Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea dengan Syaratnya

cara-mendapatkan-beasiswa-kuliah-di-korea

Ngomongin tentang study abroad pasti nggak jauh-jauh soal beasiswa, negara tujuan, dan cara untuk mendapat beasiswa tersebut. Korea Selatan adalah salah satu negara yang menjadi tujuan favorit mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi di tingkat perguruan tinggi. Selain kualitas pendidikannya yang sudah tidak diragukan lagi, banyak juga peluang beasiswa yang bisa didapatkan. Buat kamu para pejuang beasiswa untuk bisa kuliah di Korea, yuk simak tips dan cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea, hanya di artikel ini!

Table of Contents

Apa Ada Beasiswa untuk Kuliah di Korea?

Kalau kamu ragu untuk melanjutkan kuliah di Korea hanya karena kendala biaya, kamu salah besar. Korea Selatan membuka banyak peluang beasiswa untuk mahasiswa-mahasiswa internasional. Jadi kamu nggak perlu khawatir lagi. Salah satu beasiswa yang didanai langsung oleh pemerintah Korea Selatan adalah beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program).

Selain beasiswa KGSP, ada juga beasiswa lain yang bisa kamu pilih, seperti:

  1. Beasiswa LPDP
  2. KAIST Scholarship
  3. Beasiswa dari Universitas di Korea Selatan

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa cek langsung di artikel program beasiswa kuliah di Korea.

Syarat Beasiswa Kuliah di Korea

Untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di Korea, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:

  • Mengisi formulir pendaftaran. Biasanya formulir baru bisa diisi ketika pengumuman pendaftaran beasiswa telah resmi dibuka. So, stay tuned terus ya!
  • Lengkapi berkas dan dokumen penting: transkrip nilai dan ijazah terakhir yang sudah dilegalisir, KTP, dan Kartu Keluarga.
  • Surat rekomendasi dari sekolah atau universitas.
  • Esai yang berisi personal statement tentang kelebihan diri, alasan mendaftar beasiswa, dan kenapa kamu harus dipilih menjadi kandidat yang menerima beasiswa tersebut.
  • Sertifikat penghargaan yang pernah diraih.
  • Surat keterangan sehat.
  • Paspor dan visa.
  • Sertifikat kemahiran berbahasa asing, bisa berupa sertifikat TOEFL, IELTS, maupun TOPIK.

Simak Pembahasan TES TOPIK di Cakap untuk Dapatkan Beasiswa ke Korea!

Jurusan yang Bisa Mendaftar Beasiswa di Korea

Dalam mendaftar beasiswa, biasanya tidak ada batasan khusus tentang program studi. Namun, ada beberapa pertimbangan ketika akan mengambil jurusan kuliah di Korea, salah satunya adalah mana saja jurusan yang paling diminati dan jurusan kuliah terbaik di Korea.

Berikut ada beberapa saran jurusan yang bisa kamu ambil saat akan mendaftar beasiswa kuliah di Korea:

(1) Ekonomi dan Bisnis

Jurusan Ekonomi dan Bisnis merupakan jurusan yang fokus mempelajari prinsip ekonomi, manajemen bisnis, dan cara menerapkannya. Di Korea, ini adalah salah satu jurusan paling diminati dan saat ini telah tersedia 800 lebih departemen jurusan Ekonomi dan Bisnis di Korea.

(2) Sastra

Siapa di sini yang masih maju mundur buat milih jurusan Sastra? Yuk, mantapkan niatmu karena di Korea, jurusan ini termasuk jurusan terbaik yang ramai peminat. Jurusan kuliah yang satu ini akan membawamu mengenali bahasa dan budaya Korea secara mendalam. Maka dari itu, syarat utama mengambil jurusan ini tentunya kemampuan berbahasa Korea yang baik.

(3) Teknologi Informasi

Korea terkenal dengan teknologi dan kecepatan koneksi internetnya. Jika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan fokus belajar mengembangkan dan mengikuti kemajuan teknologi setiap harinya.

(4) Teknik

Ada banyak rumpun dari jurusan teknik. Beberapa jurusan teknik yang paling banyak peminatnya adalah Teknik Mesin serta Teknik Sipil dan Lingkungan Hidup. Jika kamu tertarik dan merasa kompeten di dunia per-teknik-an, kamu bisa coba daftar beasiswa untuk jurusan ini di Ulsan University dan Kookmin University.

Selain empat jurusan tersebut, ada juga jurusan lain yang mungkin sesuai minatmu, yaitu jurusan Ilmu Komputer, Radiologi, Seni dan Desain, serta Polymer Science.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea

Akan selalu ada jalan menuju Roma, begitu pun dengan beasiswa. Akan selalu ada cara untuk bisa mendapatkannya. Khusus buat kamu para pejuang beasiswa kuliah Korea, ini dia cara jitu yang bisa kamu praktekkan untuk bisa lolos seleksi beasiswa:

(1) Siapkan Semua Persyaratan yang Dibutuhkan

Pada penjelasan di atas, kamu sudah diberi tahu tentang apa saja syarat utama yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa kuliah di Korea. Agar lebih ringan, mulai dari sekarang cobalah lengkapi satu persatu persyaratan tersebut. Terutama yang kiranya cukup sulit, seperti esai dan sertifikat kemahiran berbahasa.

(2) Lakukan Riset Beasiswa Mana yang Akan Dipilih

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea selanjutnya adalah melakukan riset seputar beasiswa. Kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan beasiswa yang tersedia, mulai dari beasiswa dari pemerintahan Korea, beasiswa dari universitas yang ingin kamu tuju, hingga beasiswa dari organisasi internasional. Pilihlah beasiswa yang sekiranya paling mudah kamu tembus dan paling menguntungkan. Kamu bisa mencari informasi lengkap tentang beasiswa kuliah di Korea melalui website resmi mereka.

(3) Pilih Kampus dan Jurusan Diinginkan

Setelah riset beasiswa, langkah selanjutnya kamu bisa mencari universita dan jurusan yang kamu inginkan. Pastikan kamu memilih universitas tujuan yang menerima pendaftar lewat jalur beasiswa. Ada banyak pilihan universitas terbaik di Korea yang bisa jadi bahan pertimbanganmu. Jangan lupa mantapkan hati untuk memilih jurusan yang tepat, kalau bisa ambil jurusan yang memungkinkan kamu memiliki peluang besar untuk diterima. 

(4) Submit Persyaratan yang Dibutuhkan dan Ikuti Tes Seleksi

Setelah memenuhi persyaratan, memilih beasiswa, dan universitas terkait, kini saatnya bagi kamu untuk melakukan submit semua persyaratan. Pastikan kamu mengirimkan pengajuan beasiswa tepat pada waktunya.

Setelah berkas persyaratan dikirim, biasanya akan ada seleksi. Jika berkas lolos seleksi, kamu akan mendapatkan konfirmasi lewat email atau kontak yang bisa dihubungi agar kamu bisa melakukan tahap tes seleksi dan interview selanjutnya.

(5) Bekali Diri dengan Kemampuan Berbahasa Korea

Meskipun ada beberapa jurusan kuliah di Korea yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, namun bukan berarti kamu tidak perlu membekali diri dengan kemampuan bahasa Korea yang hanya 0%.

Membekali diri dengan kemampuan berbahasa Korea menjadi sangat penting terlebih jika persyaratan beasiswa mengharuskanmu melampirkan sertifikat TOPIK. So, salah satu solusi untuk membekali diri dengan kemampuan bahasa Korea adalah mengikuti kursus bahasa Korea.

Gimana, syarat dan cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea tidak sesulit itu kan? Jika kamu memiliki tekad yang sungguh-sungguh, kamu pasti akan memenangkan semua impian. Yuk, mulai sekarang pelajari kiat-kiat persiapan kuliah di luar negeri!

Referensi:
-universitas123.com
-ican-education.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.