8 AI untuk Content Creator, Buat Konten jadi Lebih Mudah!

tools ai untuk content creator

Artificial intelligence kini telah hadir tidak hanya dalam bidang teknologi, tetapi juga dapat membantu pekerjaan para content creator. AI untuk content creator menawarkan berbagai manfaat, mulai dari pembuatan artikel hingga konten visual.

Content creator sendiri merupakan orang yang bertanggung jawab dalam menciptakan konten yang menarik, informatif, dan menginspirasi untuk memenuhi kebutuhan dan ekspektasi audiens.

Namun, dengan tuntutan yang semakin tinggi dan persaingan yang ketat, content creator perlu mengadopsi teknologi yang dapat meningkatkan kreativitas mereka dan mengoptimalkan proses kerja.

Salah satu teknologi yang sedang mengemuka adalah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence atau AI). Ingin tahu apa saja tools AI untuk content creator? Yuk, simak!

Rekomendasi Tools AI untuk Content Creator

Sejumlah tools AI yang saat ini sering digunakan untuk membantu pekerjaan content creator adalah sebagai berikut.

1. ChatGPT

Baru-baru ini, Chat GPT telah menjadi salah satu alat AI paling populer di  masyarakat.  Chat GPT adalah sistem chatbot berbasis artificial intelligence.

Di sini, pengguna dapat memberikan perintah atau menanyakan apapun dalam chat, kemudian sistem akan menjawab pertanyaan atau perintah tersebut secara lengkap dan jelas.

Chat GPT merupakan sistem teknologi pintar modern yang dapat menjawab setiap pertanyaan atau perintah yang diajukan. Salah satu tools AI untuk content creator ini diperkirakan memiliki algoritma yang lebih kompleks daripada Google.

2.  Canva Text to Image

Canva Text to Image adalah alat AI yang dapat mengubah  imajinasi atau pemikiranmu menjadi gambar nyata. Kamu hanya perlu memasukkan beberapa kata, lalu kata-kata tersebut akan diubah menjadi gambar yang siap digunakan.

Jadi, pengguna hanya perlu menulis deskripsi gambar dalam imajinasinya sebagai teks. Setelah itu, teks  akan berubah menjadi gambar yang diinginkan. Uniknya, gambar yang dihasilkan bukanlah gabungan dari beberapa gambar. Tools ini benar-benar membantu content creator membuat gambar baru dari awal.

3. Adobe Enhance Speech

Adobe Enhance Speech adalah AI yang bisa dimanfaatkan untuk memperjelas suara audio. Melalui tool ini, suara kamu akan terdengar lebih jelas hanya dengan satu klik. Kamu hanya perlu memasukkan suara untuk dijelaskan di Adobe Enhance Speech, kemudian dengan satu klik, kamu akan mendapatkan suara yang lebih jelas.

Mau Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap? Klik Tombol Berikut!

4. Murf AI

Murf AI merupakan produk baru dengan kemampuan artificial intelligence yang dapat menghasilkan suara dari teks.

Kamu dapat melakukan perubahan suara sesuai keinginan mereka, bahkan membuat voice over dalam hitungan menit dengan memilih suara yang ingin digunakan. Salah satu AI untuk content creator ini dapat menampilkan lebih dari 100 set suara profesional dalam 20 bahasa yang bisa kamu pilih.

Suara yang disediakan  dapat digunakan di berbagai aplikasi, seperti podcast YouTube, e-learning, atau untuk kepentingan komersial. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi buku audio, videogram, dan video produk.

Melalui berbagai fitur tersebut, tools Murf AI ini sangat berguna bagi pembuat konten untuk  menghasilkan  konten yang menarik.

5. Synthesia

Synthesia adalah alat yang dapat secara otomatis membuat video dan audio  melalui  teks menggunakan sistem kecerdasan buatan. Saat ini ada lebih dari 40 avatar yang dapat dipilih dari berbagai database, bahkan kamu juga bisa membuatnya sendiri. 

Tools ini juga dapat digunakan untuk mengubah latar belakang. Alat AI ini juga terintegrasi dengan Unsplash dan Pexels. Dengan demikian, kamu hanya perlu memilih channel yang tersedia untuk mengunggah konten yang sudah dibuat.

6. VEED.IO

VEED.IO merupakan salah satu pilihan tools menarik bagi seorang content creator yang kerap memproduksi konten dalam format video. Di sini, kamu juga dapat secara otomatis menambahkan subtitle, efek khusus, menggabungkan klip, dan melakukan pengeditan lainnya.

Alasan  banyak orang menyukai VEED.IO adalah  kemudahan dalam penggunaannya, bahkan kamu tidak memerlukan pengalaman mengedit video sebelumnya. Namun tetap saja kustomisasi VEED.IO masih terbatas bisa diakses secara gratis dan kamu harus berlangganan untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

7. Tome AI

Tome AI adalah tools AI yang memungkinkan kamu membuat presentasi  menarik  dengan cepat dan mudah.

Caranya cukup sederhana, kamu tinggal memasukkan topik materi yang diinginkan, setelahnya tools ini akan memberikan file berupa presentasi yang berisi semua materi yang kamu inginkan.  

Salah satu AI untuk content creator sangat berguna bagi kamu yang ingin menyiapkan presentasi untuk branding agar lebih profesional, terutama dalam hal desain sampul. 

8. Jasper AI

Jasper AI dapat dimanfaatkan untuk membantu membuat konten atau menulis skrip seperti artikel blog, caption media sosial, dan lain-lain. Itulah sebabnya, AI untuk content creator ini dinilai cocok bagi kamu yang sedang kesusahan mencari ide penulisan dalam beragam bahasa.

Jasper AI menyediakan konten berkualitas tinggi dalam lebih dari 25 bahasa, yang juga disesuaikan dengan prinsip optimisasi mesin pencari (SEO).

Manfaat AI untuk Content Creator

Tools AI yang saat ini digunakan menawarkan berbagai kemudahan bagi produsen konten. Di bawah ini adalah manfaat menggunakan tools AI untuk content creator.  

1. Efektivitas Waktu dan Biaya

Baik dalam praproduksi, produksi, atau pascaproduksi, kamu dapat menghemat waktu dan uang dengan AI. Tools AI dapat memproses berbagai hal lebih cepat. Misalnya, membuat konten dengan ide baru.

2. Referensi Ide Konten 

Kamu juga dapat menggunakannya sebagai alat diskusi dalam sesi brainstorming. Cara ini berguna untuk membantumu mendapatkan ide dari sudut pandang lain yang bisa dijadikan referensi pembuatan konten.

Belajar jadi Content Creator bareng Gita Savitri dan Yoga Arizona, Yuk!

3. Presentasi Konten Berkualitas Lebih Tinggi

Sebagai content creator, kamu pasti ingin audiens menikmati konten yang sudah dibuat. AI juga dapat membantu kamu menghadirkan konten berkualitas tinggi, misalnya dengan meningkatkan kualitas suara melalui fitur pengurangan kebisingan.

4. Sajikan Konten yang Relevan kepada Pengguna

Manfaat tools AI berikutnya adalah membantu memberi rekomendasi untuk referensi konten yang tepat berdasarkan perilaku dan preferensi audiens. Hal ini dapat membantumu meningkatkan engagement audiens.

Cara Optimalkan Penggunaan AI untuk Content Creator

Setelah mengetahui berbagai rekomendasi Ai untuk content creator, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara memanfaatkan alat AI secara maksimal. 

Sebelum mencoba tools AI, kamu harus membiasakan diri dengan semua fiturnya sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan tujuan  konten yang dibuat.

Jangan ragu untuk mencoba segala fitur yang disediakan dalam tools tersebut. Kamu dapat menggabungkan satu alat dengan alat lainnya untuk membuat konten yang lebih kreatif dan unik.

Setelah menggunakan tools AI, lakukan evaluasi terhadap konten yang dibuat. Selain itu, kamu juga perlu mengikuti perkembangan teknologi AI agar tidak ketinggalan  fitur-fitur baru yang mungkin muncul di masa mendatang.

Ingatlah bahwa penggunaan tools AI ini akan maksimal ketika kamu mampu menggabungkannya dengan kreativitas kamu. Jadi, tetap gunakan ide-ide kreatif dan sentuhan pribadi dari sudut pandang orang.

Ebook berikut akan membantu kamu lebih memahami tentang pembuatan konten marketing. silahkan download.

Melalui informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa AI telah membuka peluang baru bagi konten kreator untuk meningkatkan kreativitas dan efisiensi dalam pekerjaan mereka.

Meski begitu orisinalitas dan kreativitas dari seorang content creator tetap menjadi nilai utama. Jadi, usahakan tools hanya membantu tidak menggantikan peran sebagai content creator.

Ingin belajar membuat konten yang menarik? Mari ikuti kursus jadi content creator bersertifikat di Cakap Upskill. Di sini, kamu akan belajar lebih dalam mengenai profesi content creator, strategi perencanaan konten, proses produksi konten, penyuntingan, publikasi, dan evaluasi.

Cek kelasnya sekarang dan daftarkan dirimu di Upskill Cakap sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.