Marketing Campaign: Pengertian, Jenis, & Cara Membuatnya

Campaign adalah

Setiap perusahaan akan melakukan strategi marketing untuk mencapai target pendapatan yang diinginkan. Dalam kegiatan marketing, campaign adalah salah satu hal yang akan sering kamu dengar agar meraih tujuan tersebut. Jika kamu bekerja di dalam tim marketing, membuat campaign yang menarik tentunya menjadi PR yang perlu kamu pikirkan. 

Lalu, seberapa paham kamu mengenai apa itu campaign dan bagaimana cara membuat campaign yang menarik? Nah, jika kamu masih baru dalam dunia marketing, kamu perlu membaca artikel kali ini hingga selesai, ya. Karena kamu akan menemukan penjelasan lengkap seputar campaign yang perlu kamu ketahui. Langsung aja, simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Table of Contents

Apa Itu Marketing Campaign Activity? 

Dalam konteks bisnis dan marketing, pengertian campaign activity adalah suatu tindakan terorganisir yang dibuat untuk mencapai tujuan bisnis. Umumnya, marketing campaign adalah sebuah hal yang digunakan untuk menjangkau konsumen dengan cara yang menarik, kreatif, dan melibatkan banyak media.

Marketing campaign yang baik adalah marketing campaign yang konsisten dan terfokus untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Pada umumnya, marketing campaign terdiri dari beberapa komponen seperti promosi, pengiklanan, distribusi, produk, serta harga.

Tujuan Marketing Campaign

Dalam mempromosikan sebuah produk atau brand, keberadaan marketing campaign adalah kunci sukses yang perlu kamu persiapkan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk membuat marketing campaign semenarik mungkin agar mencapai tujuan bisnisnya masing-masing.

Pada umumnya, marketing campaign memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Mengurangi dampak stigma negatif yang beredar di masyarakat
  • Membangun sebuah brand image pada suatu produk
  • Mengenalkan produk baru
  • Mengedukasi masyarakat akan penggunaan sebuah produk 
  • Mempersuasi masyarakat agar membeli produk 
  • Mengumumkan promo yang sedang berjalan

Jenis-Jenis Marketing Campaign

seorang marketer sedang presentasi Marketing Campaign

Konsep-konsep yang diterapkan pada marketing campaign haruslah sejalan dengan tujuan bisnis. Inilah beberapa jenis marketing campaign yang bisa kamu pelajari.

1. Brand Awareness Campaign

Marketing campaign nggak hanya diperlukan untuk mendorong pendapatan perusahaan, namun juga diperlukan untuk mempertahankan eksistensi perusahaan di mata konsumen. Brand awareness campaign adalah sebuah marketing campaign yang dilakukan untuk mengenalkan produk dan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap sebuah produk. 

Misalnya, sebuah perusahaan membangun website yang berisi konten-konten yang relevan dengan target penggunanya. Bila konsumen memiliki pertanyaan seputar produk dari perusahaan tersebut, kemudian mereka menemukan jawabannya di blog perusahaan, hal ini akan membuat konsumen semakin sadar dan percaya bahwa produk yang mereka beli adalah produk yang mereka butuhkan.

2. Rebranding Campaign

Seperti namanya, rebranding campaign adalah jenis campaign yang berfungsi untuk rebranding, alias memulihkan identitas dari sebuah brand. Jenis campaign yang satu ini juga bermanfaat untuk memperkecil dampak stigma negatif terhadap sebuah brand di masyarakat. 

Misalnya, siapapun tahu bahwa restoran cepat saji selalu identik dengan makanan-makanan yang tidak sehat. Maka dari itu, si pengusaha restoran cepat saji ini melakukan rebranding campaign dengan merilis menu-menu makanan khusus diet, sehat, dan minim resiko penyakit.

3. Traditional Campaign

Traditional campaign adalah marketing campaign yang dilakukan dengan cara memanfaatkan media-media konvensional. Umumnya, media konvensional yang digunakan pada jenis marketing campaign yang satu ini adalah media cetak, radio, televisi, hingga surat. 

Pernahkah Sobat Cakap melihat beberapa iklan yang terpampang di koran? Ya, itu merupakan salah satu contoh traditional campaign yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

4. Seasonal Push Campaign

Seasonal push campaign merupakan jenis marketing campaign yang memanfaatkan momen-momen tertentu untuk mendorong pendapatan. Jenis campaign yang satu ini sering digunakan oleh perusahaan yang memiliki gelombang bisnis musiman, seperti restoran atau retail. Misalnya, sebuah restoran mengadakan pesta promo besar-besaran bulan puasa, karena bulan puasa selalu identik dengan kegiatan buka puasa bersama. 

5. Product Launch Campaign

Saat sebuah perusahaan merilis produk baru, marketing campaign sangat penting untuk dilakukan. Mengapa? Karena campaign activity saat merilis produk baru mampu meningkatkan brand awareness calon konsumen. Pada momen ini, jangan lupa untuk membuat campaign semenarik mungkin yang menjelaskan mengapa konsumen membutuhkan produk ini. 

Dalam product launch campaign, jangan ragu untuk berkolaborasi dengan mitra atau distributor manapun, karena mereka akan membantu kamu untuk memasarkan produk baru tersebut dengan jangkauan yang lebih luas.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Tips & Cara Membuat Campaign yang Efektif

Setelah mengetahui tujuan campaign, selanjutnya kamu bisa coba tips dan cara membuat campaign yang efektif berikut untuk keperluan bisnis dan marketing. 

1. Pahami Target Audience

Dalam menyusun campaign sebuah produk, hal pertama yang wajib kamu pahami adalah target audience. Bukan tanpa alasan, jika target audience kamu nggak jelas, maka produk yang kamu promosikan pun bisa jadi tidak akan sesuai ekspektasi, karena kamu memasarkan produk kepada target audience yang kurang tepat. 

Lakukan riset mengenai target pasar dan target konsumen untuk membuat marketing campaign kamu semakin efektif. Riset sebanyak mungkin mengenai siapa saja dan golongan seperti apakah yang ingin kamu attract dengan marketing campaign yang akan kamu buat.

2. Gunakan Media Sosial

Seperti yang kita ketahui, media sosial membuat kita dapat lebih mudah dalam menjangkau satu sama lain. Media sosial ini juga bisa kamu manfaatkan dalam aktivitas marketing campaignlho. Menggunakan media sosial dalam marketing campaign akan membantu kamu memperluas jangkauan promosi, karena media sosial kini sudah digunakan oleh jutaan orang di dunia.

Kalau Sobat Cakap berminat untuk melakukan marketing campaign menggunakan media sosial, jangan lupa untuk selalu update dan mengikuti trend yang ada. Hal ini dilakukan supaya marketing campaign yang kamu buat dapat semakin menarik konsumen untuk keep in touch, misalnya dengan membuat marketing campaign melalui TikTok dan Instagram reels.

3. Berkolaborasi dengan Influencer 

Berkolaborasi dengan influencer adalah sebuah hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam melakukan marketing campaign. Seperti yang kita tahu, influencer selalu identik dengan figur yang sudah dikenal oleh banyak orang. Kamu bisa berkolaborasi dengan para influencer untuk memperluas jangkauan pemasaran produk. Namun, meskipun sudah berkolaborasi dengan sosok figur terkenal, jangan lupa untuk tetap menyusun konsep marketing campaign yang menarik, supaya produk kamu semakin ngena di hati dan pikiran para audience.

Sobat Cakap, itulah tadi beberapa penjelasan mengenai marketing campaign yang bisa Cakap sajikan kali ini. Setelah membaca penjelasan di atas, sudahkah kamu memahami beberapa hal tentang marketing campaign

Untuk kamu yang ingin menjadi expert di dunia marketing, khususnya digital marketing, kamu dapat mengikuti kelas pelatihan digital marketing di Cakap Upskill bersama ahli yang akan memberikan kamu tips dan ilmu marketing yang tentunya bermanfaat untuk karir kamu. Selamat mencoba!

Referensi : 

  • indeed.com 
  • glints.com
  • investopedia.com 
  • arimetrics.com

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.