Serba-Serbi Kata Benda Bahasa Inggris

Serba-Serbi Kata Benda Bahasa Inggris

Jika dihitung-hitung, mungkin kamu sudah bertahun-tahun belajar bahasa Inggris. Di sekolah, di tempat les, hingga kursus bahasa Inggris online seperti di aplikasi Cakap. Setelah sekian lama belajar, apakah kamu benar-benar tahu bahasa Inggris?

Bahasa Inggris adalah bahasa dari rumpun Jermanik yang pertama kali digunakan di Inggris abad pertengahan awal dan akhirnya menjadi lingua franca global atau bahasa yang digunakan sebagai salah satu bahasa internasional. Bahasa Inggris telah berkembang selama lebih dari 1.400 tahun. Bentuk awal bahasa dari bahasa Inggris, merupakan dialek Jermanik Barat yang dibawa ke Inggris oleh pemukim Anglo-Saxon pada abad ke-5 dan secara kolektif disebut Bahasa Inggris Kuno.

Bahasa Inggris Pertengahan dimulai pada akhir abad ke-11 dengan penaklukan Normandia terhadap Inggris. Ini adalah periode di mana bahasa Inggris dipengaruhi oleh bahasa Prancis. Bahasa Inggris Modern dimulai pada akhir abad ke-15 dengan diperkenalkannya mesin cetak di London.

Melalui pengaruh Kerajaan Inggris di seluruh dunia, dan kemudian Amerika Serikat, bahasa Inggris Modern telah menyebar ke seluruh dunia sejak abad ke-17. Melalui semua jenis media cetak dan elektronik, serta didorong oleh munculnya Amerika Serikat sebagai negara adikuasa global, bahasa Inggris telah menjadi bahasa utama di ruang internasional dan lingua franca di banyak wilayah dan konteks profesional seperti sains, navigasi, dan hukum.

Dalam tata bahasa Inggris terdapat berbagai jenis kata yang digunakan. Jenis kata bahasa Inggris adalah kata benda (noun), kata kerja (verb), kata sifat (adjective), kata ganti (pronoun), kata keterangan (adverb), kata bilangan (numeral), kata sambung (conjuction), kata sandang (determiner), kata depan (preposition) dan kata seru (interjection). Dari sekian banyak jenis kata dalam bahasa Inggris, kali ini Cakap akan membahas tentang kata benda (noun) beserta contohnya.

Mau tahu lebih lanjut? Simak artikel berikut!

Kata Benda Bahasa Inggris (Noun)

Serba-Serbi Kata Benda Bahasa Inggris
sumber: giphy

Kata benda atau noun adalah kata yang digunakan uintuk menunjukkan nama orang, tempat, atau nama benda. Kata benda bahasa Inggris dibagi menjadi dua jenis, konkret (concrete) dan abstrak (abstract). Kata benda konkret digunakan untuk benda yang dapat diraba dan dilihat, misalnya cat (kucing), book (buku), team (tim), dan sebagainya. Sedangkan kata benda abstrak merujuka pada benda yang tak terlihat dan hanya bisa dibayangkan. Misalnya self-control, talent, tolerance, dan sebagainya.

Untuk bentuk jamak, kata benda juga dibagi menjadu dua, countable dan uncountable. Kata benda countable adalah kata benda yang dapat dihitung dan umumnya memiliki bentuk tunggal dan jamak.

Biasanya, bentuk jamak dari kata benda countable ini dibentuk dengan menambahkan imbuhan “-s” atau “-es” namun untuk beberapa kata, bentuk jamaknya tidak demikian. Untuk pemahaman lebih lanjut, kamu bisa mengecek artikel tentang bentuk jamak dalam bahasa Inggris. Contoh dari kata benda countable adalah

TunggalJamak
DogDogs
CatCats
TableTables
PenPens
PencilPencils
BookBooks
CarCars
BoxBoxes
ButtonButtons
NoteNotes

Apa pun yang tidak bisa dihitung adalah kata benda uncountable. Meskipun nomina yang tak terhitung jumlahnya bukan objek individual, kata benda ini selalu berbentuk tunggal dan untuk menjadi jamak, kamu harus selalu menggunakan kata kerja tunggal di depanya. Contohnya:

TunggalJamak
WaterDo you have two bottles of water?
GarbageThere are six bags of garbagein the truck
InformationWould you mind to give me some information about the school?
AdviceMay I give you some advice?
IntelligenceShe seems to have a high level of intelligence

Sobat Cakap, sekarang kamu sudah mengetahui sebagian seluk-beluk dari kata benda bahasa Inggris. Jika kamu masih bingung atau ingin belajar bahasa Inggris lebih dalam, kamu bisa unduh aplikasi Cakap di Play Store atau App Store. Di sana, kamu bisa kursus bahasa Inggris online dengan pengajar profesional, langsung dari ponsel pintarmu. Aplikasi ini juga memiliki fitur Cakap Live di mana kamu bisa berdiskusi online dan dipandu oleh pengajar profesional dari Cakap.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google