Mau Studi di Cina? Kenali Dulu Macam-Macam Beasiswanya

Public in Chinese Temple
Mau Studi di Cina? Kenali Dulu Macam-Macam Beasiswanya

Ada pepatah “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Selain Singapura dan Korea Selatan, China juga menjadi salah satu tujuan favorit para pelajar di Indonesia untuk melanjutkan studi. Tak heran, banyak para pelajar dan mahasiswa Inonesia yang berburu beasiswa kuliah di China. Ditambah lagi, China memiliki kualitas pendidikan yang menjanjikan serta budaya yang khas, membuat banyak orang bercita-cita untuk belajar di sana.

Sejak beberapa tahun terakhir, China memang terus membuka pintu lebar-lebar untuk pelajar asing. Nilai investasi yang dikucurkan untuk sektor pendidikan pun tak sedikit. Terlihat dari banyaknya program beasiswa yang ditawarkan.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai beasiswa studi apa saja yang tersedia untuk belajar di China, berikut kami bagikan macam-macam beasiswa kuliah di China untuk pelajar internasional!

Chinese Government Scholarship

source: feature.cucas.edu.cn

Beasiswa ini mencakup sejumlah program yang masing-masingnya ditujukan untuk pelajar internasional yang berbeda. Program beasiswa kuliah di China ini sebagian besar didanai secara penuh dan memiliki tingkat kompetisi yang ketat serta pesyaratan yang tidak mudah. Selain itu, Chinese Government Scholarship ini merupakan jenis beasiswa yang paling luas karena program-programnya tersedia di berbagai institusi yang tersebar di China.

Terdapat 9 program yang ditawarkan, antara lain:

(1) Bilateral Program

Beasiswa penuh atau sebagian berdasasrkan perjanjian pertukaran pendidikan atau consensus antara pemerintah Tiongkok dan pemerintah negara lain, institusi, universitas, atau organisasi internasional. Program ini menawarkan beasiswa S1, S2, S3, dan akademisi. Mereka yang ingin melamar beasiswa ini harus mengjaukan permohonan kepada otoritas yang bersangkutan di negara masing-masing.

(2) Chinese University Program

Program ini menawarkan beasiswa penuh untuk sejumlah universitas China yang telah ditentukan. Beasiswa kuliah di China ini tersedia untuk program S1, S2, dan S3. Pelamar bisa mengajukan permohonan beasiswa langsung ke universitas yang menawarkan program ini.

(3) Great Wall Program

Program ini menawarkan beasiswa penuh yang disponsori oleh UNESCO untuk akademisi di negara-negara berkembang untuk belajar dan melakukan penelitian ke China. Pelamar harus mendaftar ke Komisi Nasional UNESCO di negara asal masing-masing.

(4) AUN Program

AUN merupakan program yang menawarkan beasiswa penuh untuk ASEAN University Network (AUN) untuk mensponsori pelajar, guru, dan akademisi dari negara-negara anggota ASEAN untuk belajar di China. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pertukaran akademik dan hubungan antara China dan negara-negara ASEAN.

Beasiswa ini hanya mendukung program S2. Pelamar yang tertarik bisa mendaftar ke Sekretariat AUN.

(5) WMO Program

Beasiswa ini disponsori oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) untuk pelajar internasional yang ingin mempelajari dan melakukan penelitian terkait meteorologi, hidrologi, dan pengawasan serta manajemen sumber daya air di China. Program ini ditujukan untuk S1 dan S2. Pelamar dapat langsung mengajukan aplikasi ke WMO.

Baca Juga:

Local Government Scholarship

source: gschooling.blogspot.com

Progam ini diluncurkan oleh pemerintah daerah provinsi dan kota di China, yang dirancang untuk mendorong pelajar atau akademisi internasional yang lebih berprestasi untuk belajar di universitas di provinsi atau kota mereka.

Secara umum, Local Government Scholarship ini tidak tersedia secara luas apabila dibandingkan dengan Chinese Government Scholarship. Biasanya, pemerintah daerah hanya menyiapkan beberapa program beasiswa untuk sejumlah lembaga yang ditunjuk.

Jadi, penting bagi kamu untuk riset terlebih dahulu apakah universitas yang kamu sasar menawarkan beasiswa jenis ini. Menurut data terakhir, 15 pemerintah provinsi dan kota telah membentuk total 33 program beasiswa untuk pelajar dan akademisi asing.

Confucius Institute Scholarship

source: institutoconfucio.ugr.es

Program beasiswa ini diluncurkan oleh Hanban untuk mendorong pelajar dan akademisi serta pengajar bahasa Mandarin dari berbagai negara untuk belajar bahasa Mandarin di China. Program ini juga memiliki cakupan yang cukup luas. Pada tahun 2018, Hanban menawarkan beasiswa ini ke 149 institusi.

Namun, beasiswa jenis ini hanya terbuka bagi pelamar yang akan mempelajari bahasa dan budaya China, mengajar bahasa Mandarin kepada penutur bahasa lain atau hal lainnya yang berhubungan dengan bahasa Mandarin.

Chinese Universities Scholarship

Program yang satu ini juga memiliki cakupan yang luas. Banyak universitas dan perguruan tinggi terkemuka di China yang telah menawarkan program beasiswa sendiri untuk menarik pelajar internasional yang unggul untuk melanjutkan studi di universitas mereka.

Beasiswa jenis ini memiliki berbagai nama, biasanya tergantung dari nama universitas. Misalnya, beasiswa dari Beijing University akan diberi nama Beijing University Scholarship. Jadi beasiswa ini berbeda ya dengan Chinese Government Scholarship.

Pelamar harus menentukan jurusan spesifik yang ingin mereka ambil di universitas tujuan mereka dan mengajukan permohonan beasiswa melalui situs online masing-masing universitas.

Enterprise Scholarship

Selain pemerintah dan lembaga pendidikan, beberapa perusahaan juga telah menawarkan beasiswa untuk mendukung pelajar asing di institusi tertentu untuk mendorong pertukaran internasional dan inovasi teknologi. Beasiswa jenis ini memiliki program yang paling sedikit dibandingkan jenis-jenis beasiswa sebelumnya.

Beijing Government Scholarship

Beasiswa dari pemerintah Beijing adalah beasiswa penuh/fully funded yang ditujukan untuk para mahasiswa internasional. Dana awal beasiswa ini bisa mencapai 35 juta Yuan. selain mendirikan pendanaan berupa beasiswa, Beijing Government Scholarship bertujuan untuk menarik lebih banyak lagi siswa asing dan mempromosikan internasionalisasi pendidikan tinggi Beijing.

Tidak hanya menyediakan beasiswa bagi program magister, beasiswa ini juga menyediakan pendanaan bagi para mahasiswa doktoral.

Beasiswa BLCC

Untuk kamu yang masih belum menyelesaikan bangku perkuliahan tapi ingin merasakan belajar bahasa Mandarin langsung di China, kamu bisa ikutan program beasiswa yang satu ini. BLCC merupakan institusi pendidikan yang memang diperuntukan untuk pelajar asing yang ingin mempelajari bahasa dan budaya China.

Dengan potongan biaya pendidikan hingga Rp 15 juta, kamu tidak hanya bisa melatih kemampuan bahasa Mandarin, tapi juga berkesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan dan aktivitas budaya, berkeliling di kota Beijing, dan berkenalan dengan teman-teman dari berbagai negara.

Itu dia beberapa beasiswa kuliah di China yang bisa kamu coba. Jangan lupa, sebelum daftar beasiswa ke luar negeri, cek dulu tips dan persiapan kuliah di luar negeri!

Baca Juga :

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

      #SiapaCakapDiaDapat