10 Kelebihan & Kekurangan Kuliah di Luar Negeri, Wajib Tahu!

kelebihan dan kekurangan kuliah di luar negeri
Image by Freepik

Kuliah di luar negeri atau study abroad adalah salah satu keputusan besar dalam hidup yang pastinya perlu Sobat Cakap pertimbangkan matang-matang. Pendidikan yang lebih baik dan pengalaman hidup di negara yang berbeda sering menjadi motivasi utamanya. Namun, setiap pilihan selalu datang bersama dua sisi untuk dipertimbangkan, bukan? Kali ini kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan kuliah di luar negeri, yuk! 

Table of Contents

Kelebihan Kuliah di Luar Negeri

Berdasarkan data Global Flow of Tertiary-Level Students oleh UNESCO terbaru, ada sekitar 55 ribu pelajar Indonesia tengah menempuh pendidikan di luar negeri saat ini. Memangnya apa sih kelebihan kuliah di luar negeri? Let’s check it out! 

1. Pendidikan Berkualitas Tinggi

Banyak negara yang dijadikan destinasi studi internasional karena pendidikannya yang berkualitas tinggi. Dengan mengakses pendidikan berkualitas tersebut, kamu akan bisa mempelajari bidang studi langsung dari ahlinya. Selain itu, bagi kamu yang ingin mempelajari bidang spesifik juga lebih memungkinkan, karena jurusan yang tersedia jauh lebih beragam. 

Pelajari lebih lanjut bagaimana mengikuti pertukaran pelajar: Student Exchange (Pertukaran Pelajar), Ini Syarat & Keuntungannya!

2. Pengalaman Multikultural

Kelebihan kuliah di luar negeri selanjutnya adalah kesempatan untuk hidup dan belajar di tengah perbedaan budaya. Hal ini tentunya memperluas perspektif dan membuka wawasanmu terhadap keberagaman budaya. Selain itu, kuliah di luar negeri juga memberikan kesempatan bagimu untuk membangun koneksi dan jaringan internasional yang berguna di masa depan. 

3. Kesempatan Karier yang Lebih Baik

Lulusan dengan pengalaman kuliah di luar negeri seringkali memiliki keunggulan kompetitif dalam pasar kerja global. Hal ini karena mereka memiliki adaptabilitas, kemandirian, serta kemampuan bahasa asing. Tidak hanya itu, pengalaman magang hingga koneksi internasional yang dibangun juga mungkin menawarkan kesempatan karier, lho. 

Lihat panduan: Cara Bekerja di Luar Negeri dengan Daftar Biaya dan Tipsnya

4. Membuka Wawasan

Belajar dan hidup negara berbeda tentunya akan memberimu sudut pandang yang berbeda karena banyak faktor. Kuliah di luar negeri menawarkan pengalaman dan juga sudut pandang yang mungkin jarang dilihat dan dikembangkan di Indonesia. Hal ini tentunya membuka wawasanmu terhadap hidup, bidang yang ditekuni, masyarakat, bahkan diri sendiri. 

5. Melatih Kemandirian

Kuliah di luar negeri tentunya bukan satu-satunya cara untuk melatih kemandirian. Meski demikian, pernah nggak sih kamu membayangkan bagaimana cara survive di lingkungan masyarakat, budaya, dan bahasa yang benar-benar berbeda? Hal tersebut tentunya memberikan tantangan yang lebih besar dan meningkatkan kemandirianmu dalam banyak hal. 

Setelah melihat kelebihan-kelebihan kuliah di luar negeri di atas, tentunya ini akan menambah motivasi untuk kuliah ke luar negeri. Oleh karena itu, jika ingin mewujudkan impianmu itu, kamu harus belajar lebih giat. 

Kekurangan Kuliah di Luar Negeri

Kelebihan di atas tentunya sangat menarik dan menjadi motivasi bagi kamu yang saat ini ingin sekali kuliah di luar negeri. Namun, sebelum kamu membuat keputusan, ada beberapa kekurangan yang sebaiknya kamu pertimbangkan juga, lho. Yuk, bahas! 

Mulai Langkah Pertama Studimu ke Luar Negeri Bersama Cakap!

1. Biaya yang Tinggi

Kuliah di luar negeri seringkali lebih mahal daripada kuliah di dalam negeri, sehingga hal ini wajib jadi pertimbangan utama. Biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya perjalanan mungkin akan menjadi beban keuangan yang signifikan bagi kamu dan keluarga. Selain itu, fluktuasi mata uang juga dapat memengaruhi biaya hidupmu selama di sana nantinya. 

2. Tantangan Bahasa

Sudah bukan rahasia kalau bahasa menjadi tantangan kuliah di luar negeri, terutama di negara dengan bahasa yang benar-benar baru bagimu. Selain harus mempersiapkan diri untuk pembelajaran dalam bahasa tersebut, kamu juga harus menunjukkan bukti kemahiran yang berlaku internasional saat mendaftar. Sudah tahu belum kalau Cakap punya kelas Persiapan Tes yang bisa jadi solusi? 

3. Perbedaan Sistem Pendidikan

Umumnya, kamu akan butuh penyesuaian untuk masuk ke sistem pendidikan yang berlaku di negara yang kamu tuju. Jika lulus dengan ijazah dari kurikulum nasional, kamu mungkin butuh mengambil satu tahun pendidikan persiapan sebelum melanjutkan program ke program gelar. Hal ini akan berbeda jika sejak awal kamu telah menempuh pendidikan di sekolah internasional.  

4. Homesick

Hidup di luar negeri tentunya merupakan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga kerap menimbulkan rasa rindu terhadap kampung halaman. Homesick karena jauh dari keluarga teman-teman, dan budaya Indonesia tentunya akan menyapamu sesekali. Terutama jika sedang mengalami hari-hari yang berat karena sakit atau masalah lainnya. 

5. Tantangan Administrasi

Terakhir, proses administratif yang terkait dengan kuliah di luar negeri juga bisa rumit dan memakan waktu. Mendapatkan visa, mengurus izin tinggal, dan mengurus berbagai dokumen pendaftaran sangat mungkin untuk membuatmu kebingungan. Tidak heran banyak yang menyerahkan pendaftaran pendidikan mereka ke luar negeri pada agen pendidikan. 

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan kuliah di luar negeri di atas, semoga kamu bisa lebih mempertimbangkannya, ya. Selain itu, pastikan juga kamu memilih negara, universitas, dan jurusan yang benar-benar sesuai dengan motivasi dan cita-citamu. Sekarang kamu juga bisa mengkonsultasikan rencana pendidikanmu di luar negeri bersama Cakap Study Abroad, lho. Bagi kamu yang sudah punya rencananya, konsultasi sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.