Study Abroad: Pengertian, Cara, dan Bedanya dengan Study Exchange

study abroad
Image by Freepik

Siapa di sini yang ingin kuliah ke luar negeri? Saat mencari tahu informasi terkait studi ke luar negeri, Sobat Cakap mungkin akan menemui istilah-istilah yang mirip dan terkadang membuat bingung. Istilah “study abroad” adalah salah satu di antaranya. Nah, kali ini kita akan mencari tahu tentang study abroad, perbedaannya dengan student exchange, keuntungan study abroad, serta cara study abroad. Jangan lewatkan penjelasannya, ya! 

Table of Contents

Apa Itu Study Abroad?

“Study abroad” adalah istilah umum untuk merujuk kuliah di luar negeri, baik sementara maupun perkuliahan penuh untuk mendapatkan gelar pendidikan tertentu. Padanan bahasa Indonesia untuk study abroad adalah “kuliah di luar negeri”. 

Melanjutkan kuliah ke luar negeri tentunya menawarkan pengalaman hidup dan pendidikan yang berbeda dengan melanjutkan studi di dalam negeri. Selain akses terhadap pendidikan dengan standar dan mutu lebih baik, lulusan luar negeri pun biasanya lebih dilirik saat penerimaan kerja nantinya. 

Saat kamu mencari tahu tentang studi ke luar negeri kamu mungkin menemukan istilah seperti study abroad dan student exchange. Keduanya sama-sama berkaitan dengan studi ke luar negeri. Lalu apa sih perbedaan study abroad dengan student exchange?

Sederhananya, student exchange adalah program singkat yang memungkinkan pelajar di suatu universitas untuk belajar di universitas lain, termasuk di luar negeri. Sementara study abroad adalah “belajar ke luar negeri” itu sendiri. 

Student exchange adalah salah satu program yang memungkinkan untuk belajar di luar negeri (study abroad). Jika student exchange yang dilakukan di luar negeri, maka hal tersebut juga dapat dikatakan sebagai study abroad

Kenapa Harus Study Abroad?

Kuliah ke luar negeri atau memiliki banyak manfaat dan keuntungan yang tentunya berguna untuk kehidupanmu ke depannya. Berikut adalah beberapa alasan kenapa harus study abroad, terutama bagi kamu yang masih ragu. 

1. Memperluas wawasan budaya dan dunia

Saat kuliah di luar negeri, kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut memberikan kesempatan untuk mengenal budaya dan nilai-nilai yang berbeda, memperluas wawasan tentang dunia, serta mengasah rasa toleransi. 

2. Meningkatkan keterampilan bahasa asing

Study abroad dapat membantu meningkatkan keterampilan bahasa yang diperlukan untuk berkomunikasi secara efektif dalam konteks internasional. Kamu akan lebih terampil dalam menggunakan bahasa asing, baik bahasa Inggris maupun bahasa negara tempat studi. 

3. Meningkatkan keterampilan akademik

Selanjutnya, manfaat study abroad adalah akses ke program akademik dan pelatihan yang berbeda, memberikan perspektif baru dan pengalaman belajar yang berbeda. Hal ini akan membantumu meningkatkan prestasi akademik dan mendapat pengetahuan terkini. 

4. Peluang koneksi dan karier

Pengalaman kuliah di luar negeri dapat membuka peluang untuk bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara dan mengembangkan hubungan baru. Hal tersebut tentunya juga memberikan koneksi dan peluang karier global di masa depan. 

5. Menambah pengalaman dan meningkatkan kepercayaan diri

Menempuh pendidikan di luar negeri dapat  membantu siswa untuk menjadi lebih mandiri, memperluas pandangan hidup, dan meningkatkan kemampuan adaptasi dan fleksibilitas. Hal-hal tersebut tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri, terutama setelah kembali ke Indonesia. 

Bagaimana Cara Study Abroad?

Bagi Sobat Cakap yang tertarik untuk melakukan kuliah ke luar negeri, berikut adalah cara study abroad yang bisa diikuti. 

1. Pilih program yang sesuai dengan minat dan kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk study abroad adalah memilih program akademik yang sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan negara tujuan, termasuk budaya dan masalah, serta iklim dan lingkungannya. 

2. Periksa persyaratan

Selanjutnya, cari tahulah mengenai persyaratan kuliah ke luar negeri seperti seperti persyaratan akademik, persyaratan bahasa, dan persyaratan keuangan. Pastikan kamu bisa memenuhi semua persyaratan tersebut dan mempersiapkannya. 

Lihat panduan : Syarat Kuliah di Luar Negeri Terbaru yang Harus Dipenuhi

3. Cari informasi tentang beasiswa

Kamu juga bisa mencari tahu tentang beasiswa dan sumber pendanaan lainnya untuk membantu membiayai studi di luar negeri. Tidak hanya beasiswa program pemerintah atau kerjasama, beberapa kampus luar negeri juga ada yang memberikan keringanan biaya dengan syarat tertentu, lho. 

4. Urus dokumen dan visa

Cara kuliah ke luar negeri selanjutnya adalah dengan mengurus dokumen dan juga visa yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan di negara tujuan. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang valid, baik dari bagian imigrasi dan juga universitas yang dituju. 

5. Persiapkan keuangan

Persiapkan keuangan dengan cara membuka rekening bank, mengatur transfer uang, dan mempertimbangkan biaya hidup selama studi di luar negeri. Beberapa negara juga memiliki persyaratan keuangan tertentu yang akan diminta ketika mengurus visa. 

6. Persiapkan kesehatan dan keamanan 

Beberapa negara mengharuskan pendatang untuk telah melakukan vaksinasi tertentu serta mendaftar asuransi kesehatan sebelum keberangkatan. Ada pula negara yang mengharuskan kamu untuk telah memiliki tempat tinggal yang pasti sebelum berangkat. 

7. Siapkan kebutuhan studi dan tinggal

Persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk studi di luar negeri, seperti laptop, kamera, dan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Hal ini akan memudahkanmu untuk segera menggunakannya ketika sampai di negara tujuan. 

8. Ikuti orientasi dan persiapan dari universitas

Persiapan selanjutnya untuk study abroad adalah mengikuti kegiatan orientasi yang disediakan oleh universitas atau program studi yang dituju. Kamu bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk membantu persiapan serta membangun koneksi dan pertemanan. 

Study abroad adalah program yang memiliki banyak manfaat, baik secara akademik, maupun dari secara pengalaman hidup dan peluang karier. Demikianlah pembahasan mengenai study abroad atau kuliah di luar negeri yang perlu kamu ketahui dalam rangka mempersiapkan studimu. Selain mencari tahu secara pribadi, kamu bisa menggunakan layanan konsultasi Cakap Study Abroad, lho. Hubungi sekarang untuk rencanakan studimu di luar negeri! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • bestcolleges.com
  • goabroad.com
  • study.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.