7 Persiapan Kuliah Pertama yang Wajib Calon Mahasiswa Baru Tahu

persiapan kuliah untuk maba

Hai, calon mahasiswa baru! Tak terasa tahun ajaran baru sebentar lagi akan tiba. Bagi kamu yang baru lulus SMA, merasakan suasana dunia perkuliahan tentunya menjadi momen paling ditunggu-tunggu. Selain mempersiapkan diri dengan mengenal macam-macam jurusan kuliah yang akan kamu ambil, ternyata ada beberapa persiapan kuliah lain yang perlu kamu perhatikan. Soalnya, pindah dari kehidupan siswa SMA menjadi mahasiswa merupakan fase baru yang sangat berbeda dari lingkungan sekolah kamu sebelumnya.

Tips Persiapan Kuliah Pertama Bagi Mahasiswa Baru

Selain memilih universitas terbaik di Indonesia, mahasiswa baru juga perlu mempersiapkan banyak hal penting lain agar menunjang kehidupan kamu untuk menyambut masa-masa kuliah. 

Apa saja persiapan kuliah yang penting untuk para calon mahasiswa baru sebelum memulai perkuliahan? Simak berbagai tips berikut ini.

1. Beli perlengkapan penunjang kuliah sesuai kebutuhan

Biasanya, keperluan menjalani perkuliahan tidak akan sebanyak saat ketika kamu masih menjadi siswa SMA. Tapi, ada beberapa jurusan yang memiliki kewajiban untuk menyediakan barang-barang sebelum masuk kuliah. Coba, cek lagi informasi di jurusan kamu.

Belum tahu perlengkapan khusus yang harus disiapkan? Supaya kamu tidak ketinggalan informasi, mahasiswa baru dapat menghubungi senior, teman seangkatan, pihak fakultas, maupun pihak program studi.

Jika tidak ada peralatan khusus, kamu bisa menyiapkan peralatan penunjang kuliah, seperti alat tulis, buku catatan, hingga laptop atau tablet. Pastikan gadget tersebut masuk dalam daftar peralatan yang wajib kamu miliki!

2. Cari informasi lengkap seputar kampus

Masuk ke lingkungan yang berbeda banget, membuat kamu harus bisa beradaptasi. Sebelum memulai kuliah pertama, wajib banget cari tahu hal-hal seputar kampusmu. Informasi yang didapat bisa membuat kamu lebih mudah untuk beradaptasi di lingkungan baru.

Untuk sumber informasi kampus, bisa kamu cari tahu melalui media sosial, bertanya kepada teman seangkatan, ataupun sumber internet lain. Tapi, ketika kamu sudah memulai kuliah pertama, jangan malu bertanya kepada dosen, staf kampus, serta senior. Malu bertanya sesat di jalan, lho!

Jangan terlewat pelajari sistem administrasi kampus, misalnya saja informasi yang berhubungan dengan sistem nilai akademik, seperti cara mengurus Kartu Rencana Studi (KRS) dan Satuan Kredit Semester (SKS). Tidak hanya itu, kamu juga mencari informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah terbaru di kampus.

3. Cari tahu transportasi nyaman

Kamu tidak punya kendaraan pribadi? Saatnya mencari tahu rute transportasi di sekitar kampus. Cari tahu rute terdekat dan cobalah rute tersebut supaya bisa memperkirakan waktu keberangkatanmu dari tempat tinggal.

Fasilitas transportasi umum biasanya ada bus, kereta, maupun ojek online yang bisa kamu gunakan. Pilih yang cepat dan nyaman untukmu.

Sementara bagi mahasiswa baru yang membawa kendaraan pribadi selama kuliah, jangan lupa cari tahu area parkir kampus dan apakah areanya memungkinkan untuk parkir kendaraan pribadimu.

4. Temukan tempat kuliner dengan harga miring

Selain transportasi, persoalan makan tentu perlu kamu siapkan. Ada kalanya uang bulanan dari orang tua habis di tengah bulan karena prioritas keperluan kuliahmu, seperti beli buku, kegiatan kampus, ataupun fotokopi makalah. Salah satu momen suka duka kuliah di rantau dan jauh dari orang tua, nih.

Kalau begini, biasanya kamu akan menahan lapar atau pilihan terakhir meminjam uang teman. Jadi, tips selanjutnya adalah mencari tempat kuliner, seperti warung makan atau rumah makan dengan harga miring, alias murah di sekitar kampus atau tempat kost. Kamu pun bisa makan enak dengan harga murah sekaligus bisa menghemat uang bulanan!

5. Bergabung dalam komunitas positif

Manfaatkan waktu kuliah kamu dengan mengembangkan bakat dan minat. Bergabung dengan komunitas positif wajib kamu coba. Mulai dari organisasi kampus, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), maupun komunitas hobi, seperti teater, tari, fotografi, dan masih banyak pilihan lain. 

Tidak hanya mengembangkan hobi, tapi kamu juga bisa menemukan teman-teman yang seru dan asyik. Kamu nggak merasa kesepian menjalani kehidupan perkuliahan. 

6. Pilih kost eksklusif dekat kampus

kamar kos eksklusif
Rukita Sakura Depok

Memilih kost eksklusif dekat kampus termasuk tips persiapan kuliah yang paling penting. Lancarnya masa-masa perkuliahanmu juga ditentukan dari tempat tinggal yang nyaman. 

Banyak faktor yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih kost, mulai dari lokasi, fasilitas, hingga harga sewa. Lokasi kost yang strategis dekat berbagai tempat, bukan hanya dekat kampus, tentu akan mempermudah kamu dalam menghemat uang transportasi.

Selain dekat kampus, carilah kost eksklusif yang mudah dijangkau oleh transportasi umum. Pastikan kamu mengurus hal satu ini sebelum memulai kuliah pertama.

7. Siapkan mental menjadi mahasiswa

Terakhir, persiapkan mental kamu menjadi mahasiswa. Maksudnya, kamu harus bisa membedakan mental saat masih menjadi siswa SMA dan ketika ‘naik tingkat’ menjalani perkuliahan sebagai mahasiswa. 

Kalau dulu di sekolah guru sering memberikan informasi, lain halnya ketika kuliah. Kini, kamu harus aktif mencari semua informasi yang ada di kampus sendiri, mulai dari jadwal kuliah hingga kehadiran dosen. Kamu harus menjadi mandiri, ya! 

Nah, di atas tadi adalah beberapa hal yang bisa kamu persiapkan sebelum memulai kuliah pertama. Memang berbagai persiapan kuliah nggak mudah, tapi kamu bisa mulai cari tahu hal-hal di atas, maka akan membantumu supaya dapat beradaptasi dengan lebih mudah di dunia perkuliahan nanti. Hal terpenting, tetap berusaha maksimal untuk diterima di perguruan tinggi impianmu!

Bagi kamu yang ingin mencari kost strategis dekat kampus, kamu bisa mengunjungi sosial media dan website Rukita untuk berbagai info terkini seputar kost coliving serta promo menarik lainnya. Jangan lupa juga unduh aplikasi Rukita via Google Play Store atau App Store sekarang!

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.