6 Cara Mengucapkan ‘Iya’ dalam Bahasa Korea

iya-dalam-bahasa-korea

Annyeonghaseyo, Sobat Cakap! Kini bahasa Korea makin marak dipelajari oleh orang Indonesia, apakah kamu salah satunya? Alasannya pun beragam, ada yang didasari oleh kegemaran akan K-Drama dan K-Pop, ada juga yang berniat untuk melanjutkan studi atau karier di Korea Selatan. 

Nah, buat Sobat Cakap yang tertarik untuk mempelajari bahasa Korea bisa memulainya dengan mempelajari kosakata sehari-hari. Di artikel kali ini, kita akan membahas salah satu kata yang paling sering disebutkan dalam percakapan sehari-hari, yaitu ‘iya’. Simak ulasannya sebagai berikut, yuk!

Table of Contents

Cara Mengucapkan ‘Iya’ dalam Bahasa Korea

Bahasa Korea memiliki sistem honorifik atau ragam hormat yang membuat penggunaan bahasa menjadi beragam tergantung dengan siapa yang kamu ajak berbicara. Nah, beragamnya cara pengucapan kata ‘iya’ dalam bahasa Korea juga dipengaruhi oleh sistem honorifik bahasa ini. 

Perhatikan penjelasan berikut dengan cermat!

Formal

Kamu bisa menggunakan kata 예 (ye) untuk mengucapkan kata ‘iya’ dengan sopan. Dalam situasi formal, seperti pertemuan bisnis, wawancara, atau saat berbicara dengan orang yang lebih tua atau yang memiliki posisi lebih tinggi, penting untuk menggunakan bahasa yang sopan untuk menunjukkan rasa hormat.

Contoh:

A: 학생입니까?
(
haksaeng imnikka?)
Apakah kamu seorang pelajar? 

B: 예, 저는 학생입니다.
(
Ye, jeoneun haksaeng imnida). 
Ya, saya adalah seorang pelajar.

Normal

Kamu bisa menggunakan kata 네 (ne) di berbagai situasi dan kondisi tanpa harus takut menyinggung orang lain. 네 (ne) aman digunakan untuk situasi formal, dan masih cocok untuk digunakan dalam situasi informal. Jadi, kalau kamu ragu kamu bisa menggunakan 네 (ne).

Contoh:

A: 안녕하세요. 주문하시겠어요?
(
Annyeonghaseyo. Jumunhasigesseoyo?)
Halo. Apakah Anda ingin memesan?

B: 네, 제일 인기 있는 요리를 주문할게요.
(
Ne, jeil ingi inneun yorireul jumunhalgeyo).
Ya, saya akan memesan hidangan yang paling populer.

A: 네, 알겠습니다. 기다려주세요.
(
Ne, algesseumnida. Gidaryeojuseyo).
Baik, tolong tunggu sebentar. 

B: 네, 감사합니다.
(
Ne, kamsahamnida).
Ya, terima kasih.

Informal

Ucapan ‘iya’ dalam bentuk informal bahasa Korea ada 응 (eung) atau 어 (eo). Ingat, hanya gunakan bentuk ucapan informal dengan teman sebaya, orang-orang terdekat, dan orang-orang yang lebih muda atau berada di posisi lebih bawah secara hirarki sosial. Menggunakan pengucapan bentuk informal dalam situasi formal dianggap sangat tidak sopan, jadi hati-hati ya, Sobat Cakap!

Contoh:

A: 저녁에 치킨 먹자.
(
Jeonyeog-e chikin meokja).
Yuk, kita makan ayam untuk makan malam.

B: 응, 좋아! 어디서 만날까?
(
Eung, joa! Eodiseo mannalkka?)
Boleh, mau ketemu di mana?

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Cara Lain Mengucapkan ‘Iya’ dalam Bahasa Korea

bahasa-korea-iya
Photo from Freepik

Dalam bahasa Korea, kita sering kali dapat memberikan respons dengan menggunakan kata kerja dan adjektif daripada mengucapkan ‘iya’. Semua contoh berikut ini berada pada tingkat kesopanan standar, perhatikan dengan cermat!

Isseoyo

Kata kerja 있어요 (isseoyo) yang berarti memiliki dapat digunakan untuk mengatakan “iya” dalam bahasa Korea. Kamu bisa menggunakan 있어요 (isseoyo) saat menjawab pertanyaan mengenai ketersediaan atau kepemilikan kamu. Perhatikan contoh sebagai berikut:

A: 지우개 있어요?
(
Jiugae isseoyo?)
(Apakah kamu punya penghapus?)

B: 있어요.
(
Isseoyo).
(Ya, aku punya).

Arayo

Kata kerja 알아요 (arayo) yang berarti mengetahui juga bisa digunakan untuk mengatakan ‘iya’, lho! Ketika orang lain menanyakan apakah kamu mengetahui tentang sesuatu atau tidak, kamu bisa menggunakan 알아요 (arayo) untuk mengungkapkan bahwa kamu mengetahui sesuatu. 

A: 정답이 뭔지 알아요?
(
Jeongdabi mweonji arayo?)
(Apakah kamu tahu jawabannya?)

B: 알아요.
(
Arayo).
(Ya, aku tahu).

Geuraeyo

그래요 (geuraeyo) adalah adjektiva yang bisa digunakan untuk mengucapkan kata ‘iya’ dalam bahasa Korea.그래요 (geuraeyo) sering digunakan ketika kamu setuju dengan seseorang. Perhatikan contohnya sebagai berikut: 

A: 요즘 날씨가 정말 좋네요.
(
Yojeum nalssiga jeongmal jonneyo
(Cuacanya sangat cerah akhir-akhir ini).

B: 그래요, 정말 기분이 좋아질 만큼 좋은 날이에요.
(
Geuraeyo, jeongmal gibuni joajil mankeum jo-eun narieyo).  
(Ya, hari ini cuacanya cerah sekali sampai-sampai meningkatkan mood.)

Gimana, Sobat Cakap? Itulah dia berbagai cara untuk mengucapkan ‘iya’ dalam bahasa Korea. Yuk, dipelajari supaya nggak bingung lagi. Nah, biar makin mudah dan seru belajarnya, kamu bisa belajar bareng Ssaem profesional di Cakap, lho! Belajar bahasa Korea online di mana lagi kalau bukan di Cakap? #SiapaCakapDiaDapat

(Materi telah ditinjau ulang oleh Andi Qaraarin, Cakap Korean Teacher)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat