Berapa Biaya Hidup Pelajar Asing di UK?

biaya hidup di inggris

Inggris memiliki daya tarik yang besar bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya di sana. Kualitas pendidikan yang terbaik di dunia menjadi daya tarik utamanya. Ada banyak kota favorit di Inggris yang menjadi tujuan bagi para pelajar dan mahasiswa asing, seperti London, Manchester, Liverpool, dll.  Namun, perbedaan nilai mata uang dan biaya hidup menjadi salah satu pertimbangan utama sebelum kuliah di Inggris. Lalu, sebenarnya berapa sih rincian biaya hidup di Inggris?

Kali ini Cakap akan membahas tentang biaya hidup untuk mahasiswa asing di Inggris. Tentu angka yang tertera di sini dapat berubah seiring dengan waktu tapi setidaknya kamu memiliki gambaran untuk merencanakan anggaran belajarmu.

Biaya Hidup di Inggris untuk Mahasiswa

Ada banyak persiapan saat akan kuliah di luar negeri. Salah satunya, mempersiapkan biaya hidup. 

Biaya hidup mahasiswa di Inggris yang akan dibahas dalam artikel ini meliputi komponen akomodasi, transportasi, makanan, internet, serta kebutuhan listrik dan air. Berikut penjelasannya!

Akomodasi

Biaya sewa tempat tinggal mungkin akan menjadi pengeluaran terbesar pada anggaran siswa kamu dan biayanya bisa sangat bervariasi tergantung di mana kamu berada. Tetapi ada beberapa cara kamu bisa menghemat biaya ini:

  •  Asrama Universitas
    Kamu mungkin akan tinggal di asrama kampus pada tahun pertama dan membayar sewa pada awal setiap semester. Harga asrama akan bervariasi dari satu universitas ke universitas lainnya, serta tergantung pada kualitas yang kamu pilih. Perabotan dan perawatan lainnya akan dikenakan harga, jadi jika kamu memiliki anggaran yang ketat, lihatlah opsi yang lebih murah dan mendasar. Sebagai panduan, asrama non-katering termurah di Liverpool Institute of Performing Arts dikenai biaya £ 214 per bulan, dibandingkan dengan £ 1.307 di London University of Law.

 

  • Menyewa Apartemen Pribadi
    Pada tahun kedua dan ketiga, sebagian besar siswa pindah ke rumah sewaan atau flat di luar kampus dan membayar sewa pada awal setiap bulan kepada pemilik atau agen pemberi izin. Ada perbedaan besar dalam harga sewa tergantung di mana kamu berada di negara ini.

    Tinggal di London untuk universitas hadir dengan harga (kurang lebih) antara £533 – £770. Jika kamu tinggal jauh dari rumah di London, kamu akan berhak mendapatkan tunjangan yang lebih tinggi. Uang sewaan kamu akan lebih rendah di Leeds (£281 – £353) atau Liverpool (£259 – £385) (kamu dapat membayar lebih atau kurang dari kisaran kasar ini).

(2) Transportasi

Ini akan tergantung pada kota tempat kamu belajar, serta seberapa jauh jarak dari rumah ke tempat yang sering kamu kunjungi seperti kampus dan perpustakaan. Kota-kota kecil seperti Edinburgh dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau bersepeda, sedangkan kota besar seperti Manchester atau Birmingham akan membuat transportasi umum lebih menjadi kebutuhan.

Hati-hati, biaya transportasi kamu mungkin melonjak setelah tahun pertama, apalagi jika kamu pindah ke luar kampus dan kamu perlu kuliah atau perpustakaan hampir setiap hari.

Yuk, Ikut Simulasi TOEFL Gratis di Aplikasi Cakap!

(3) Makanan

Jangan mengandalkan satu supermarket untuk semua bahan makanan kamu. Berbelanja di sekitar untuk menemukan penawaran terbaik untuk item yang berbeda, membeli item non-merek, fokus anggaran, dan memilih toko di mana mereka menawarkan sesuai harga.

Biaya hidup di Inggris per bulan yang dihabiskan untuk makanan akan lebih murah jika kamu rajin memasak. So, kamu hanya perlu menyetok bahan-bahan makanan dari supermarket dan melakukan belanja bulanan. Dengan begitu, kamu cukup mengeluarkan anggaran belanja berkisar £200 saja.

(4) Air, Gas, dan Listrik

Tagihan utilitas seperti ini akan termasuk dalam sewa kamar asrama kamu, ini merupakan satu hal yang kurang dipikirkan ketika kamu menyesuaikan diri dengan tinggal jauh dari rumah.

Namun, ketika kamu pindah ke rumah pribadi atau flat-share, setidaknya kamu harus menyiapkan uang tagihan di atas £50. Untuk dapat menghemat tagihan, kamu perlu mengawasi penggunaan air, gas, dan listrik.

(5) Telepon dan Internet

Internet biasanya termasuk dalam sewa untuk asrama. Tetapi kamu akan membutuhkan data untuk berinteraksi dengan teman-teman di Indonesia ketika bosan di perpustakaan dan sesekali menelepon ke rumah untuk memberi tahu mereka bahwa kamu masih hidup.

Periksa berapa banyak data dan menit yang sebenarnya kamu gunakan dalam sebulan (biasanya berkisar di angka £40). Kamu mungkin terkejut ketika melihat tagihan untuk sesuatu yang kamu hampir tidak menggunakan lagi.

(6) Perawatan Pribadi

Meskipun kamu mungkin tidak akan menghabiskan hari-hari spa mewah dengan anggaran pelajar, kamu masih tidak ingin membiarkan kebersihan dan penampilan kamu tergelincir menjadi dekil, bau, dan tidak terawat.

Jika kamu membutuhkan potongan rambut murah dan kamu tidak mempercayai teman serumahmu untuk melakukannya, lihat apakah ada salon lokal atau sekolah penata rambut yang menawarkan potongan gratis atau diskon.

Photo from Freepik

Ini Rahasia Fasih Bahasa Inggris dari Rumah!

Kota di Inggris dengan Biaya Hidup yang Cukup Terjangkau

Sebelum memilih universitas tujuan saat akan kuliah di Inggris, kamu juga perlu tahu di kota mana tepatnya universitas tersebut berada. Alangkah baiknya jika universitas favoritmu berada di kota-kota berikut, karena 3 kota ini merupakan kota dengan biaya hidup yang cukup terjangkau di Inggris. Check it out!

(1) Brimingham

Selain menjadi rumah bagi universitas ternama The University of Birmingham dan Aston University, Kota Birmingham juga dikenal sebagai salah satu kota termurah di Inggris. Biaya hidup, seperti akomodasi, transportasi umum di kota ini relatif rendah dan masuk akal dibanding kota-kota lainnya.

(2) Cardiff

Ibu kota Wales ini menjadi salah satu kota yang affordable untuk para mahasiswa internasional. Rata-rata sewa bulanan di kota ini hanya sekitar £115-£120. Biaya transportasi di kota ini juga tidak mahal. Jika kamu ingin tinggal di kota ini, maka pilihan universitas bergengsi yang bisa kamu pilih adalah Russell Group University.

Di kota ini juga banyak sekali pekerjaan paruh waktu yang bisa dicoba para mahasiswa untuk mendapat uang tambahan.

(3) Liverpool

Jangan salah, meskipun menjadi salah satu kota besar dan terkenal, biaya hidup di Liverpool bisa dibilang cukup ramah dan murah, lho. Untuk biaya akomodasi, makan, dan perjalanan/transportasi juga lebih terjangkau daripada kota-kota lainnya. Terlebih, di kota ini juga banyak sekali lowongan untuk pekerja paruh waktu. Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan tinggi di kota ini, kamu bisa memilih University of Liverpool atau Liverpool John Moores University.

Itu dia selengkapnya tentang biaya hidup di Inggris. Kalau kamu punya mimpi kuliah di Inggris, yuk awali mimpimu dengan gabung kelas bahasa Inggris supaya kamu bisa menguasai bahasa Inggris sebelum berangkat kuliah. Selain itu, skill bahasa Inggris juga jadi penilaian untuk dapat beasiswa lho!

Referensi:
-vistaedication.com
-studying-in-uk.org

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat