9 Negara dengan Biaya Kuliah & Hidup Termurah, Mana Pilihanmu?

apakah-kuliah-di-luar-negeri-tidak-ada-skripsi

Banyak orang beranggapan kalau kuliah di luar negeri itu pasti mahal. Terlepas dari perbandingan dengan biaya kuliah di dalam negeri, ternyata ada banyak kok negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah yang bisa dijangkau oleh siapa saja yang punya mimpi dan berani mewujudkannya. Kamu berani nggak wujudkan mimpi kuliah di luar negeri? 

Buat kamu yang ingin kuliah di luar negeri dengan biaya terjangkau, negara-negara berikut ini bisa menjadi pilihan terbaikmu!

Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Termurah

Kamu mungkin tidak pernah berpikir bahwa kuliah di negara-negara yang ada di Benua Eropa nggak selalu mahal. Padahal, ada banyak kok negara di berbagai belahan dunia dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang murah dan terjangkau. Di antaranya ada negara-negara ini nih, yuk simak!

(1) Jerman

Selain menawarkan pendidikan yang berkualitas tinggi, Jerman juga menawarkan pilihan pendidikan tinggi yang terjangkau. Negara ini masuk ke dalam jajaran negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah. 

Kok bisa ya, padahalkan di Eropa? Jerman memang dikenal sebagai negara yang tidak membebankan biaya tinggi pada mahasiswanya. Nggak heran deh kalau negara yang dikenal sebagai ‘The land of ideas’ terus meningkat popularitasnya di kalangan mahasiswa internasional.

Biaya kuliah di Jerman per-tahun sekitar 7-10 juta rupiah. Sedangkan untuk biaya hidup, rata-rata mahasiswa bisa mengeluarkan uang sebanyak €8.000 hingga €10.000. Cukup terjangkau bukan? Bahkan akan lebih terjangkau lagi kalau kamu mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, kamu akan diberikan uang saku dan tidak perlu membayar biaya kuliah.

(2) Norwegia

Tidak hanya terkenal dengan Scenic Beauty, Norwegia juga merupakan negara tujuan populer mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Universita negeri di negara ini menawarkan pendidikan gratis untuk siswanya, kamu benar-benar tidak dipungut biaya kuliah!

Kendati demikian, biaya hidup di negara ini cukup mahal. Seorang siswa bisa menghabiskan sekitar $17.200 per tahun. Namun, jangan berkecil hati, ada banyak berbagai peluang beasiswa yang bisa kamu coba.

(3) Taiwan

Dari Benua Eropa, terbang kembali menuju Asia. Di sana ada Taiwan, negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah. Biaya kuliah di Taiwan bervariasi, bergantung dengan program studi yang diambil. 

Umumnya, mahasiswa akan merogoh kocek sebanyak $1.650 sampai $4.700 untuk membayar uang kuliah per-semester. Sedangkan untuk biaya hidup, mahasiswa bisa menghabiskan uang sekitar $2.900 hinga $3.700 per-semester.

(4) Prancis

Nggak cuma terkenal dengan brand mode dan fashion-nya yang mendunia, Prancis juga ternyata dikenal sebagai negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah. Mahasiswa non EU/EEA yang memulai studi mereka di Prancis rata-rata akan membayar uang kuliah sejumlah  €2.770 per-tahun untuk program studi Sarjana, dan €3.770 per-tahun untuk program Magister.

Untuk biaya hidup, Prancis juga termasuk negara yang cukup ramah. Kamu bisa menghabiskan sekitar €1.000 hingga €2.000 per-bulan. Hal itu tentunya menyesuaikan dengan gaya hidup dan tempat tinggalmu.

(5) Argentina

Negara terbesar kedua di Amerika Selatan ini sangat terkenal dengan biaya hidup yang murah. Bayangkan, kamu bisa hidup dengan layak di Argentina dengan uang  $5.000 saja per-tahun.

Tak jauh berbeda dengan biaya hidup, biaya kuliah di Argentina juga terhitung murah lho. Jika kamu bukan termasuk mahasiswa penerima beasiswa, maka kamu hanya perlu membayar uang kuliah sebesar $5.100 per-tahun. Di samping cocok untuk destinasi pendidikan, kamu juga bisa memanjakan mata dan menikmati keindahan geografi di negara tersebut.

(6) Polandia

Tempat terbaik lainnya untuk belajar di luar negeri dengan anggaran terjangkau adalah Polandia. Negara ini memiliki kualitas pendidikan, budaya, dan sejarah yang fantastis untuk dipelajari. 

Soal biaya kuliah, nggak usah terlalu pusing karena kamu bisa kuliah gratis kalau kamu bisa berbahasa Polandia, wah menarik ya? Terus untuk mahasiswa yang nggak bisa bahasa Polandia gimana? Tenang, bagi kamu yang nggak bisa bahasa Polandia, kamu masih bisa kuliah di sana berbekal bahasa Inggris yang dimiliki. Biasanya, biaya kuliah pertahun untuk mahasiswa internasional sekitar $2.230 hingga $4.180. Sedangkan biaya hidup di Polandia juga terhitung cukup terjangkau, dengan budget sekitar €6.600 kamu bisa bisa memenuhi keperluan hidup selama satu tahun. 

(7) Malaysia

Mau kuliah di luar negeri, tapi masih tetep deket sama Indonesia? Malaysia jawabannya! Tidak diragukan lagi kalau negara ini menjadi salah satu negara termurah untuk belajar di luar negeri. Mulai dari biaya kuliah hingga biaya hidup, keduanya bisa dijangkau untuk masyarakat dari berbagai kalangan.

Sebagian besar mahasiswa atau pelajar hanya membutuhkan uang sekitar$3.550 per tahun untuk dapat hidup nyaman di Malaysia. Sedangkan untuk biaya akademik, rata-rata berkisar di angka $4.000 per tahun. Bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang mematok biaya kuliah lebih rendah.

(8) Belgia

Tidak hanya memiliki universitas top di Eropa, Belgia juga memiliki banyak budaya lokal yang semarak. Kamu bisa mempelajari banyak hal di sana, terutama di Kota Brussel. 

Nah, untuk biaya kuliah sendiri, biasanya tergantung dari mana asal mahasiswa yang bersangkutan. Untuk mahasiswa UE biaya pendidikan per-tahun sekitar €906. Sedangkan untuk mahasiswa non UE, membayar lebih dari €4.175 per-tahun.

(9) Mexico

Terakhir ada Mexico, nih. Negara yang berada di Amerika Latin ini sangat kaya akan budaya yang unik dan menarik. Selain itu, Mexico juga bisa menjadi negara yang tepat untuk kamu melanjutkan studi. Maka tak heran kalau Mexico dinobatkan jadi salah satu dari 100 kota terbaik dunia untuk pelajar. 

Biaya kuliah di negara ini cukup terjangkau dan bervariasi. Umumnya, biaya akademik di sana mencapai angka $6.300 per-tahun. Sedangkan untuk biaya hidup, bergantung pada kota yang kamu tuju. Di wilayah ibu kota, biaya hidup dapat mencapai $9.250 per-tahun. Sedangkan di tempat lain hanya berkisar $6.450 per-tahun.

Nah Sobat Cakap, itu dia 9 negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah dan terjangkau. Dari 9 negara yang sudah disebutin di atas, kira-kira mana nih yang jadi favoritmu? Kalau kamu ingin konsultasi dan mengikuti program persiapan kuliah di luar negeri, kamu bisa mengikuti Cakap Study Aboard sekarang!

 

Referensi:
-scholarshipscorner.website
-leverageedu.com
-topuniversities.com
-masterportal.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.