Data Entry: Arti, Jenis, Tugas, Skill yang Dibutuhkan & Rentang Gaji

data-entry-adalah

Kamu punya skill keyboarding yang mumpuni? Yuk, coba peruntunganmu untuk menggeluti profesi data entry sebagai salah satu kerja online mengetik yang banyak dicari. Seperti kita tahu, data entry adalah jenis pekerjaan klerikal yang terkait dengan penggunaan berbagai proses, seperti mengetik dan merekam suara untuk kemudian dimasukkan ke dalam komputer.

Pekerjaan yang satu ini sangat dibutuhkan oleh berbagai industri, beberapa di antaranya adalah industri kesehatan, keuangan, ritel, dan transportasi. Penasaran? Simak selengkapnya apa itu data entry, tugas-tugas yang diemban, hingga rentang gaji data entry di Indonesia! Read on!

Table of Contents

Apa Itu Data Entry?

Data entry adalah profesi yang berkecimpung dalam proses penyalinan data/informasi ke media elektronik, seperti komputer atau perangkat elektronik lainnya. Mereka yang bekerja sebagai data entry bertugas untuk menambah, memverifikasi, dan mengedit data elektronik.

Seperti dikatakan sebelumnya, data entry adalah pekerjaan klerikal atau bersifat administrasi yang membantu perusahaan dalam manajemen data. Dalam prosesnya, data dapat dikelola secara manual atau otomatis dengan menggunakan mesin atau komputer.

Profesi yang satu ini sering dikaitkan dengan admin. Padahal ada perbedaan mendasar antara data entry dan admin. Profesi data entry lebih fokus pada pekerjaan input data. Sementara admin bertugas untuk mengurus kebutuhan administrasi perusahaan dan tata usaha. Bisa dikatakan bahwa admin memiliki jobdesk yang lebih luas daripada data entry.

Jenis-Jenis Profesi Data Entry

Pekerjaan data entry cukup luas jangkauannya. Berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan data entry yang paling umum dan sering dijumpai.

(1) Manual Data Entry 

Yang pertama ada manual data entry. Pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk menginput dan memindahkan data dari dokumen ke komputer. Baik numerik maupun abjad, dari satu format ke format lainnya. 

(2) Data Entry Specialist

Data entry specialist biasanya sudah memiliki pengalaman dan skill di atas rata-rata. Mereka bertugas untuk melakukan coding, mengumpulkan data client, dan meninjau database perusahaan. Data entry specialist biasanya dibutuhkan di bidang kesehatan dan pemerintahan.    

(3) Transcriptionist

Transkripsionis biasa bekerja berdasarkan basis kata. Pekerjaan ini juga mengembang tugas untuk mendengarkan rekaman dan menyalin informasi ke dalam laporan berbentuk dokumen. 

(4) Word Processor/Typist

Jenis pekerjaan data entry yang terakhir adalah pengolah kata atau pengetik. Tugas utama pekerjaan ini adalah mengetik dan memasukkan informasi data untuk dokumen teks, korespondensi, dan laporan.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Data Entry

Pada dasarnya specific job duties seorang data entry bergantung pada industri tempat mereka bekerja. Namun, mari kita coba tarik kesimpulan beberapa contoh tugas dan tanggung jawab data entry secara umum.

  • Memperbarui informasi pelanggan dalam database
  • Memeriksa dan memastikan akurasi data
  • Membuat spreadsheet untuk melacak informasi pelanggan
  • Mengatur data yang ada dalam spreadsheet
  • Melakukan transfer data dari hard copy ke database digital
  • Memverifikasi data usang dan melakukan perubahan bila diperlukan
  • Memasukan informasi berbasis teks maupun numerik dari dokumen sumber
  • Menyortir dan mengatur hard copy dokumen setelah memasukkan data secara elektronik
  • Meninjau kekurangan dan kesalahan pada data
  • Melacak dan mengamankan database

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Skill yang Harus Dimiliki Data Entry

Untuk menjadi data entry profesional, setidaknya kamu perlu menguasai 5 skill dasar berikut ini!

(1) Memiliki Kecepatan dan Keakuratan Mengetik

Apakah kamu pernah mendengar istilah “touch type”? Istilah tersebut mengacu pada kemampuan untuk mengetik di keyboard tanpa melihat tangan atau tombol keyboard-mu. Seorang data entry wajib memiliki typing speed dan akurasi pengetikan yang baik, setidaknya kamu dapat mengetik 60 kata per menit.

Semakin banyak kata per menit yang dapat diketik, semakin cepat menyelesaikan data yang kamu punya. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan mengetik;

  • Mengetik menggunakan 10 jari
  • Melihat layar, bukan keyboard
  • Gunakan tombol-tombol pintasan
  • Terus giat berlatih


(2) Basic Software Knowledge

Tidak cukup hanya memiliki kemampuan mengetik yang cepat dan akurat, seorang entry data juga harus memahami basis data dan struktur perangkat lunak basis data.

Meskipun beberapa perusahaan cenderung memiliki platform favoritnya masing-masing, namun selama kamu menguasai basic software, kamu akan mudah beradaptasi dengan platform mana pun. Berikut ini beberapa program yang harus kamu kuasai;

  • Microsoft PowerPoint
  • Microsoft Word
  • Microsoft Excel
  • Google Drive
  • Apache Open Office


Bersamaan dengan itu, kamu juga harus mampu mengoperasikan berbagai peralatan kantor, sperti printer, mesin dikte, pemindai, dll.

(3) Time Management

Skill selanjutnya yang harus dimiliki entry data adalah time management atau manajemen waktu. Mengapa demikian? Profesi entry data terkenal dengan profesi yang bersinggungan dengan tenggat waktu yang ketat. Jadi, kamu perlu memiliki manajemen waktu yang baik untuk setiap tugas agar tidak ada keterlambatan yang dapat mempengaruhi produktivitas.

Di samping itu, keterampilan manajemen waktu yang baik juga dapat membantumu lebih fokus, serta menghindari stres dan rasa cemas ketika dihadapkan dengan banyak pekerjaan dengan deadline ketat.

(4) Level Konsentrasi yang Tinggi

Untuk memenuhi harapan kerja cepat dan akurat, kandidat atau calon data entry harus memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Terlebih tak jarang tugas yang mereka kerjakan adalah hal yang sama sepanjang hari. Nah, karena sifatnya yang berulang ini, maka dibutuhkan tingkat konsentrasi, kesabaran, dan kemampuan membungkam distraksi saat kerja.

Untuk meningkatkan tingkat konsentrasi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut;

  • Meditasi: luangkan waktu beberapa menit setiap beberapa jam di meja kerjamu. Atur nafas dalam-dalam, tenangkan diri, dan bermeditasi. Hal ini dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas kinerjamu.
  • Hindari distraksi; carilah tempat kerja yang tenang dan nyaman serta memiliki sedikit gangguan. Sehingga, kamu bisa lebih fokus bekerja.


(5) Kemampuan Menulis dan Komunikasi yang Baik

Kamu mungkin berpikir bahwa profesi data entry menjalani kehidupan yang tertutup jauh dari interaksi antar divisi. Namun, pada dasarnya sebagian dari beban kerja mereka melibatkan komunikasi yang cukup intens antar anggota tim. Maka sebab itu, kemampuan komunikasi verbal akan sangat membantu terutama dalam hal pengumpulan data, mengidentifikasi data, dan memberikan feedback.

Tak berhenti di situ, data entry juga harus memiliki kemampuan menulis untuk menyalin file ke audio atau sekedar menyalin data secara manual.

Peluang Karier dan Gaji Data Entry

Untuk peluang karier, kamu tidak perlu khawatir. Setiap perusahaan dari berbagai industri baik yang bergerak di bidang ritel, transportasi, maupun kesehatan senantiasa membutuhkan yang namanya data entry. So, peluang karier di bidang profesi ini cukup luas.

Nah jika berbicara gaji, umumnya gaji data entry di Indonesia berkisar di angka 3-5 juta per bulan. Namun hal tersebut kembali lagi pada level pekerjaan dan seberapa banyak pengalamanmu.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai profesi data entry lengkap dengan jenis, skill yang harus dimiliki, jobdesk, dan rentang gajinya.

Untuk kamu yang ingin menambah dan meningkatkan skill di berbagai bidang, yuk ikuti kelas Cakap Upskill! Di sana ada banyak pilihan kursus online yang bisa kamu ambil lho. So, tunggu apa lagi cek kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.