Mengenal Big Data dan Manfaatnya dalam Bisnis

big data
Photo by Markus Spiske from Pexel

Semakin maraknya industri digital dan teknologi, kata “data” atau “big data” mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Jika Anda mengikuti perkembangan dunia bisnis, istilah ini juga kerap disebut-sebut memiliki peranan besar. Sebenarnya apa sih itu big data dan bagaimana manfaat dan penggunaannya dalam bisnis? Temukan jawabannya dalam artikel ini, ya!

Apa Itu Big Data?

apa itu big data
Photo by Lukas from Pexels

Big data adalah data yang sangat besar yang meliputi semua jenis media yaitu gambar video, audio, email, tweet, dan lain-lain yang tidak dapat ditampung oleh penyimpanan biasa. Selain jumlahnya sangat besar, data ini juga sangat cepat dan kompleks sehingga tidak dapat diproses menggunakan metode tradisional. 

Meskipun aktivitas menyimpan, mengakses, dan menganalisa data dalam jumlah yang sangat besar ini telah dilakukan dalam waktu yang lama, konsep big data sendiri hadir belakangan. Pada awal 2000-an, seorang analis industri bernama Doug Laney membuat definisi mengenai big data yang yang saat kita yang dirumuskan menjadi 3V, yaitu:

  • Volume
    Jumlahnya sangat besar dan dikumpulkan dari berbagai sumber yang mendorong berkembangnya teknologi penyimpanan seperti clouds.
  • Velocity
    Butuh akses cepat untuk data yang tidak terbatas seiring dengan semakin berkembangnya fungsi dan penggunaan internet, termasuk oleh bisnis. 
  • Variety
    Terdiri dari berbagai jenis format, mulai yang terstruktur hingga yang tidak terstruktur seperti email, audio, video, transaksi keuangan, dll. 

Manfaat Big Data

manfaat big data
Photo by Pixabay from Pexels

Lantas digunakan untuk apa saja kah data dalam jumlah yang sangat besar, butuh akses cepat, dan beragam tersebut, terutama bagi sebuah bisnis? Big data secara umum memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Mempercepat pengambilan keputusan tentang produk
    Dengan adanya data yang relevan, pengambilan keputusan dalam bisnis bisa lebih cepat dan tepat. Analisa big data dibutuhkan untuk mempertimbangkan produk atau layanan apa yang saat ini dibutuhkan dalam masyarakat. 

  • Meningkatkan kualitas dan kapasitas manajemen
    Dengan adanya data terkait produk, transaksi, penerapan promosi, manajemen bisnis akan menjadi lebih baik dan terstruktur. Hal ini tentunya akan berdampak pada kinerja operasional bisnis karena pekerjaan karyawan dapat dicapai dengan optimal. 

  • Membantu dalam analisa dan prediksi
    Dengan adanya data, analisa hingga berbagai prediksi untuk strategi bisnis ke depannya pun akan semakin baik. Selain itu, akan lebih mudah bagi pemilik bisnis atau manajemen untuk mendeteksi adanya kesalahan teknis maupun non teknis. 

Jadi Makin Terampil dalam berbagai Skill Bersama Cakap Upskill

Penggunaan Big Data dalam Bisnis

penggunaan big data
Photo by fauxels from Pexels

Big data dapat digunakan untuk membantu meningkatkan efisiensi bisnis. Melalui big data, kita dapat melihat apa yang sedang terjadi di seluruh perusahaan dan mengetahuinya secara real-time. Dengan mengolah big data dan membuat analisisnya, kita dapat merencanakan kebutuhan sumber daya manusia (SDM), produk atau jasa, serta pemasaran yang lebih efektif. 

Big Data juga berperan penting dalam peningkatan kualitas produk dan layanan. Tidak hanya terkait dengan penyedia baru tapi juga tanggung jawab untuk memastikan bahwa semua orang mendapatkan layanan yang lebih baik. Big Data memberikan informasi tentang situasi keuangan yang sedikit rinci dan tampilan lebih mapan bagi pelanggan Anda di mana mana pun mereka berada saat ini.

Teknologi Terkait Big Data

teknologi big data
Photo by Lukas from Pexels

  • Big Data Analytics
    Merupakan teknologi yang mengkombinasikan akuntansi, data mining dan data warehousing untuk proses analisis terhadap suatu data yang besar.
  • Big Data Analytics Platform
    Merupakan penyedia suatu platform dalam membangun sebuah keseluruhan aplikasi big data. Contoh: Microsoft Azure, Cloudera, dan Sisense.
  • Big Data Analytics Tools
    Menyediakan pengolahan tepat guna terhadap berbagai macam data secara berkelompok atau partisi besar seperti image, audio dan video. Contoh: Hadoop, MongoDB, dan Talend.
  • Big Data Analytics Services
    Mengutamakan keperluan pelanggan dalam membangun sistem analitik big data dengan menggunakan teknologi cloud computing dan infrastruktur layanan lainnya dihubungkan melalui jaringan Internet.

Dalam perkembangannya, big data semakin dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan untuk mempermudah pekerjaan. Big data dapat digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan seperti:

  • Bagaimana cara membuat suatu produk yang lebih bermanfaat?
  • Apa yang terbaik untuk perusahaan, meningkatkan pemasaran produk atau mengembangkan aplikasi?
  • Dengan cara apakah kita bisa memperoleh hasil yang optimal dengan jumlah anggota yang tersedia?

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan big data dalam dunia bisnis. Bagi Anda yang saat ini ingin mengembangkan sebuah bisnis, pengetahuan mengenai big data merupakan salah satu hal yang wajib Anda kuasai dasar-dasarnya. 

Cakap Upskill menawarkan beberapa kursus terkait dengan data atau big data yang bisa Anda ambil untuk menambah wawasan mengenai data dan analisanya. Kursus ini juga terbuka untuk Anda yang tertarik untuk berkarier dalam bidang data seperti Data Analyst atau Data Engineer. Daftar kursusnya sekarang juga! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.