10 Negara Terbaik yang Bagus untuk Kuliah di Luar Negeri

negara yang bagus untuk kuliah
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Menempuh pendidikan kuliah di luar negeri sudah pasti menjadi impian dan keinginan banyak sekali pelajar di Indonesia. Hal tersebut karena banyak negara di luar sana yang menawarkan pendidikan dengan kualitas lebih baik serta program yang lebih beragam. Kira-kira apa saja ya negara yang bagus untuk kuliah di luar negeri? Yuk, simak penjelasannya!

Table of Contents

Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara destinasi studi terbaik di dunia, dengan banyaknya universitas terbaik yang ada di sana. Negara ini memiliki beragam program studi yang tersedia, mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, hingga seni dan humaniora. 

Selain itu, Amerika Serikat juga memiliki fasilitas dan teknologi terbaru yang dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar dan mengembangkan kemampuan mereka. Meskipun merupakan negara yang bagus untuk kuliah, biaya studi untuk kuliah di Amerika terbilang mahal. 

Inggris

Inggris merupakan negara lain yang dapat menjadi destinasi studi terbaik. Negara ini memiliki beberapa universitas terbaik di dunia yang telah berdiri selama ratusan tahun dan menjadi incaran banyak pelajar dunia.  

Selain itu, Inggris juga memiliki budaya yang kaya dan beragam, serta fasilitas yang memadai untuk membantu mahasiswa dalam proses belajar. Sama halnya dengan Amerika, biaya kuliah di Inggris juga terbilang mahal, namun sebanding dengan pendidikan yang didapat. 

Kanada

Biaya kuliah di Kanada lebih terjangkau dibandingkan dengan Amerika Serikat, serta kualitas pendidikannya pun termasuk yang terbaik di dunia. Selain itu, Kanada juga memiliki lingkungan belajar yang nyaman dan aman, serta budaya yang ramah. 

Studi di Kanada juga bisa memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan pengalaman bekerja di Kanada setelah lulus, lho. Kamu dapat bekerja dengan Post-Graduation Work Permit hingga 3 tahun lamanya untuk membangun karier di sana. Menarik, kan?

Lihat panduan : Kuliah di Kanada – Syarat, Cara, Biaya Kuliah, dan Beasiswa

Australia

Australia merupakan negara maju dan negara berbahasa Inggris dengan pendidikan berkualitas yang terbilang dekat dengan Indonesia. Selain itu, Australia juga memiliki keindahan alam yang luar biasa, serta budaya yang terbuka sehingga termasuk negara yang bagus untuk kuliah. 

Ada banyak universitas di Australia yang menawarkan berbagai pilihan program studi untuk pelajar internasional. Selain itu, menemukan pelajar Indonesia di negeri kanguru ini juga terbilang mudah, sehingga mungkin kamu menemukan teman dan keluarga baru di sana. 

Jerman

Tahukah Sobat Cakap bahwa Jerman menawarkan beberapa program studi gratis bagi mahasiswa asing, sehingga mahasiswa tidak perlu membayar biaya kuliah? Selain itu, Jerman juga memiliki fasilitas dan teknologi terbaru yang tentunya akan sangat berguna. 

Sayangnya, banyak program studi tidak berbayar tersebut hanya tersedia dalam bahasa Jerman, sehingga fasih bahasa Jerman adalah keharusan. Beberapa universitas swasta ada yang menyediakan program studi dalam bahasa Inggris, tetapi tentunya tidak gratis. 

negara yang bagus untuk kuliah
Photo by RODNAE Productions

Jepang

Jepang merupakan negara yang dikenal dengan teknologi dan inovasi, serta kualitas pendidikan yang tinggi. Negara ini adalah perpaduan yang unik antara modernitas, budaya dan tradisi, serta keindahan alam yang luar biasa. 

Hal tersebut tentunya menjadikan Jepang sebagai salah satu negara yang bagus untuk kuliah di luar negeri. Meski demikian, program studi kuliah di Jepang rata-rata diajarkan dalam bahasa Jepang sehingga kamu harus menguasai bahasanya terlebih dahulu. 

Baca juga : Ingin Kuliah Sambil Kerja di Jepang? Intip Syarat-Syaratnya, yuk!

Selandia Baru

Selandia Baru adalah negara yang memiliki keindahan dan keasrian alam sehingga lebih dikenal sebagai destinasi wisata. Meski demikian, Selandia Baru termasuk negara maju dan salah satu negara yang teraman untuk ditinggali. 

Selain itu, pendidikan di negara ini termasuk yang terbaik di dunia, lho. Bagi kamu yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas internasional, Selandia Baru termasuk negara yang bagus untuk kuliah di luar negeri. 

Singapura

Negara tetangga yang sangat dekat dengan Indonesia ini merupakan salah satu negara yang bagus untuk kuliah di luar negeri. Sobat Cakap yang ingin kuliah di luar negeri tapi ingin sering-sering pulang, Singapura mungkin jadi pilihan terbaik buatmu!

Singapura memiliki banyak universitas yang tidak hanya terbaik di Asia namun juga bersaing dengan universitas terbaik di dunia. Sebagai negara maju, Singapura termasuk negara yang aman dan nyaman untuk melanjutkan studi dengan biaya yang relatif terjangkau. 

Tiongkok

Berdasarkan QS Asia University Rankings 2023, universitas terbaik di Asia tahun ini dipegang oleh Peking University yang berlokasi di Tiongkok. Selain itu, empat universitas lainnya juga termasuk 10 besar universitas terbaik di Asia. Luar biasa!

Tiongkok termasuk sebagai salah satu destinasi studi favorit banyak orang Indonesia karena kualitas pendidikan dan lokasi yang tidak begitu jauh. Meski demikian, kebanyakan program yang ditawarkan di Tiongkok adalah berbahasa Mandarin. 

Baca juga : 10 Rekomendasi Universitas Terbaik di China untuk Kuliah

Prancis

Prancis dikenal karena sejarah, budaya, dan seni, tapi tahukah kamu bahwa banyak pemikir dan penemu yang berasal dari negara ini? Dengan kualitas pendidikannya, Prancis termasuk negara yang bagus untuk kuliah di luar negeri terutama dalam bidang seni dan humaniora. 

Kebanyakan universitas di Prancis menawarkan program studi dalam bahasa Prancis sehingga kamu harus sudah mahir. Meski demikian, banyak juga universitas yang menawarkan program dalam bahasa Inggris untuk pelajar internasional. 

Pada dasarnya, negara yang bagus untuk kuliah di luar negeri tergantung dengan program apa yang ingin kamu ambil. Selain itu, beberapa orang mungkin memiliki preferensi tersendiri karena studi di luar negeri juga berarti tinggal dan bersosialisasi di sana. 

Dalam menentukan destinasi studi serta pilihan jurusan, selain bakat dan minat pribadi, kamu bisa berkonsultasi pada ahlinya, lho. Misalnya dengan mengambil program Cakap Study Abroad untuk membantu rencana studimu ke luar negeri. Yuk, konsultasi sekarang!

Referensi: 

  • topuniversities.com

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.