7 Motivasi Kuliah untuk Mahasiswa agar Semangat & Sukses!

motivasi-kuliah

Gelar akademik bisa dikatakan sebagai salah satu motivasi kuliah terbesar bagi kebanyakan calon mahasiswa. Namun faktanya, gelar yang tertulis di belakang nama lengkapmu itu bukan satu-satunya motivasi kuliah yang bisa menjadi pertimbanganmu agar tetap semangat menempuh pendidikan. Ada banyak jawaban motivasi kuliah lainnya yang bisa kamu bisikkan pada dirimu untuk tetap semangat kuliah sampai selesai.

Bagi kamu para calon mahasiswa yang masih ragu-ragu untuk melanjutkan studi atau kamu yang sedang berada di fase “males kuliah”, yuk coba temukan motivasi kuliahmu kembali lewat artikel ini!

Table of Contents

Apa Itu Motivasi Kuliah?

Motivasi kuliah adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk tetap semangat berkuliah karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya.

Motivasi kuliah menjadi salah satu kunci bagi banyak orang untuk tetap konsisten dan semangat dalam menyelesaikan program studinya. Calon mahasiswa yang memiliki motivasi kuliah bisa dikatakan sebagai orang yang beruntung, mereka berpegang pada prinsip. Sehingga, jika mereka mengalami keraguan atau kendala di masa studinya, mereka akan kembali berkiblat pada apa yang menjadi motivasi kuliah mereka.

7 Contoh Motivasi Kuliah untuk Para Mahasiswa

Motivasi kuliah sebenarnya adalah hal yang sangat subjektif, setiap orang memiliki motivasinya masing-masing. Akan tetapi jika harus ditarik benang merahnya, maka berikut ini ada beberapa contoh jawaban motivasi kuliah yang mungkin bisa relate dengan kebanyak orang. Let’s check this out!

(1) Menambah Ilmu dan Wawasan

Kalau ditanya apa motivasi kamu kuliah? Jawaban pertama yang mungkin terlintas adalah menambah ilmu dan wawasan. Ini adalah subjek terpenting yang memang seharusnya menjadi prioritas dan tujuan utama bagi para calon mahasiswa.

Belajar di perguruan tinggi bisa mengantarmu menuju gerbang ilmu pengetahuan yang sangat luas sekaligus dalam. Di sana kamu bisa belajar banyak materi kuliah, baik yang sesuai dengan jalur studimu atau bahkan di luar itu.  

(2) Membuat Orangtua Bangga

Poin motivasi kuliah yang kedua juga nggak kalah penting nih Sobat Cakap. Siapa sih yang nggak pengen bikin orangtua bangga, kita semua pasti berusaha untuk bisa membuat kedua orang tua bahagia dengan keberhasilan anak-anaknya. 

Jika kamu ragu atau sedang malas kuliah, coba deh ingat mereka, pandangi fotonya! Bayangkan betapa bahagianya kedua orang tuamu jika mendengar kabar anaknya diterima di perguruan tinggi favorit dengan jurusan yang diinginkannya.

(3) Beradaptasi dan Berkenalan dengan Orang Baru

Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk beradaptasi dan berkenalan dengan banyak orang di lingkungan baru. Namun, dengan berkuliah, kamu mendapatkan kesempatan itu! Soft skill yang satu ini bisa kamu praktekkan di dunia perkuliahan. Di sana kamu bisa mendapatkan teman-teman baru dari berbagai kalangan. Kamu juga bisa belajar banyak budaya lain dari mereka. 

(4) Mencari Pengalaman dan Memperluas Jaringan Profesional

Contoh motivasi kuliah selanjutnya adalah mencari pengalaman dan memperluas jaringan. Dunia kampus adalah dunia yang dipenuhi oleh berbagai macam organisasi dan ekstrakurikuler. Kamu bisa mencari pengalaman sebanyak-banyaknya lewat organisasi yang bisa kamu ikuti. Mulai dari organisasi di ruang lingkup jurusan, fakultas, maupun universitas, semuanya ada! 

Semakin banyak kamu mengikuti organisasi dan ekstrakurikuler yang ada di kampus, semakin banyak pula koneksi atau jaringan pertemanan yang bisa kamu dapatkan. Kelak, jika kamu sudah lulus kuliah, mungkin kamu bisa bekerja sama atau membangun bisnis bersama teman-temanmu itu!

(5) Mendapatkan Gelar Sarjana yang Kamu Inginkan

Tak bisa dipungkiri, gelar akademik atau sarjana menjadi salah satu motivasi kuliah atau goals para mahasiswa selama mengampu pendidikan bertahun-tahun. Untuk mendapatkanya, kamu harus konsisten dengan studimu, menyelesaikan jumlah SKS yang ditentukan, hingga menamatkan skripsi yang menjadi tugas akhirmu.

Pada akhirnya, pikirkanlah bahwa jika kamu berkuliah dan bisa lulus dengan baik, kamu bisa mendapatkan gelar sarjana yang kamu inginkan di belakang namamu.

(6) Mewujudkan Cita-Cita Menjadi Kenyataan

Banyak orang mengubur cita-cita masa kecil mereka karena realitas hidup, tapi jangan bilang kamu nggak punya cita-cita! Karena setiap orang pasti memiliki cita-cita, misalnya seperti kamu yang mungkin dulu bercita-cita menjadi dokter, guru, astronot, arsitek, dan lain sebagainya. 

Bangku kuliah adalah tempat paling tepat untuk mendekatkan cita-cita menjadi kenyataan. Jika kamu ingin menjadi arsitek, cobalah belajar lebih giat dan terus berusaha untuk bisa diterima di jurusan Arsitektur.

(7) Membangun Jalur Karier yang Cemerlang

Yang terakhir tapi nggak kalah penting adalah membangung jalur karier yang cemerlang. Motivasi kuliah yang satu ini sangat bermanfaat untuk bekal di masa depan. Dengan melanjutkan studi di perguruan tinggi, kamu bisa memiliki peluang kerja yang lebih baik dan mendapatkan pekerjaan yang layak. Terlebih dewasa ini banyak sekali lowongan pekerjaan yang syarat minimal kandidatnya harus lulus S1.

Kata-Kata Bijak untuk Motivasi Kuliah

Kalau motivasi berupa poin-poin di atas masih kurang mempuk semangatmu melanjutkan studi di perguruan tinggi, coba deh yuk baca kata-kata motivasi dan kata bijak Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia agar semangat kuliah berikut ini!

(1) “Success is no accident. It is hard work, perseverance, learning, studying, sacrifice and most of all, love of what you are doing or learning to do.”― Pelé, Brazillian pro footballer
(Sukses bukanlah kebetulan. Itu adalah kerja keras, ketekunan, belajar, belajar, berkorban dan yang terpenting, cinta akan apa yang kamu lakukan atau pelajari.)

(2) Today’s studying plants the seeds for tomorrow’s exam success.
(Pembelajaran hari ini menanam benih untuk kesuksesan ujian besok.)

(3) Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar, keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha. –B.J Habibie

(4) Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apa pun. –Ki Hajar Dewantara

(5) Buku-buku berisi tulisan dari pengarang-pengarang lama itu kini menjadi kawanku. Dia akn membersamaiku dan membantuku untuk menyelesaikan pendidikan ini dengan lebih mudah.

(6) Untuk bisa mengenakan toga di depan orang-orang tersayang, harus ada perjuangan dan kerja keras yang harus dibayar.

(7) Jangan pernah berhenti meskipun sangat lelah, kamu bisa tetap berjalan kecil-kecil sambil menunggu semangatmu terkumpul kembali.

(8) Sebagaimanapun kerasnya kota ini menempa kerasnya hidup dalam hal pendidikan, tak mengapa aku akan menyelesaikannya sampai memakai baju wisuda.

So, itu dia beberapa contoh motivasi kuliah dan kata-kata motivasi kuliah singkat untuk kamu para calon mahasiswa! Semoga kata-kata dan motivasi kuliah di atas bisa membuatmu makin semangat buat kuliah dan menyelesaikan pendidikan sampai gelar sarjana, ya!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.