Apa itu Kiyowo dan Bagaimana Pengunaannya yang Benar?

kiyowo artinya

Jika kamu pencinta drama Korea, variety show Korea, dan lain-lainnya, pasti kamu sudah familiar dengan kata kiyowo. Ungkapan ini seringkali diucapkan ketika memuji seseorang yang ‘manis’, ‘lucu’, atau ‘imut’. Namun, apakah kamu tahu kepada siapa kamu bisa mengucapkan kata kiyowo?

Yap, kata kiyowo tidak bisa untuk semua orang, yeorobun. Seperti yang kita ketahui, penutur Korea memiliki tingkat kesopanan ketika berbicara dengan orang lain. Maka dari itu, berikut penjelasan lengkap mengenai kata kiyowo.

Apa itu Kiyowo?

source: giphy.com

귀여워 (Gwieyowo) atau kiyowo artinya imut atau lucu dalam bahasa Korea bentuk informal. Ungkapan ini bisa kamu gunakan pada orang-orang yang sangat dekat denganmu, seperti dengan pacar atau teman kencanmu.

Jika kamu sedang berbicara sendiri, misalkan kamu ingin mengucapkan ‘lucu’ atau ‘imut’ pada anjing atau kucing yang kamu temui di tengah jalan, kamu bisa mengucapkan 귀엽다 (gwiyeopda). 

Namun, jika kamu ingin menggunakan lucu dalam bahasa Korea sebagai kata sifat atau adjective, maka kamu bisa menggunakan 귀여운 (gwiyeoun). Berikut contoh kata-katanya:

  • 귀여운 강아지 (gwiyeoun gangaji)
    Anak anjing yang lucu
  • 귀여운 아기 (gwiyeoun agi)
    Bayi yang lucu

Buat Akun Cakap Sekarang, Dapatkan Cakap Club Gratis 14 Hari

Kiyowo dalam Bentuk Formal

Lalu, bagaimana mengucapkan kiyowo dalam konteks formal? Ada dua ungkapan yang bisa kamu gunakan, diantaranya:

귀엽습니다 (gwiyeopseumnida)

귀엽습니다 (gwiyeopseumnida) merupakan bentuk formal dari kata kiyowo. Kata ini memiliki arti lucu dalam bahasa Korea. Kamu dapat mendengarkan kata ini dalam kegiatan atau acara formal, seperti interview atau pengumuman.

귀여워요 (gwiyeowoyo)

귀여워요 (gwiyeowoyo) juga tergolong sopan meskipun tidak seformal yang pertama. Kata ini juga memiliki arti lucu dalam bahasa Korea. Kamu dapat mengucapkannya pada orang yang lebih tua dalam percakapan sehari-hari.

Belajar Bahasa Korea di Cakap, Interaksi Langsung dengan Tutornya

Contoh Kalimat Kiyowo

Untuk menguasai ungkapan lucu dalam bahasa Korea, kamu dapat mempelajari contoh kalimat di bawah ini.

이 가수가 귀엽습니다
i gasuga gwiyeopseumnida
Penyanyi itu lucu/imut

강아지가 너무 귀여워요
gangajiga neomu gwiyeowoyo
Anak anjing ini sangat imut

너는 완전 귀여워!
neoneun wanjeon gwiyeowo
Kamu sangat imut!

Itu dia arti kiyowo, sebuah ungkapan lucu dalam bahasa Korea. Setelah mengetahui kiyowo artinya apa, kamu bisa menambah kosakata Bahasa Korea lainnya dengan daftar kursus Bahasa Korea di Cakap. Dengan kelas yang relatif singkat, kamu bisa menambah kemampuanmu tanpa mengganggu rutinitasmu. Yuk, daftar sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks