16 Universitas Luar Negeri yang Menyediakan Beasiswa Full

universitas-luar-negeri-yang-menyediakan-beasiswa-full

Memiliki keinginan kuliah di luar negeri, bukanlah suatu impian yang mustahil. Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mewujudkan harapan kuliah di luar negeri. Salah satunya adalah dengan mencari tahu mana saja universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa fully funded. Untuk kamu pemburu beasiswa, yuk simak penjelasan mengenai info beasiswa fully funded beserta universitasnya!

Table of Contents

Apa itu Beasiswa Fully Funded?

Beasiswa fully funded merupakan beasiswa yang memberikan biaya penuh mencakup, uang kuliah, buku, biaya penelitian biaya akomodasi, uang saku, tiket perjalanan, hingga asuransi kesehatan.

Beasiswa fully funded atau beasiswa yang didanai secara penuh sangat kompetitif karena jumlahnya yang terbatas. Untuk mendapatkan beasiswa yang didanai secara penuh para siswa harus memenuhi kriteria tertentu seperti keunggulan akademik, komitmen pada bidang studi, dan keterampilan kepemimpinan.

Beasiswa yang didanai penuh biasanya diberikan oleh pemerintah, organisasi swasta seperti perusahaan atau yayasan. Jumlah uang yang diberikan pun bervariasi. Jadi sebelum mendaftar pastikan untuk melihat detail beasiswanya, ya!

Lihat panduan : Syarat Kuliah di Luar Negeri Terbaru yang Harus Dipenuhi

Universitas Luar Negeri yang Menyediakan Beasiswa Full

Berikut merupakan daftar universitas yang menyediakan beasiswa fully funded untuk siswa internasional di berbagai bidang, mulai dari Seni dan Humaniora hingga Sains.

1. Harvard University- MBA Scholarship

Harvard Business School Master of Business Administration (MBA) menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang dinyatakan sudah diterima. Adapun seleksi beasiswa ditentukan berdasarkan nilai Graduate Management Admission Test (GMAT), potensi, serta komitmen kandidat.

Pembiayaan yang diperoleh dari beasiswa terdiri dari uang kuliah, uang saku, biaya akomodasi, serta biaya perjalanan. Beasiswa berlaku selama dua tahun akademik.

2. Gwangju Institute of Science and Technology (GIST)

Beasiswa GIST diberikan untuk mahasiswa Pascasarjana baik kepada mahasiswa Korea maupun mahasiswa dari negara lain yang mau kuliah di Korea. Mahasiswa dapat memilih untuk belajar di program gelar master maupun PhD. Kamu bisa memenuhi syarat dan cara mendapatkan beasiswa di Korea untuk menempuhnya.

3. Skolkovo Institute of Science and Technology (Soltech) di Rusia

Beasiswa Skoltech ini bertujuan untuk mendukung mahasiswa yang ingin memperoleh gelar master maupun PhD. Beasiswa tersebut mencakup biaya kuliah hingga uang saku.

4. Mohamed bin Zayed University

Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa lokal maupun internasional di bidang Artificial Intelligence untuk studi master maupun PhD. Beasiswa ini menerima kandidat dengan gelar sarjana dan magister di bidang Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Matematika, Fisika, dan jurusan terkait lainnya. Bagi kamu yang tertarik ingin kuliah di Uni Emirat Arab kamu bisa mencoba beasiswa ini. 

5. University of Melbourne

Beasiswa yang diberikan oleh University of Melbourne terbuka bagi mahasiswa Australia maupun internasional dengan 1000 kuota untuk mahasiswa program sarjana dan 600 kuota untuk mahasiswa program pascasarjana.

6. University of Toronto (Lester B. Pearson Scholarship) in Canada

Melalui beasiswa ini, Universitas Toronto memberikan kesempatan kepada siswa internasional berprestasi untuk belajar di salah satu universitas terbaik di dunia ini. Setiap tahun Universitas Toronto menerima 37 siswa dari beasiswa Lester B. Pearson yang didanai secara penuh.

7. University of British Columbia (International Scholars Program)

Setiap tahun University of British Columbia memberikan 50 kuota beasiswa fully funded yang setiap lulusannya akan mendapatkan salah satu dari  gelar berikut:

  • Karen McKellin International Leader of Tomorrow Award
  • Donald A. Wehrung International Student Award
  • International Impact Award
  • Vantage One Excellence Award


8. University of Oxford

Jika kamu ingin mengambil S2 untuk  jurusan bisnis Administrasi di Oxford, kamu bisa mencoba dengan bantuan beasiswa Skoll Scholarship. Beasiswa tersebut setiap tahunya hanya menyediakan kuota bagi 5 orang terpilih. Sementara itu, jika kamu ingin mengambil program S2 dengan jurusan lain, kamu bisa mencoba beasiswa Oxford Street Weidenfeld dan Hoffman Scholarship. 

9. University of Bristol

Terletak di Inggris Raya, University of Bristol dapat memberikan pengalaman belajar terbaik dengan beasiswa fully funded untuk program studi Ilmu Sosial dan Hukum.

Kamu Nggak Sendiri, Cakap Siap Bantu Rencana Studimu ke Luar Negeri!

10. Stanford University

Universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa full selanjutnya adalah Stanford University. Terdapat beberapa beasiswa untuk mahasiswa internasional di Universitas Stanford, salah satunya beasiswa beasiswa Knight-Hennessy yang merupakan beasiswa paling menjanjikan untuk Pascasarjana.

Untuk memenuhi syarat, mahasiswa yang akan melamar harus memperoleh gelar sarjana mereka setelah Januari 2015, menjadi mahasiswa penuh waktu, dan ingin mengikuti salah satu program pascasarjana di Stanford. Prioritas beasiswa ini diberikan kepada pelamar yang akan menghabiskan setidaknya dua tahun belajar di Stanford.

11. Maastricht University

Jika kamu tertarik berkuliah di negeri kincir angin, kamu bisa mencoba mendaftar di Maastricht University yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa S2. Setiap tahunya Maastricht University menerima 24 kuota bagi mahasiswa yang terpilih melalui beasiswa.

12. Amsterdam of University Graduate School of Humanities

Beasiswa yang ditawarkan adalah Amsterdam Merit Scholarship untuk jenjang program S2. Adapun penerima dari beasiswa ini nantinya akan berpartisipasi dalam komunitas dan ekstrakurikuler yang sesuai dengan program studi yang diambil. 

13. National University of Singapore 

Asean Undergraduate Scholarship menyediakan beasiswa untuk berkuliah di National University of Singapore yang dapat diikuti oleh siswa di Asia Tenggara.    

14. University of Hong Kong

Universitas Hong Kong menawarkan beasiswa S1 fully funded untuk program S1 berbagai program studi. Penerima beasiswa ditentukan dengan seleksi prestasi akademik kandidat.

15. Princeton University 

Merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Amerika. Beasiswa Princeton University diberikan untuk mahasiswa program sarjana berupa tunjangan biaya kuliah penuh beserta tunjangannya.

16. Universitas Duke

Jika kamu seorang siswa internasional yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan keuangan, Beasiswa Internasional Karsh dapat membantu kamu membayar pendidikan kamu di Duke University secara penuh, termasuk dengan dana penelitian selama tiga musim panas, yang dapat meningkatkan karir akademik kamu.

Itu dia daftar universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa full. Setelah mengetahui beberapa universitas dengan beasiswa fully funded, yang tetap harus kamu ingat adalah mengecek detail beasiswanya dan jangan lupa untuk memperhatikan berbagai persiapan kuliah di luar negeri. Bingung memulai dari mana? Konsultasikan kebutuhanmu di Cakap Study Abroad sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.