Perbedaan Arti Hope, Wish, dan Expect dengan Contoh Kalimatnya

perbedaan hope, wish, dan expect
Jangan Sampai Salah! Ini Beda Hope, Wish, dan Expect

Ketika mengucapkan harapan dalam bahasa Inggris atau expressing hope, kamu mungkin akan memikirkan kata “hope”, “wish”, dan “expect”. Meskipun mirip-mirip dan digunakan untuk menyatakan harapan, ternyata ketiganya berbeda, lho! Bahkan sebenarnya ketiga kata ini memiliki definisi masing-masing yang seringkali tidak bisa saling menggantikan. 

Nah, supaya kamu bisa menangkap perbedaan “hope”, “wish”, dan “expect” dengan lebih jelas, simak artikel ini sampai habis ya! Penjelasan ini bisa kamu jadikan bagian dari belajar bahasa inggris dasar yang wajib dipahami pemula. 

Hope

arti hope
Photo by cookie_studio – freepik

Kata ini merupakan kata yang kerap digunakan dalam mengekspresikan harapan atau expressing hope dalam bahasa Inggris. Kata hope artinya adalah “harapan” yang merujuk pada suatu hal baik yang memiliki kemungkinan untuk terjadi. 

Dalam penggunaannya, kata “hope” jarang digunakan dalam bentuk lampau dan umumnya diucapkan sebelum sesuatu terjadi.

Contoh 1: 

I hope you can get into the university. 

Saya harap kamu bisa masuk ke universitas itu. 

Dalam hal ini, si pembicara berharap si pendengar untuk diterima masuk universitas yang ia daftar. Terlepas ia tahu bahwa si pendengar akan benar-benar diterima atau tidak, tetapi ada kemungkinan untuk diterima. 

Contoh 2: 

She hopes she gets the grocery discount today. 

Dia berharap mendapatkan diskon bahan makanan hari ini. 

Orang yang dibicarakan belum tahu bahan makanan apa yang akan diskon hari ini, tapi ia berharap akan ada diskon. Hal ini mungkin disertai konteks dan logika misalnya supermarket tempat ia akan berbelanja sering memberikan diskon. 

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Wish

arti wish

Photo by wirestock – freepik

Arti kata wish adalah kata yang lebih cocok dengan “keinginan” atau “permintaan” dalam bahasa Indonesia. Meskipun juga dapat menggambarkan harapan, kata “wish” berarti menginginkan sesuatu yang lebih tampaknya tidak akan terjadi atau terwujud. 

Contoh 1: 

I wish someone would come here and just give me some money. 

Saya harap seseorang akan datang dan memberi saya sejumlah uang. 

Harapan dalam contoh ini hanya bersifat angan-angan yang mana pembicaranya tahu bahwa hal tersebut tidak akan terjadi. Penggunaannya pun tidak harus selalu perandaian yang tidak masuk akal, namun juga bisa seperti contoh berikut. 

Contoh 2: 

I wish I could be there on your last day working. 

Saya ingin ada di hari terakhirmu bekerja. 

Dalam konteks ini, si pembicara menyiratkan bahwa ia ingin hadir di hari terakhir pendengar bekerja, namun ia tidak bisa. Mungkin kendala seperti jadwal kunjungan ke luar kota atau hal lain yang memang akan menghalanginya untuk hadir. 

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Expect

arti expect

 

Photo by benzoix – freepik

Kata lainnya yang juga menunjukkan harapan adalah kata kerja “expect”. Experct artinya “mengharapkan” atau “menduga”. Berbeda dengan “hope” dan “wish” kata “expect” menunjukkan “dugaan” atau “sangkaan” terlepas apakah hal tersebut baik atau buruk. 

Selain itu, kata “expect” memiliki kecenderungan digunakan dalam bentuk lampau yaitu “expected” dan diucapkan setelah sesuatu terjadi. 

Contoh 1:

Chihaya expected that Taichi would believe her and he did. 

Chihaya mengharapkan bahwa Taichi akan mempercayainya dan memang benar. 

Logika dalam kalimat ini adalah Chihaya pasti sudah mengenal Taichi sehingga ia bisa berharap bahwa Taichi akan mempercayainya. Dalam kalimat ini kata “expect” memang dapat bermakna “harapan”. 

Contoh 2: 

What do you expect from someone like him?

Apa yang kamu harapkan dari seseorang seperti dia?

Logika dalam kalimat ini adalah si penanya memberikan pertanyaan retoris yang sebenarnya dia sudah tau jawabannya bahwa “him” bukanlah seorang yang perlu diberi harapan. “expect” dalam kalimat ini artinya adalah “harap”

Contoh 3:

Andrew has expected that Emma will reject his feelings. 

Andrew sudah menduga bahwa Emma akan menolak perasaannya. 

Dalam konteks ini, kata “expect” lebih cocok diterjemahkan sebagai dugaan atau menduga bagaimana sesuatu akan terjadi. Dengan kata lain, kata expect dapat digunakan pada dugaan baik yang bersifat harapan terhadap sesuatu yang baik atau bukan. 

Nah, sekarang kamu tentunya sudah mengenali perbedaan “hope”, “wish”, dan “expect” serta bagaimana penggunaannya. Semoga memberimu pencerahannya, ya! 

Bagi kamu yang ingin makin cakap berbahasa Inggris, kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris di Cakap, lho! Ada Cakap English Club juga di mana kamu bisa membahas berbagai materi bahasa Inggris seperti perbedaan “hope”, “wish” dan “expect”. Daftar sekarang, yuk!

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat