Apa itu Fotografi? Ini Arti, Jenis, dan Teknik Dasarnya

fotografi

Kamera adalah salah satu benda digital yang sangat eksis keberadaanya. Bagaimana tidak, berkat adanya kamera, begitu banyak orang berbondong-bondong memperlihatkan kepiawaian dan unjuk gambar hasil jepretan.

Untuk kamu yang suka dengan kamera dan fotografi, kembangkan skill kamu dan pahami lebih lanjut yuk ilmu-ilmu dasar tentang fotografi yang berkaitan dengan teknik dan jenisnya! Check this article out!

Pengertian Fotografi

apa-yang-dimaksud-dengan-fotografi
Photo from Freepik

Apa itu fotografi? Fotografi sendiri berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu photography. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) fotografi adalah seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan. Atau secara sederhana, kamu bisa mengartikan fotografi sebagai proses atau metode untuk menghasilkan foto atau gambar.

Sejumlah nama ternama yang menggeluti bidang fotografi Indonesia (fotografer Indonesia) dalam berbagai era adalah Anwar Sanusi, BJ Habibie, Don Hasman (era analog), Sigit Pramono, Balens Priyadi (era digital).

Jenis Fotografi

apa-itu-fotografer
Photo from Freepik

Kamu mungkin pernah mendengar beberapa jenis fotografi, seperti wedding fotography dan food photography. Selain kedua jenis fotografi yang terdengar akrab di telinga tersebut, ada beberapa jenis fotografi yang harus diketahui, terutama bagi para pemula.

Landscape Photography

Jenis fotografi ini cocok banget untuk para pemula yang baru terjun di dunia fotografi. Melalui jenis fotografi yang satu ini, kamu bisa menyuguhkan pemandangan alam yang indah di sekitarmu. Jenis foto ini juga bisa digunakan pada kalender, kartu pos, dan memorabilia. 

Portrait Photography

Jika ada landscape photography, pasti ada juga dong portrait photography. Karena keduanya saling berdampingan dan menjadi bagian dalam dunia fotografi. Jenis portrait photography ini biasanya digunakan untuk menampilkan jenis, kepribadian, bahkan mood subjek, lho. 

Fashion Photography

Di era modern ini, fashion menjadi bagian yang tak terelakkan. Seiring dengan trend fashion yang semakin meluas dan ramai, ada jenis fotografi yang digunakan khusus untuk memotretnya, yaitu fashion photography.

Fashion photography merupakan jenis seni yang digunakan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion. Jenis fotografi ini biasanya sering ditemukan dalam iklan atau majalah fashion.

Commercial Advertising Photography

Untuk jenis fotografi yang satu ini, biasanya selalu ada ikut campur tangan fotografer profesional. Mengapa demikian? Karena commercial advertising photography menampilkan tampilan foto/gambar yang lebih menarik dengan bantuan editing dan grafis komputer. 

Karena umumnya digunakan dalam industri periklanan, maka maka foto/gambar dibuat se eye-catching mungkin agar dapat menjadi daya tarik bagi para konsumen. 

Teknik Fotografi

apa-itu-fotografi
Photo from Freepik

Setelah mengetahui apa itu fotografi dan jenis-jenisnya, yuk sekarang kenalan sama part terakhir yang harus kamu ketahui juga, yaitu teknik fotografi. Ada teknik apa aja ya kira-kira? Yuk, cari tahu beberapa teknik fotografi dasar beriktu ini! 

Motion Blur

Motion blur merupakan teknik fotografi yang digunakan untuk menonjolkan gerakan objek dalam suatu frame. Efek blur ini akan muncul di sepanjang arah bergeraknya objek.

Long Exposure

Long exposure merupakan teknik dasar dalam fotografi yang bisa digunakan dalam berbagai situasi. Teknik ini mengharuskan kamu untuk membuka shutter dalam jangka waktu yang agak lama agar rona cahaya dapat terbaca dalam gambar.

Teknik fotografi yang satu ini berkaitan juga dengan motion blur, lho. Karena jika objek dalam frame bergerak dengan cepat dan fotografer menerapkan teknik ini, maka gerakan dalam foto akan terlihat kabur/buram. 

Silhouettes

Silhouette atau siluet merupakan gambar bentuk menyeluruh secara blok, biasanya berwarna gelap. Teknik ini akan menonjolkan kontur, profil bayangan, dan bentuk. Teknik silhouette dikenal untuk membuat gambar/foto yang benar-benar keren dan menakjubkan.

Black and Wihte

Siapa sih yang nggak tau teknik fotografi yang satu ini? Yes, black and white atau hitam putih adalah salah satu teknik fotografi yang lagi populer belakangan ini. Teknik ini mengharuskanmu untuk mengaktifkan pengaturan monokrom untuk dapat menghasilkan foto hitam putih yang berkualitas.

HDR

Teknik fotografi selanjutnya adalah HDR atau juga dikenal dengan high dynamic range. Teknik HDR akan membantu kamu memperoleh gambar dengan pencahayaan yang baik, yang dapat membuat tampilan foto lebih hidup dan terlihat nyata.

Nah, buat kamu yang ingin menjadi fotografer profesional di kemudian hari, kamu bisa mulai mempelajari jenis dan teknik fotografi mulai dari sekarang. Semoga tulisan di atas bisa membantumu menjembatani antara kamu dan mimpimu menjadi seorang fotografer, ya!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.