Student Exchange (Pertukaran Pelajar), Ini Syarat & Keuntungannya!

student-exchange-pertukaran-pelajar
Image by jcomp on Freepik

Saat ini kesempatan untuk belajar ke luar negeri, khususnya ke negara-negara yang lebih maju terbuka lebar bagi para pelajar di Indonesia. Student exchange atau pertukaran pelajar adalah salah satu cara yang dapat kamu tempuh selain dengan kuliah ke luar negeri secara penuh. Bagi Sobat Cakap yang tertarik untuk melakukan student exchange, baca artikel berikut sampai habis, ya!

Table of Contents

Apa itu Student Exchange?

Student exchange adalah sebuah program yang memberikan kesempatan bagi pelajar atau mahasiswa untuk belajar di universitas lain, termasuk di luar negeri. Program ini umumnya hanya berlangsung dalam jangka waktu yang relatif singkat umumnya sekitar 1 hingga 2 semester. Namun ada juga program student exchange dengan waktu yang lebih singkat.

Mungkin Sobat Cakap bertanya-tanya, untuk ikut pertukaran pelajar minimal semester berapa? Jawabannya adalah tergantung pada penyelenggara program. Ada penyelenggara yang mensyaratkan minimal semester 3 perkuliahan dan ada juga yang mensyaratkan minimal di semester 4 perkuliahan. 

Program ini umumnya diselenggarakan oleh lembaga tertentu baik yang dimiliki oleh pemerintah maupun swasta yang berfokus pada pendidikan. Adapun beberapa contoh penyelenggara program student exchange adalah sebagai berikut:

  • AFS Bina Antar Budaya
  • Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
  • AIESEC Student Exchange
  • Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP)
  • The Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS Programme)
  • Encompass Trust
  • International Student Festival in Trondheim (ISFIT) 
  • Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP)

Baca juga : 10 Negara Terbaik yang Bagus untuk Kuliah di Luar Negeri

Perbedaan Student Exchange dan Study Abroad

Meskipun sama-sama berkaitan dengan menempuh studi di luar negeri, student exchange dan study abroad sangatlah berbeda. Student exchange adalah “pertukaran pelajar” sementara study abroad adalah “kuliah ke luar negeri”. 

Mengikuti student exchange artinya kamu berkesempatan untuk belajar di universitas lain untuk sementara waktu, termasuk universitas di luar negeri. Program ini berlangsung sekitar 1 sampai 2 semester, hasilnya nanti dapat dimasukkan kedalam SKS perkuliahan di universitas asal. 

Sedangkan study abroad artinya kamu menempuh pendidikan di luar negeri dari awal hingga selesai dan memperoleh gelar tertentu. Waktu yang dihabiskan pun relatif lebih lama tergantung tingkat pendidikan yang sedang kamu tempuh. 

Jika kamu melakukan student exchange, kamu akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa kamu pernah mengikuti pertukaran pelajar. Sementara jika menyelesaikan study abroad kamu akan mendapatkan ijazah dan gelar sarjana internasional. 

Syarat Mengikuti Student Exchange

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti program student exchange adalah berbeda-beda tergantung penyelenggara programnya. Namun demikian beberapa hal berikut wajib kamu penuhi jika ingin mengikuti program student exchange.

1. Prestasi Akademik dan Non Akademik

Apakah pertukaran pelajar harus pintar? Jawabannya adalah iya dan tidak. Untuk pelajar yang pintar kamu dapat mengikuti program student exchange lewat jalur prestasi akademik. Sedangkan bagi kamu yang kemampuan akademiknya kurang bagus bisa mengikuti program ini lewat jalur prestasi non-akademik seperti bidang kesenian dan olahraga.

2. Kemampuan Berbahasa Asing

Khusus program student exchange ke luar negeri, kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris menjadi syarat mutlak yang harus kamu miliki. Bahkan ada program student exchange ke negara tertentu yang juga mensyaratkan kemampuan bahasa negara tujuan sebagai persyaratannya.

3. Kemampuan Finansial yang Memadai

Ada program student exchange yang gratis bahkan sampai diberikan uang saku selama mengikuti kegiatan. Namun ada juga program yang hanya menggratiskan sebagian atau justru berbayar. Maka dari itu jika kamu ingin mengikuti program student exchange, terutama ke luar negeri, finansial termasuk adalah yang perlu kamu persiapkan.  

4. Kemampuan Beradaptasi dengan Budaya Setempat

Kamu harus mampu untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan norma dan kebiasaan yang berlaku di negara tujuan. Jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak sopan menurut kebudayaan setempat. Oleh karena itu, kamu wajib mempelajari sedikit tentang budaya negara tujuan sebelum berangkat agar mudah untuk beradaptasi. 

5. Kesehatan

Kesehatan yang baik memungkinkan kamu untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dengan maksimal. Biasanya, kamu akan diminta untuk menyediakan surat keterangan sehat sebagai salah satu syarat mendaftar. Kamu juga perlu menyiapkan diri terutama jika negara tujuan memiliki iklim yang 180 derajat berbeda dengan Indonesia. 

pertukaran pelajar luar negeri
Image by drobotdean on Freepik

Dampak Pertukaran Pelajar

Pertukaran pelajar atau student exchange adalah kegiatan yang memiliki dampak positif bagi pengembangan diri pesertanya. Kegiatan ini memiliki berbagai keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membangun Relasi Antar Negara

Kamu akan bertemu dan berhubungan dengan banyak pelajar dari negara yang berbeda. Membangun hubungan yang baik dengan mereka tentunya akan memiliki banyak manfaat di masa depan. Kamu mungkin saja dapat bekerja sama dalam hal pekerjaan, berbagi informasi atau sekedar teman untuk dikunjungi jika jalan-jalan ke luar negeri.

2. Memudahkan untuk Mencari Kerja

Ada banyak perusahaan yang memberikan nilai plus jika kamu memiliki pengalaman di luar negeri, baik itu pengalaman kerja, pendidikan maupun sekedar proyek. Sehingga dengan mengikuti student exchange, lamaran pekerjaan yang kamu kirimkan berkemungkinan lebih besar untuk dilirik oleh HRD perusahaan. 

3. Menambah Wawasan Tentang Negara Tujuan

Bertemu dengan pelajar dari berbagai negara tentunya akan membuka wawasanmu tentang banyak hal. Kamu juga akan semakin mengenal negara yang kamu kunjungi serta masyarakat, dan budayanya. Kamu akan beradaptasi dengan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah kamu pikirkan atau hal-hal yang sangat berbeda dengan di Indonesia. 

4. Melatih Bahasa Asing

Penggunaan bahasa Inggris atau bahasa asing langsung di negaranya tentu akan membuat kemampuan bahasamu meningkat. Tidak hanya bahasa Inggris, kamu juga mungkin mempelajari dan menggunakan bahasa asing lainnya tergantung negara yang dikunjungi. Cara ini tentu bisa diawali dengan belajar bahasa asing menggunakann kursus agar ketika belajar di sana bisa lebih fasih. Setelah balik kamu akan merasakan kemampuanmu meningkat!

5. Mendapatkan Banyak Pengalaman Berharga

Dengan mengikuti program student exchange kamu pastinya akan mengikuti banyak sekali kegiatan yang seru dan bermanfaat. Pengalaman ini tentunya amat berharga dan akan jadi kenang-kenangan yang indah di masa depan. Kamu juga bisa berbangga karena tidak semua orang memiliki pengalaman student exchange ke luar negeri!

Wah, ternyata student exchange adalah program yang banyak manfaat, ya! Bagi kamu yang ingin mengikuti program student exchange, kamu harus jeli dalam melihat peluang dan kesempatan yang ada. Langsung aja kepoin lembaga penyelenggaranya, ya! Sementara kalau kamu ingin kuliah ke luar negeri, kamu bisa merencanakannya dengan Cakap Study Abroad, lho. Konsultasi sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi:

  • hotcourses.co.id
  • brainacademy.id

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.