Top 11 Jurusan di Universitas Oxford untuk S1, S2, dan S3

jurusan-di-universitas-oxford

University of Oxford bisa dibilang sebagai salah satu universitas terkemuka dan bergengsi di dunia. Keunggulannya dalam bidang akademik dan penelitian sudah dicetak dalam sejarah sejak berabad-abad lalu. Tak heran jika mahasiswa-mahasiswa internasional dari berbagai belahan dunia, mengincar universitas tersebut dan berusaha untuk menjadi bagian dari salah satu program studi atau jurusan di Universitas Oxford.

Untuk kamu yang tahun ini ingin menjadi bagian dari universitas terbaik di Inggris ini, berikut ada ikhtisar singkat tentang jurusan di Universitas Oxford yang paling populer yang ditawarkan Universitas Oxford untuk mahasiswa program sarjana dan pascasarjana.

Table of Contents

Top 7 Jurusan di Universitas Oxford untuk Program Sarjana

Untuk kamu yang ingin mengambil program sarjana di Oxford University, berikut ini ada 7 jurusan favorit yang menjadi unggulan dan cocok untuk mahasiswa internasional!

(1) Philosophy dan Theology

Top 1 jurusan di Universitas Oxford adalah jurusan Philosophy dan Theology. Jurusan ini menjadi salah satu program populer teratas yang ditawarkan oleh Oxford University. Tidak sampai di situ, prodi Filsafat di Oxford ini termasuk ke dalam salah satu prodi Filsafat terbaik di dunia. 

Apa saja sih yang akan kamu pelajari di sini? Jika kamu tertarik untuk menjadi bagian dari program studi Philosophy dan Theology, kamu akan belajar bagaimana caranya menganalisis dan bernalar secara kritis, dalam berbagai hal, salah satunya adalah agama. 

Informasi Lainnya;

  • Lama studi: ± 3 tahun
  • Degrees Offered: tersedia untuk program sarjana, magister, dan doktoral
  • Faculty: Humanities


(2) Geography

Nggak kalah populer dari jurusan di Universitas Oxford sebelumnya. Jurusan Geography juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang sangat berminat dengan topik geografis. Melalui jurusan ini kamu akan memiliki wawasan yang lebih luas terutama dalam hal perubahan iklim, ekonomi, ketidaksetaraan global, dan budaya. 

Fasilitas penelitian yang tersedia di jurusan Geography, Oxford University sangatlah lengkap. So, kamu nggak perlu khawatir lagi.

Informasi Lainnya;

  • Lama studi:  ± 3 tahun
  • Degrees Offered: tersedia untuk program sarjana, magister, dan doktoral
  • Faculty: Social Sciences


(3) English Language and Literature

Kamu suka sastra dan tertarik mempelajari bahasa? Jika iya, maka jurusan English Language and Literature ini bisa menjadi referensi terbaikmu. Jurusan ini cocok untuk para mahasiswa internasional, mereka dapat belajar sambil memperdalam kemampuan berbahasa Inggris mereka. 

Belajar Bahasa dan Sastra Inggris di Oxford University, memungkinkan kamu untuk mempelajari tulisan-tulisan bahasa Inggris dari asalnya, yaitu di Inggris Anglo-Saxon. Tidak berhenti di situ, kamu juga akan belajar banyak teks sastra dalam konteks intelektual dan sejarah yang tentunya lebih luas. 

Informasi Lainnya;

  • Lama studi:  ± 3 tahun 
  • Degrees Offered: tersedia untuk program sarjana, magister, dan doktoral
  • Faculty: Humanities

(4) History and Politics

Jurusan di Universitas Oxford selanjutnya yang masuk dalam top 7 jurusan terbaik adalah History and Politics. Jika kamu belajar di jurusan ini, kamu akan fokus untuk mendalami ilmu Sejarah, Sosiologi, Politik, dan Pemerintahan. Melalui jurusan ini, kamu akan belajar tentang politik kontemporer dalam perspektif sejarah.

Di tahun pertama, kamu akan belajar tentang sejarah Eropa dan Dunia. Sejarah Kepulauan Inggris dan/atau Sejarah Eropa dan Dunia. Sedangkan menjelang 1 tahun terakhir masa perkuliahan, kamu akan belajar sejarah Kepulauan Inggris, hingga fokus untuk melakukan penelitian.

Informasi Lainnya;

  • Lama studi:  ± 3 tahun
  • Degrees Offered: tersedia untuk program sarjana, magister, dan doktoral
  • Faculty: Humanities


(5) Mathematics

Matematika adalah salah satu ilmu eksak yang selalu berhubungan dengan angka dan hasil yang pasti. Bagi kamu yang suka berhitung dan bergelut dengan rumus-rumus jurusan ini sangat direkomendasikan. Departemen Matematika Oxford menawarkan sejumlah program Undergraduate dan Postgraduate yang mencakup gelar penelitian juga.

Di sana kamu akan belajar beberapa spektrum besar matematika terapan dan murni yang mencakup materi tentang aljabar, geometri, topologi, logika, teori bilangan, hingga analisis numerik.

Informasi Lainnya;

  • Lama studi: 3-4 tahun
  • Degrees Offered: tersedia untuk program sarjana dan pascasarjana
  • Faculty: Mathematical, Physical and Life Sciences


(6) Economics and Management

Top 6 jurusan favorit di Oxford University adalah jurusan Economics and Management. Program ini menawarkan wawasan pada mahasiswa seputar ekonomi dunia, permasalahan yang dihadapi, dan juga bagaimana fungsinya.

Jurusan ini selalu menjadi incaran mahasiswa, tidak hanya di Oxford University, di kampus-kampus lain jurusan Economics and Management juga sangat populer. 

Informasi Lainnya;

  • Lama studi: ± 3 tahun
  • Degrees Offered: tersedia untuk program sarjana, magister, dan doktoral
  • Faculty: Economics and Management


(7) Law and Legal Study

Lates, Oxford University punya jurusan Law and Legal Study yang nggak kalah eksistensinya dari jurusan-jurusan favorit sebelumnya. Bahkan, program master’s degree di Oxford University bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik di dalam pendidikan hukum.

Para mahasiswa yang mengambil jurusan Law and Legal Study juga akan mendapatkan kesempatan untuk memilih spesialisasi interdisipliner lain yang tentunya sesuai dengan minat mereka.

Informasi Lainnya;

  • Lama studi: ± 3-4 tahun
  • Rangking dunia: #2
  • Degrees Offered: tersedia untuk program sarjana dan pascasarjana
  • Faculty: Social Science


Top 4 Jurusan di Universitas Oxford untuk Program Pascasarjana

Untuk kamu yang sudah mendapatkan gelar sarjana dan ingin melanjutkan studi pascasarjana, jangan khawatir, Universitas Oxford juga menawarkan sejumlah jurusan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan studi lanjutan. Berikut ini ada beberapa jurusan di Universitas Oxford untuk program pascasarjana.

(1) Law

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa program pascasarjana Hukum di Universitas Oxford menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Oxford University memiliki kualifikasi yang sangat profesional untuk jurusan ini. Kamu akan belajar banyak tentang hukum, masalah moral, politik, sosial, hingga filosofis. Menariknya, di semester pertama masa kuliahmu kamu akan belajar modul wajib tentang Roman Law.

Informasi Lainnya;

  • Lama studi: ± 2 tahun
  • Gelar: M.sc 
  • Faculty; Business and Management


(2) Biochemistry

Program studi Biokimia yang ditawarkan Oxford University akan memungkinkanmu mendalami penelitian laboratorium mutakhir dalam bioteknologi, biofisika, biologi komputasi, biologi molekuler, epigenetik, dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang sebelumnya telah mengambil program sarjana di bidang science atau FMIPA, jurusan ini bisa jadi pertimbangan terbaikmu.

Informasi Lainnya;

  • Lama studi: ± 2 tahun
  • Gelar: M.sc 
  • Faculty; Natural Science and Mathematics

(3) Finance

Finance juga menjadi salah satu jurusan pascasarjana yang nggak boleh kamu lewatkan dari daftar referensimu. Program pascasarjana Finance di Universitas Oxford menawarkan modul wajib yang harus dipelajari, yaitu analytics technique for finance, corporate finance concepts, finance markets and institution, dan international finance.

Informasi Lainnya;

  • Lama studi: 2 tahun
  • Gelar: M.sc 
  • Faculty; Business and Management


(4) International Relations

Untuk jurusan International Relations, kamu akan terjun langsung untuk mencari jawaban tentang bagaimana negara dan masyarakat global bekerja sama.

Di semester pertama, kamu akan menganalisis berbagai cara untuk memahami ekonomi politik global. Lanjut di semester kedua, kamu bisa mengambil tiga modul pilihan dengan fokus yang berkaitan pada bidang hubungan internasional, seperti migrasi, etika internasional, terorisme, dan gender.

Informasi Lainnya;

  • Lama studi: 2 tahun
  • Gelar: M.Phil
  • Faculty: Business and Management

Demikianlah beberapa jurusan favorit di Universitas Oxford untuk program sarjana dan pascasarjana. Hopefully beberapa rekomendasi di atas bisa membantumu ya, Sobat Cakap!

Biar persiapanmu kuliah di luar negeri makin matang, yuk bekali dirimu dengan mengikuti kursus bahasa Inggris online di Cakap! Kembangkan kemampuan percakapan bahasa Inggrismu dari sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi:
-masterstudies.com
-masterportal.com
-globalscholarship.com
-stoodnt.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.