Biaya Hidup Pelajar Asing di UK

Biaya Hidup Pelajar Asing di UK

Perjuanganmu untuk menuntut ilmu akan semakin menantang ketika kamu berhasil diterima untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Setelah bersusah payah melakukan kursus bahasa Inggris online, persiapan tes TOEFL/IELTS, berbagai wawancara beasiswa, dan akhirnya kamu sampai di negara tujuanmu. Salah satu negara tujuan yang paling diminati untuk pendidikan adalah Inggris.

Inggris memiliki daya tarik yang besar bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya di sana. Kualitas pendidikan yang merupakan terbaik di dunia menjadi daya tarik utamanya. Namun, perbedaan nilai mata uang dan biaya hidup menjadi salah satu pertimbangan utama sebelum kuliah di Inggris. Memang banyak organisasi yang menyediakan beasiswa dengan nominal yang beragam tapi apakah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu?

Mau Sekolah di UK? Ayo, Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris-mu Dengan Belajar di Cakap. Download Sekarang!

Kali ini Cakap akan membahas tentang biaya hidup untuk mahasiswa asing di Inggris. Tentu angka yang tertera di sini dapat berubah seiring dengan waktu tapi setidaknya kamu memiliki gambaran untuk merencanakan anggaran belajarmu.

Akomodasi

Biaya Hidup Pelajar Asing di UK
sumber: giphy

Biaya sewa tempat tinggal mungkin akan menjadi pengeluaran terbesar pada anggaran siswa kamu dan biayanya bisa sangat bervariasi tergantung di mana kamu berada. Tetapi ada beberapa cara kamu bisa menghemat biaya ini:

Asrama Universitas

Kamu mungkin akan tinggal di asrama kampus pada tahun pertama dan membayar sewa pada awal setiap semester. Harga asrama akan bervariasi dari satu universitas ke universitas lainnya, serta tergantung pada kualitas yang kamu pilih. Perabotan dan perawatan lainnya akan dikenakan harga, jadi jika kamu memiliki anggaran yang ketat, lihatlah opsi yang lebih murah dan mendasar.

Sebagai panduan, asrama non-katering termurah di Liverpool Institute of Performing Arts dikenai biaya £ 214 per bulan, dibandingkan dengan £ 1.307 di London University of Law.

Menyewa Apartemen Pribadi

Pada tahun kedua dan ketiga, sebagian besar siswa pindah ke rumah sewaan atau flat di luar kampus dan membayar sewa pada awal setiap bulan kepada pemilik atau agen pemberi izin. Ada perbedaan besar dalam harga sewa tergantung di mana kamu berada di negara ini.

Tinggal di London untuk universitas hadir dengan harga (kurang lebih) antara £ 533 – £ 770. Jika kamu tinggal jauh dari rumah di London, kamu akan berhak mendapatkan tunjangan yang lebih tinggi.

Uang sewaan kamu akan lebih rendah di Leeds (£ 281 – £ 353) atau Liverpool (£ 259 – £ 385) (kamu dapat membayar lebih atau kurang dari kisaran kasar ini).

Transportasi

Biaya Hidup Pelajar Asing di UK
sumber: giphy

Ini akan tergantung pada kota tempat kamu belajar, serta seberapa jauh jarak dari rumah ke tempat yang sering kamu kunjungi seperti kampus dan perpustakaan. Kota-kota kecil seperti Edinburgh dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau bersepeda, sedangkan kota besar seperti Manchester atau Birmingham akan membuat transportasi umum lebih menjadi kebutuhan.

Hati-hati, biaya transportasi kamu mungkin melonjak setelah tahun pertama, apalagi jika kamu pindah ke luar kampus dan kamu perlu kuliah atau perpustakaan hampir setiap hari.

Makanan

Biaya Hidup Pelajar Asing di UK
sumber” giphy

Jangan mengandalkan satu supermarket untuk semua bahan makanan kamu. Berbelanja di sekitar untuk menemukan penawaran terbaik untuk item yang berbeda, membeli item non-merek, fokus anggaran, dan memilih toko di mana mereka menawarkan sesuai harga.

Air, Gas, dan Listrik

Biaya Hidup Pelajar Asing di UK
sumber: giphy

Tagihan utilitas seperti ini akan termasuk dalam sewa kamar asrama kamu, ini merupakan satu hal yang kurang dipikirkan ketika kamu menyesuaikan diri dengan tinggal jauh dari rumah. Namun, ketika kamu pindah ke rumah pribadi atau flat-share, kamu harus mengawasi berapa lama waktu yang kamu habiskan di kamar mandi atau ketika kamu menyalakan pemanas.

Telepon dan Internet

Biaya Hidup Pelajar Asing di UK
sumber: giphy

Internet biasanya termasuk dalam sewa untuk asrama. Tetapi kamu akan membutuhkan data untuk berinteraksi dengan teman-teman di Indonesia ketika bosan di perpustakaan dan sesekali menelepon ke rumah untuk memberi tahu mereka bahwa kamu masih hidup.

Periksa berapa banyak data dan menit yang sebenarnya kamu gunakan dalam sebulan. Kamu mungkin terkejut ketika melihat tagihan untuk sesuatu yang kamu hampir tidak menggunakan lagi.

Perawatan Pribadi

Biaya Hidup Pelajar Asing di UK
sumber: giphy

Meskipun kamu mungkin tidak akan menghabiskan hari-hari spa mewah dengan anggaran pelajar, kamu masih tidak ingin membiarkan kebersihan dan penampilan kamu tergelincir menjadi dekil, bau, dan tidak terawat.

Jika kamu membutuhkan potongan rambut murah dan kamu tidak mempercayai teman serumahmu untuk melakukannya, lihat apakah ada salon lokal atau sekolah penata rambut yang menawarkan potongan gratis atau diskon.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google