Kuliah Jurusan Pariwisata: Syarat Masuk, Universitas, Prospek Kerja

Apa itu Jurusan Pariwisata_

Apabila kamu masih bingung menentukan jurusan kuliah, sesekali, cobalah untuk melirik jurusan pariwisata. Katanya sih, jurusan pariwisata adalah program studi yang cocok kalau kamu ingin bekerja sambil liburan dan jalan-jalan. Menarik banget ya, kedengarannya?

Namun pastinya, agar tidak salah langkah, kamu juga tetap perlu memperhatikan prospek kerja jurusan pariwisata. Hal ini penting agar nantinya, kamu tidak merasa salah mengambil jurusan.

Jadi kalau kamu penasaran bagaimana syarat masuk jurusan pariwisata atau bertanya-tanya apakah jurusan pariwisata harus bisa bahasa Inggris, yuk simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Table of Contents

Apa itu Jurusan Pariwisata?

Sesuai namanya, jurusan pariwisata adalah sebuah jurusan yang mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan dunia pariwisata. Diharapkan, mahasiswa lulusan jurusan pariwisata mampu memberikan pelayanan pariwisata secara profesional.

Nah biasanya, jurusan pariwisata tergabung dalam Fakultas Ilmu Budaya di beberapa kampus. Sementara itu, gelar jurusan pariwisata adalah A.Md., Par untuk lulusan D3, S.Par untuk lulusan S1, S.Tr. Par untuk lulusan D4, dan M.M. Par. untuk lulusan S2.

Sedangkan untuk biaya kuliah jurusan pariwisata sebenarnya tidak bisa disamaratakan, mengingat setiap kampus memiliki kebijakan masing-masing. Namun umumnya, biaya kuliah jurusan pariwisata di kampus negeri akan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Mata Kuliah Jurusan Pariwisata

Secara garis besar, mata kuliah jurusan pariwisata akan sangat berkaitan dengan kepariwisataan, mulai dari manajemen tur dan travel, perhotelan, hingga manajemen destinasi wisata.

Nah agar kamu lebih paham, berikut beberapa mata kuliah jurusan pariwisata yang akan dipelajari selama di bangku perkuliahan nantinya.

1. Ekonomi Pariwisata

Dalam mata kuliah ekonomi pariwisata ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis seberapa besar pengaruh pariwisata suatu objek wisata, baik secara makro ataupun mikro.

2. Statistik Pariwisata

Selanjutnya, kamu juga akan mempelajari bagaimana penerapan ilmu statistik dalam dunia pariwisata. Di sini, kamu akan memahami cara mencari tahu demografi wisatawan melalui perhitungan jumlah kunjungan wisatawan ke sebuah destinasi.

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, kamu diharapkan mengerti bagaimana cara membuat sebuah kebijakan pada suatu objek wisata.

3. Ekowisata

Di mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar memahami bagaimana caranya mengembangkan pariwisata dengan tetap memperhatikan aspek konservasi alam, aspek pendidikan, dan juga aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi.

4. Bahasa Asing

Nah di samping mempelajari tentang kepariwisataan, kamu juga akan dibekali dengan kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, hingga Prancis. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar nantinya kamu dapat mengembangkan cakupan bisnis pariwisata secara lebih luas.

Jadi, apakah jurusan pariwisata harus bisa bahasa Inggris? Sebenarnya tidak harus bisa, namun tentunya hal ini akan menjadi nilai tambahan yang akan sangat membantu karir pariwisatamu setelah lulus nantinya.

Syarat Masuk Jurusan Pariwisata

Sampai di sini, mungkin kamu juga penasaran apa saja syarat masuk jurusan pariwisata? Walau mungkin setiap kampus memiliki kebijakannya masing-masing, namun secara umum, jurusan pariwisata akan cocok dengan kamu yang memiliki karakter seperti:

  • Independen
  • Senang melakukan riset
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Terampil berkomunikasi
  • Mampu bernegosiasi
  • Senang bekerja sendiri
  • Bisa bekerjasama dengan tim
  • Memiliki keterampilan interpersonal
  • Kreatif dan inovatif

Tes Masuk Jurusan Pariwisata

Setelah mengetahui beberapa syaratnya, mungkin kamu juga jadi penasaran mengenai tes masuk jurusan pariwisata. Perlu dipahami, setiap kampus akan memiliki kebijakannya tersendiri dalam hal penerimaan mahasiswa barunya.

Oleh karena itu, coba cek apa saja tes masuk jurusan pariwisata di kampus yang kamu inginkan. Untuk mengetahuinya, kamu dapat melihatnya di website resmi kampus tersebut.

Macam-macam Jurusan Pariwisata

Saat mengambil program studi ini, biasanya di semester 4 nanti, kamu akan diberikan beberapa peminatan jurusan yang dapat dipilih sesuai keinginan. Adapun macam-macam jurusan pariwisata adalah sebagai berikut.

  • Film dan penyutradaraan
  • Event organizer
  • Entrepreneur 

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata

Lalu, bagaimana dengan prospek kerja jurusan pariwisata? Tenang saja, prospek kerja jurusan pariwisata sebenarnya sangat luas, lho. Adapun beberapa pekerjaan jurusan pariwisata yang paling terkenal di antaranya yaitu:

1. Pemandu Wisata

Pertama, setelah lulus dari jurusan pariwisata nantinya, besar kemungkinan, kamu bisa menjadi seorang pemandu wisata.

Dalam hal ini, kamu berkewajiban untuk dapat memberikan informasi tentang berbagai hal yang terdapat di sebuah destinasi wisata kepada seluruh wisatawan. Mengasyikkan sekali, bukan?

Bahkan sekali memandu wisatawan, diketahui gaji jurusan pariwisata ini dapat mencapai Rp500.000. Sudah terbayang berapa penghasilan yang akan diperoleh kalau kamu memandu 10 wisatawan?

2. Pengelola Tempat Wisata

Selanjutnya, kamu juga bisa menjadi pengelola tempat wisata, lho. Jadi kalau misalnya di daerahmu terdapat sebuah lokasi yang sekiranya berpotensi dijadikan objek wisata, kamu dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari sehingga destinasi tersebut pun mampu mengundang minat para wisatawan.

Dalam hal ini, peluang nominal gaji jurusan pariwisata bisa sangat tinggi, lho. Semakin banyak wisatawan, tentu akan semakin besar pula penghasilan yang akan kamu dapatkan nantinya.

3. Pengusaha Travel Agent atau Biro Perjalanan Wisata

Mengingat selama kuliah kamu akan diajarkan bagaimana mengelola usaha pariwisata, tentu setelah lulus nanti, kamu pun dapat menjadi pengusaha perjalanan wisata.

Itu artinya, kamu dapat memiliki agen atau biro perjalanan sendiri bagi para pemandu wisata maupun wisatawan. Cocok banget nih untuk kamu yang menyukai dunia pariwisata sekaligus memiliki jiwa entrepreneur!

Penghasilan yang akan didapat pun relatif tinggi mengingat kini industri pariwisata sedang berkembang dengan pesat.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Alasan Memilih Jurusan Pariwisata

Buat kamu yang masih ragu, dua alasan memilih jurusan pariwisata berikut mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan, yaitu:

Prospek Kerja yang Luas

Seiring berkembangnya industri pariwisata, prospek kerja jurusan pariwisata tentu sangat cerah. Bahkan nantinya, kamu pun dapat berkecimpung dalam bidang culinary, perhotelan, kapal pesiar, event management, dan lain sebagainya.

Di samping itu, lulusan pariwisata juga diperlukan di instansi pemerintahan seperti Kementerian Pariwisata. Jangan lupa juga, kawasan wisata milik pemerintah juga membutuhkan Sarjana Pariwisata lho dalam pengelolaannya.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi ya soal jurusan pariwisata kerja apa. Tinggal pilih aja!

Kaya Akan Pengalaman

Hal ini tentu saja tidak dapat ditampik karena nantinya, kamu akan berkesempatan untuk mengunjungi berbagai destinasi di seluruh dunia. Yup, kapan lagi kerja sambil jalan-jalan?

Selain itu, terjun ke dunia pariwisata juga memungkinkanmu bertemu dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Dengan begitu, wawasan dan pengalamanmu tentu akan semakin luas.

Daftar Universitas yang Ada Jurusan Pariwisata

Saat ini, sudah banyak kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan pariwisata. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, simak beberapa universitas yang ada jurusan pariwisata berikut ini.

Universitas Negeri yang Menyediakan Jurusan Pariwisata

  • Universitas Indonesia
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Negeri Padang
  • Universitas Pendidikan Ganesha
  • Universitas Udayana
  • Universitas Riau
  • Politeknik Negeri Manado
  • Politeknik Negeri Bali
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Universitas Negeri yang Menyediakan Jurusan Pariwisata

  • Universitas Pancasila
  • Universitas Merdeka
  • Universitas Stikubank
  • Universitas Matana
  • Universitas Bunda Mulia
  • Institut Sains dan Teknologi Pradita
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo
  • Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta

Demikian penjelasan seputar jurusan pariwisata, program studi yang katanya bisa kerja sambil jalan-jalan. Setelah ulasan di atas, apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan pariwisata? Jika iya, pastikan untuk segera menyiapkan diri dari sekarang, ya!

Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris pariwisata dan jasa dari Upskill Cakap. Cukup dengan menghadiri kelas selama 7 pertemuan berturut-turut atau sekitar 1 bulan, kamu bisa langsung mendapatkan sertifikat belajar, lho?

Jadi, tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang juga karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.