Content Marketing: Arti, Jenis, hingga Manfaat untuk Bisnis

content marketing adalah

Content marketing adalah satu dari beberapa bagian strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian dan engagement audiens dengan tujuan untuk mendapatkan tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Sayangnya, tidak semua industri dapat menerapkan strategi ini dengan tepat dan belum sadar pentingnya content marketing atau pemasaran konten. Nah, jika kamu penasaran tentang pemasaran konten, kamu wajib membaca penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Content Marketing?

Menurut The Content Marketing Institute, content marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang fokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga, relevan, dan konsisten dengan tujuan untuk menarik dan mempertahankan audiens yang pada akhirnya untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Pemasaran konten merupakan strategi jangka panjang yang cukup efektif meningkatkan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens dengan membagikan konten-konten berkualitas tinggi dan relevan.

Fungsi Content Marketing

Pada dasarnya, pemasaran konten memiliki empat fungsi utama yaitu, edukasi, inspirasi, hiburan, dan meyakinkan. Jika kamu gagal membuatnya sesuai dengan empat fungsi di atas, kamu dapat kehilangan kesempatan untuk menarik potensial audiens.

1. Entertain/Hiburan

Fungsi utama dari content marketing adalah untuk menarik perhatian dan menghibur orang-orang demi mendapatkan reaksi emosional.

2. Inspire/Inspirasi

Fungsi yang kedua adalah untuk menginspirasi audiens dan juga menyentuh sisi emosional mereka. Baik berupa dukungan, ulasan, dan peringkat, konten yang menginspirasi ini akan mendorong audiens untuk membuat keputusan pembelian pada tingkat emosional.

3. Education/Edukasi

Fungsi yang ketiga adalah memberikan konten edukasi yang bertujuan untuk membantu audiens menemukan solusi yang tepat untuk setiap masalah yang mereka hadapi.

4. Convince/Meyakinkan

Fungsi terakhir dari content marketing bertujuan untuk memberi dorongan keputusan terakhir kepada audiens. Biasanya, konten yang meyakinkan ini berupa fakta-fakta, angka, infografik, dan konten relevan yang sesuai dengan kebutuhan audiens saat itu.

fungsi content marketing
superdream

Jenis Content Marketing

Ada begitu banyak jenis konten pemasaran yang dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan tujuan strategi pemasaran kalian. Berikut adalah beberapa jenis konten pemasaran yang paling sering dilakukan oleh banyak industri saat ini:

1. Blog/Artikel

Jenis konten marketing pertama yang paling sering diandalkan oleh para digital marketer adalah blog/artikel. Blog atau artikel cukup efektif meningkatkan traffic website dengan membuat artikel-artikel informatif dan berkualitas menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis.

2. Infografik

Jenis content marketing selanjutnya adalah infografik yang menampilkan tulisan, informasi, dan data dalam format grafis yang mudah dipahami oleh semua orang.

Biasanya, infografis ini menggunakan kata-kata singkat, pernyataan, chart, dan gambar. Infografis ini sangat bagus untuk mengkomunikasikan informasi secara efektif yang memiliki potensi tinggi untuk menghasilkan sebuah aksi berbagi konten di media sosial audiens.

3. Podcast

Saat ini sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang mulai mendengarkan podcast. Bahkan, berdasarkan data GlobalWebIndex (GQI), jumlah pendengar podcast di Indonesia pada kuartal III 2021 mencapai 35,6%.

Podcast merupakan salah satu jenis konten yang mulai diminati masyarakat di dunia. Salah satu hal yang membuat jenis konten ini menarik adalah, pendengar bebas memilih channel podcast apa yang akan mereka dengar sesuai dengan topik yang mereka minati.

Selain faktor tersebut, masih ada faktor-faktor lain yang membuat masyarakat lebih senang mendengarkan podcast, yaitu host podcast, bintang tamu yang hadir, cerita, dan durasi episode.

4. Video

Jenis konten pemasaran berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah video. Berdasarkan penelitian Wyzowl, sebanyak 73% audiens menyukai menonton video untuk mempelajari tentang sebuah produk atau layanan dari suatu merek.

Selain itu, video marketing juga efektif untuk kamu yang sedang ingin membangun engagement dengan pelanggan. Kamu dapat memproduksi konten video dan membagikannya ke media sosial, landing page, atau website perusahaan kamu.

5. Email Marketing

Jenis content marketing selanjutnya adalah email marketing. Email marketing adalah sebuah kegiatan mengirim pesan komersial kepada sekelompok orang dengan menggunakan email

Salah satu cara untuk mendapatkan alamat email pelanggan adalah dengan membuat formulir pendaftaran untuk mendapat konten eksklusif seperti e-book dan template yang dibutuhkan audiens.

Mereka yang mendaftar untuk mendapatkan konten tersebut biasanya sudah menyetujui untuk mendapatkan email berupa promo dan event yang sedang berjalan. 

Kegiatan ini cukup efektif untuk meningkatkan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan. Hal ini akan mendorong loyalitas pelanggan dan mendapat pelanggan baru dengan hanya memberikan konten-konten eksklusif yang berkualitas.

6. E-book

E-book merupakan salah satu bentuk pemasaran konten yang berisi panduan atau tutorial yang bermanfaat. Biasanya, konten ini akan dipromosikan di dalam website agar dapat menarik audiens untuk berkunjung dan subscribe email marketing supaya mendapatkan konten eksklusif tersebut.

Manfaat Content Marketing untuk Bisnis

Dengan konsisten membuat konten marketing yang berkualitas, perusahaan atau merek dapat memperkuat reputasi dan membangun kepercayaannya di mata audiens. Untuk lebih jelasnya, mari simak manfaat penggunaan content marketing untuk bisnis:

1. Konten Berkualitas Dapat Meningkatkan Kesadaran Merek

Konten marketing tidak hanya sebagai pajangan keren-kerenan di media sosial dan website saja. Semakin sering kamu membagikan konten berkualitas di website, semakin tinggi kesempatan kamu untuk mendapat posisi pertama di mesin pencarian.

Hal ini akan menguntungkan bisnis karena konten tersebut bisa langsung muncul di halaman pertama, sehingga audiens dapat mengingat nama merek bisnis kamu dengan mudah.

2. Loyalitas Pelanggan

Manfaat yang kedua adalah membangun pengalaman positif bagi audiens dan memaksa mereka untuk terus kembali ke situs bisnis kamu yang dapat mengubah prospek menjadi pelanggan loyal. Kenapa bisa begitu?

Alasannya, mereka tahu harus kemana mereka mencari solusi yang tepat untuk masalah mereka. Mungkin saja mereka menemukan merek kompetitor di industri yang sama dengan kamu. Akan tetapi, mereka tidak melihat merek tersebut memberikan sebuah solusi yang tepat untuk mereka.

3. Hemat Biaya

Seperti yang telah artikel ini jelaskan sebelumnya, content marketing merupakan strategi pemasaran jangka panjang dengan modal yang cukup rendah. Semakin banyak konten yang kamu buat dan publish, semakin rendah biaya pemasaran yang akan kamu keluarkan di masa depan.

Hal ini bisa terjadi berkat bantuan SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah sebuah praktik yang dapat meningkatkan tampilan dan posisi halaman website dalam hasil pencarian organik. Jadi, semakin banyak kamu memproduksi konten-konten yang berkualitas, situs kamu akan lebih mudah ditemukan di mesin pencarian.

Jadi, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar membuat iklan digital untuk mempromosikan bisnis kamu. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menulis konten sendiri atau mencari jasa penulis artikel SEO untuk membuat artikel-artikel berkualitas secara teratur.

Yuk Terapkan Strategi Content Marketing dengan Benar!

Membuat content marketing berkualitas dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan kesadaran merek, dan membangun hubungan positif yang bisa meningkatkan prospek penjualan.

Perusahaan kamu juga bisa, lho meraih semua itu dengan merancang strategi pemasaran konten. Kamu bisa kuasai ilmu ini dengan mengikuti kelas Digital Marketing di Cakap. Setelah ikut kelas ini, kamu jadi lebih pede buat konten pemasaran yang berkualitas!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.