5 Tips Ampuh Membuat CV Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

tips bikin cv

Membuat CV nyatanya gampang-gampang susah. Kamu harus menyusun berbagai macam konten secara detail, mulai dari latar belakang pendidikan hingga pengalaman kerja, dan semuanya harus tersusun dengan baik. Hal tersebut semakin menantang ketika kamu dituntut untuk membuat CV dalam bahasa Inggris.

Tips Membuat CV Bahasa Inggris

source: giphy.com

Lebih dari sekadar resume, membuat CV dalam bahasa Inggris mengharuskan kita bekerja lebih ekstra khususnya saat merangkai kata-kata. Jika pihak perusahaan adalah orang yang fasih berbahasa Inggris, tentu dia akan lebih mudah menangkap kesalahan-kesalahan dalam CV.

CV adalah dokumen pribadi yang digunakan untuk menceritakan riwayat kerja professional sekaligus potensi diri kepada calon perusahaan. Isi resume harus memberi tahu perusahaan tentang keseluruhan riwayatmu seperti sejarah profesional, keterampilan, kemampuan, dan prestasi dalam pendidikan maupun kerja.

Peruntukan membuat CV dalam bahasa Inggris, biasanya akan diutamakan jika tempat kamu melamar kerja adalah lembaga bersifat multinasional atau bahkan perusahaan asing. Buat CV secara maksimal, ikuti 5 tips ampuh membuat CV bahasa Inggris di bawah ini!

Skill Bahasa Inggris Tingkatkan Peluang Karier. Saatnya Kamu Mulai Belajar!

Sesuaikan Tata Bahasa dengan Baik

Gunakan kalimat singkat untuk memasukkan lebih banyak informasi ke dalam ruang yang lebih kecil. Tinggalkan subjek kalimat (I, my manager, me), kata ganti posesif (my/mine, his/her), dan beberapa elemen lainnya. Kesalahan ejaan dan tanda baca, bisa jadi batu sandungan dalam CV.

Jika mencantumkan lebih dari satu pencapaian dalam sebuah kalimat, kamu dapat mengganti “and” dengan titik koma. Sebagai contoh, kalimat “I led an important project and my manager gave me an promotion,” bisa diganti menjadi “Led key project; promoted by manager.”

Pakai Action Verb Agar Menarik

Action verb mampu menunjukkan tindakan tertentu, contohnya solved, managed, initiated, accomplished. Contoh kata kerja pasif adalah am, was, have, and have. Saat membuat CV, kata kerja bersifat tindakan seperti itu mampu membuat kamu terdengar penuh motivasi dan enerjik.

Pemilihan kata kerja yang menarik, tak pelak mampu hadir sebagai kunci dalam resume. Sebagai contoh, bedakan kedua kalimat berikut: “Managed a team of 20 employees” dan “Was in charge of 20 employees.” Mana yang lebih menarik? Tentu saja kalimat pertama. Wajib diikuti!

Kalau kamu ingin belajar verb lebih jelasnya lagi silakan pelajari grammar lagi agar kemampuan bahasa inggris kamu menarik para recruiter

Baca Juga:Action Verb: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimatnya

Kata Kunci Juga Penting

Ingatlah bahwa resume kamu dapat dibaca oleh komputer. Perangkat lunak pemindaian resume diatur sedemikian rupa sehingga mengambil kata kunci dan jargon industri yang terkait dengan posting pekerjaan tertentu. Tak hanya artikel, dewasa ini CV milik kamu juga harus dioptimasi.

Sebelum menulis resume, baca kembali deskripsi pekerjaan dan tuliskan semua kata kunci yang kamu lihat hal tersebut biasanya berupa kata benda. Faktanya, upaya ini mampu membantu para pelamar kerja dalam membuat resume dan surat pengantar yang efektif.

Jangan Lupakan Unsur Utama CV

Setelah mempertimbangkan elemen-elemen di atas seperti pemilihan tata bahasa hingga kata kunci, jangan lupakan elemen standar membuat CV. Perhitungkan template, contoh cv menarik saat ini, hingga desain yang menarik – tidak berlebihan namun menunjukkan ada usaha lebih yang kamu kerahkan. Bagaimanapun, estetika resume standar tak boleh diabaikan.

Informasi standar juga tak boleh dilewatkan. Selain latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja, kamu mesti memasukkan kemampuan, bakat hingga hobi sehari-hari. Jangan terlalu berlebihan dalam menuliskan semua itu, cukup informasi penting secara padat dan jelas saja.

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

Cek Lagi Secara Keseluruhan

Setelah membuat CV secara apik, pastikan kamu tidak menyia-nyiakan semua kerja keras dengan meninggalkan kesalahan kecil yang kelak mampu berakibat fatal. Cek lagi setiap baris, kalimat dan kata demi meminimalisir kesalahan. Waspada, segala kesalahan bisa jadi hal krusial!

Itu tadi 5 tips membuat CV berbahasa Inggris yang baik dan benar. Selebihnya, kamu dapat mengeksplorasi sendiri sesuai selera serta preferensi pribadi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks