tidak ya, Sobat Cakap!

(2) Harus Berusia Lebih dari 16 Tahun

Syarat live di TikTok yang kedua adalah berusia lebih dari 16 tahun. Usia minimum untuk memiliki akun TikTok adalah 13 tahun, akan tetapi untuk melakukan live-streaming pada akun TikTok kamu harus berusia di atas 16 tahun.

Nah, kalau misal ada pertanyaan Kenapa sudah 1000 followers tidak bisa live di TikTok? Jawabannya bisa jadi karena TikTok dapat mendeteksi usia di bawah 16 tahun, sehingga meskipun orang tersebut memiliki followers yang cukup banyak, ia tidak bisa melakukan live-streaming.

FYI juga nih Sobat Cakap, jika usia minimum untuk syarat live TikTok adalah 16 tahun, maka usia minimum untuk memberikan gift atau hadiah saat live TikTok adalah 18 tahun.

(3)  Memiliki Aplikasi Versi Terbaru

Syarat memiliki jumlah followers minimal sudah terpenuhi, syarat usia juga sudah, tapi kok masih belum bisa live di TikTok, ya? Coba cek versi TikTok-mu! Untuk dapat melakukan siaran langsung, kamu juga perlu update TikTok aplikasi terbaru.

Cara Melakukan Live di TikTok

Buat kamu yang belum pernah live di TikTok, tenang! Karena live di TikTok tu gampang banget kok sebenernya. Kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini!

  • Buka aplikasi TikTok di ponselmu
  • Jangan lupa login ke akun TikTok-mu
  • Di halaman utama, klik plus + sign, terletak di bagian tengah bawah layar
  • Selanjutnya tap Live button, terletak di sebelah opsi untuk record
  • Masukkan judul livestream kamu
  • Last steps, pilih Go Live untuk memulai siaran langsung

Tingkatkan Skillmu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Pelanggaran Live TikTok yang Harus Kamu Tahu!

Waspada banned! Berikut ini ada beberapa pelanggaran live TikTok yang harus kamu hindari saat melakukan live streaming di TikTok khususnya untuk para seller!

(1) Berkata Kasar

Kamu pasti sering menjumpai beberapa konten video yang mengandung kekerasan atau kata kasar di-banned oleh TikTok, bukan? Dalam hal live streaming pun sama saja, jika kamu mengeluarkan kata-kata kasar, live streaming kamu bisa di-banned karena TikTok merupakan salah satu platform yang cukup sensitif.

(2) Menjual Barang yang Dilarang

Pelanggaran live TikTok shop yang kedua adalah menjual barang-barang terlarang. So, pastikan sebelum kamu memulai live streaming atau siaran langsung di akun TikTok-mu, cek dulu ya apakah barang yang akan kamu jual atau promosikan adalah benda-benda berbahaya yang dilarang oleh TikTok atau bukan agar siaran langsungmu berjalan dengan lancar.

(3) Tidak Menampakkan Wajah Lebih dari 1 Menit

Saat live streaming sedang berjalan, kamu tidak boleh meninggalkan kamera terlalu lama. Tidak menampakkan wajah lebih dari 1 menit termasuk ke dalam pelanggaran ringan. Jika kamu tidak menampakkan wajah lebih dari 1 menit dapat menyebabkan akun TikTok-mu ter-banned atau bahkan masuk suspend.

(4) Melibatkan Anak Kecil

Kamu pasti tahu bahwa TikTok menjadi salah satu platform yang memiliki aturan yang cukup ketat. TikTok melarang keterlibatan anak kecil dalam siaran langsung karena TikTok ingin mencegah eksploitasi anak. Maka dari itu, saat kalian akan memulai live streaming perhatikan dulu ya di sekitar kalian ada anak kecil atau tidak. Kalau pun ada, pastikan mereka tidak terlibat dalam kegiatan live streaming-mu.

Tips dan Trik saat Live TikTok

Once you’re ready to roll on TikTok LIVE, ada baiknya mengingat tips-tips berikut ini agar live TikTok-mu berjalan dengan baik dan lebih maksimal! Let’s check this out!

(1) Ketahui Durasi Sempurna untuk Live TikTok

Mengetahui slot waktu itu penting! Kamu perlu mengetahui berapa lama harus live di TikTok? Sesi siaran langsung yang diberikan oleh TikTok adalah 8 jam. Namun, TikTok menyarankan waktu ideal untuk Live TikTok adalah 30 menit. 

Sedangkan untuk slot waktu, waktu terbaik untuk melakukan siaran langsung di TikTok adalah pada jam 9-11 pagi di hari Senin sampai Jumat.

(2) Tetapkan Agenda dan Buat Content Judul yang Menarik

Buat agenda dan ide content yang menarik sebelum kamu melakukan live TikTok. Kamu juga bisa memberikan beberapa gambaran tentang apa yang akan kamu bahas di konten TikTok Live kamu. Jangan lupa untuk selalu update hal yang sedang viral dan sebutkan beberapa hashtag populer agar saluran Live TikTok-mu bisa dengan mudah muncul di TikTok para audiens atau followers-mu.

(3) Posting Video Sebelum Melakukan Live TikTok

Ini adalah salah satu tips ampuh buat kamu yang akan live di TikTok. Agar live streaming-mu banyak yang nonton, kamu bisa melakukan promosi dengan memposting video sebelum live streaming berlangsung.  Misalnya, kamu akan melakukan siaran langsung besok malam, maka hari ini kamu bisa memposting video TikTok yang mempromosikan siaran langsungmu atau bisa juga memasang stiker hitung mundur.

(4) Pastikan Koneksi Internet Stabil

Jangan biarkan audiens atau penonton live streaming merasa sebal dengan video live streaming yang putus-putus atau terjeda di tengah jalan. Periksa kembali koneksi internet kamu sebelum melakukan live TikTok. Jangan lupa cek juga persediaan kuota internet kamu ya, Sobat Cakap!

Gimana, sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja syarat live TikTok, bagaimana caranya, dan apa saja yang tidak boleh dilakukan? Jangan lupa juga buat terapin tips-tips biar live TikTok-mu bisa menarik lebih banyak penonton, ya!

Buat kamu yang ingin belajar digital marketing dalam sosial media, yuk daftar dan ikuti kelas Cakap Upskill! Di sana kamu bisa memilih banyak kelas-kelas dan seminar menarik yang tentunya dapat menambah skill dan wawasanmu! Tunggu apa lagi, cek jadwal kelas Cakap Upskill sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi:
-epidemicsound.com
-tiktok,com
-wordstream.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.