6 Kata Ganteng dalam Bahasa Korea dan Cara Menggunakannya

Memuji atau mengatakan hal-hal baik pada seseorang sesekali merupakan hal yang cukup penting. Selain bisa membuat orang tersebut bahagia, memberikan pujian atas penampilan seseorang juga dapat membuat mereka lebih percaya diri. Setelah sebelumnya kamu telah belajar bagaimana cara mengatakan cantik dalam bahasa Korea, di artikel ini, kamu akan belajar tentang bagaimana cara mengatakan pujian “ganteng” dan “keren” pada laki-laki dalam bahasa Korea. Nggak cuma satu, ada banyak cara mengatakan ganteng dalam bahasa Korea yang bisa digunakan. Let’s check it out!

Table of Contents

Cara Mengatakan Ganteng dalam Bahasa Korea

Untuk mengatakan ganteng bahasa Korea, kamu bisa menggunakan beberapa kosakata berikut ini. 

(1) 잘생겼어요 (ja-lsaeng-gyeoss-eo-yo)

Ganteng dalam bahasa Korea bisa diekspresikan lewat kata 잘생겼어요 (jalsaenggyeosseoyo). Kata tersebut merupakan ungkapan standar untuk memuji seorang pria tampan. Kamu bisa menggunakannya untuk berbicara pada orang yang lebih tua atau orang yang tidak terlalu dekat denganmu.

(2) 잘 생겼습니다 (jal-saeng-gyeoss-eum-nida)

Jika kosakata sebelumnya merupakan bentuk ungkapan ganteng bahasa Korea standar, maka 잘 생겼습니다 (jal saenggyeotseumnida) yang juga berarti “ganteng” ini digunakan untuk memuji dalam situasi formal, seperti dalam pidato, sambutan, dan acara resmi lainnya.

(3) 잘생겼어 (jalsaenggyeosseo)

Ketika kamu ingin mengatakan “ganteng” dalam situasi informal, kamu dapat menggunakan frasa 잘생겼어 (jalsaenggyeosseo). Karena termasuk ungkapan non formal, maka kamu hanya bisa menggunakannya untuk memuji orang-orang terdekat, seperti pacar, saudara, atau temanmu.

Kata Lain yang Bisa Digunakan selain “Ganteng”

Selain kosakata-kosakata di atas, ada juga lho kata yang related untuk mengatakan ganteng dalam bahasa Korea. Ada kosakata apa saja, ya?

(1) 멋지다 (meotjida)

Yang pertama ada kata 멋지다 (meotjida). Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata ini berarti “keren” atau “luar biasa”. So, saat ada teman laki-lakimu yang berpenampilan cukup keren dan memukau, kamu bisa menggunakan kata tersebut untuk memuji dia.

(2) 멋있다 (meos-ittda)

Dari pelafalannya, kosakata ini terdengar mirip dengan 멋지다 (meotjida). Padahal ada perbedaan di antara keduanya lho. 멋있다 (meos-ittda) bisa digunakan untuk mengekspresikan penampilan “keren” pada wanita dan pria. Selain itu, kata ini juga bisa digunakan untuk memuji perilaku dan kepribadian seseorang.

(3) 매력적이다 (mae-ryeok-jeog-i-da)

Satu lagi nih kata yang cukup relate atau berhubungan dengan “ganteng” dalam bahasa Korea, yaitu 매력적이다 (maeryeokjeogida). Kosakata tersebut memiliki arti “menarik”. Tentunya, pujian ini bisa kamu berikan pada seseorang yang kamu sukai penampilan dan keindahannya.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Contoh Kalimat untuk Memuji “Ganteng” dalam Bahasa Korea

Kurang lengkap jika kamu hanya mengenal bagaimana mengatakan “ganteng” dalam sebuah kata. Agar kamu lebih memahami materi ini, yuk cek contoh kalimat untuk memuji “ganteng” dalam bahasa Korea!

  • 멀리서 봐도 정말 잘생겼다.
    (meolliseo bwado jeongmal jalsaeng-gyeossda).
    Meskipun dilihat dari jauh, dia sangat tampan.

  • 오늘 당신은 매우 잘 생겼어요.
    (oneul dangsin-eun maeu jal saeng-gyeoss-eoyo).
    Hari ini kamu terlihat sangat tampan.

  • 그 잘생긴 남자가 이 가게의 주인이다.
    (geu jalsaeng-gin namja-ga i gage-ui ju-in-ida.).
    Laki-laki tampan itu adalah pemilik toko ini.

  • 나는 그 여자의 외모를 좋아해, 그 여자는 너무 멋지다!
    (naneun geu yeoja-e oemoreul joahae, geu yeoja-neun neomu meotjida!)
    Saya menyukai penampilannya, dia sangat keren!

  • 저 남자 좀 봐, 아주 매력적이지, 그렇지?
    (jeo namja jom bwa, aju maeryeogjeog-iji, geureotji?)
    Lihat laki-laki itu, dia sangat menarik, bukan?


Nah Sobat Cakap, itu dia beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mengatakan ganteng dalam bahasa Korea. Kalau kamu penasaran dengan materi bahasa Korea lainnya, pantengin blog Cakap ya! Ada banyak artikel-artikel bahasa Korea menarik yang sayang untuk dilewatkan! Atau jika kamu ingin lebih intens belajar bahasa Korea lagi, kamu bisa langsung cek
kursus bahasa Korea online di Cakap!

Referensi:
-90daykorean.com
-koreanfirst.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat